SIMULASI ANTRIAN PELAYANAN PASIEN (STUDI KASUS: KLINIK BIDAN LIA)

Hendra Cipta, Riri Syafitri lubis

Abstract


Antrian merupakan salah satu fenomena yang terjadi dalam aktifitas sehari-hari dialami oleh setiap orang. Akibat dari antrian ini banyak orang beralih ke tempat lain untuk menghindari suatu antrian dan mendapatkan pelayanan yang lebih maksimal. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari kinerja sistem antrian dengan cara memodelkan simulasi antrian tunggal. Dari analisis perhitungan uji distribusi akan diperoleh model antriannya. Parameter sistem yang diukur adalah ekspektasi kecepatan pertibaan rata-rata, ekspektasi kecepatan pelayanan rata-rata, peluang masa sibuk, probabilitas semua pelayanan pasien dalam sistem, ekspektasi panjang antrian, ekspektasi waktu menunggu dalam sistem, dan ekspektasi menunggu dalam antrian.

 

Kata kunci: uji distribusi, model antrian, dan parameter sistem


Full Text:

PDF

References


Bain, L & Engelhardt. (1992). Introduction to Probability and Mathematical Statistics: Second Edition. California: Duxbury Press.

Bronson, Richard, 1983. Theory and Problems of Operations Reseach. Singapore: Mc. Graw Hill.

Ecker, J., and Kupferschimd, M. 1988. Introduction to Operation Research. New York: John Wiley & Sons.

Gross, D & Haris, C. M. 2008.Fundamental of Queueing Theory: Fourth edition. New Jersey: John Willey & Sons, Inc.

J. Kakiay, Thomas, 2004. Dasar Teori Antrian Untuk Kehidupan Nyata. Yogyakarta: ANDI.

Mulyono, Sri. 2004. Riset Operasi. Jakarta: FE-UI.

Narayan Bhat, U. 2008. Queueing Theory Modeling And Analysis In Applications, Boston: Birkhauser.

Subagyo, Pangestu. 1995. Dasar-dasar Operasi Riset. Yogyakarta: BPPT.

Siswanto. 2007. “Operation Research”. Jilid II. Jakarta: Erlangga.

Taha, H. 2007. Operations Research and Introduction. New Jersey: Pearson Education, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.