Relevansi Digitalisasi PLP I Dengan Penguatan Kompetensi Mengajar Abad 21

Afi Rizqiyah, Dewi Rahmawati Zahara, Firda Agustina, Indah Fitriya, Moh. Faizin

Abstract


Menghadapi revolusi industri 4.0, kita sebagai seorang guru dituntut menguasai sumbersumber di mana peserta didik bisa belajar. Guru harus mampu mengarahkan peserta didik karena mereka bisa belajar dari mana saja. Dalam hal ini, guru berfungsi sebagai resource linker atau penghubung sumber belajar. Perlu diingat pula, bahwa peran guru adalah memfasilitasi peserta didik, yaitu mencari berbagai sumber yang relevan. Sehingga, jelas nantinya peserta didik harus belajar dengan siapa dan memerlukan fasilitas apa. Untuk itu, guru harus belajar terus menerus dan berkelanjutan. Mengingat dunia informasi dan iptek terus berkembang seiring kemajuan zaman. Dalam meningkatkan mutu pendidikan di era revolusi industri 4.0 melalui Digitalisasi, guru dapat belajar dari berbagai sumber. Tinggal bagaimana kemampuan guru dalam memilah dan memilih sumber informasi untuk memperkaya pembelajaran, Serta bagaimana guru menciptakan metode baru dalam mengaplikasikan informasi dan ilmu pengetahuan bersama peserta didik dalam proses belajar mengajar terutama dalam hal digitalisasi. Digitalisasi pendidikan tidak akan bisa terwujud apabila kompetensi guru yang merupakan mesin utama yang menggerakkan roda pendidikan tidak bersinergi dengan kebutuhan pendidikan digital. UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menetapkan Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Profesional sebagai empat kompetensi dasar yang harus dikuasai seorang guru.


Keywords


Digitalisasi; Pendidikan; Kompetensi; Guru

Full Text:

PDF

References


Anisa, Azmi Rizky dkk. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. Current Research in Education: Conference Series Journal. 01(01).

Asaniyah, Neneng. (2017). Pelestarian Informasi Koleksi Langka: Digitalisasi, Restorasi, Fumigasi. Buletin Perpustakaan, (57).

Azhariadi. (2019). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Daerah Terpencil. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Chaeruman, Uwes A. (2008). Mendorong Penerapan E-Learning di Sekolah. Jurnal Teknodik, XII (1).

Fadlurrohim, Ishak dkk. (2019). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa di Era Industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2).

Febriana, Rina. (2019). Kompetensi Guru. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Ismail, Muh. Ilyas. (2010). Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 13(1).

Joyosemito, Ibnu Susanto & Narila Mutia Nasir.( 2021). Gelombang Kedua Pandemi Menuju Endemi Covid-19: Analisis Kebijakan Vaksinasi dan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Indonesia. Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat (JSTPM), 2(1).

Kurniawan, Heru. (2021). Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Sleman: Deepublish.

Kusumastuti, Adhi dkk. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Sleman: Deepublish.

Mustofa. (2018). Digitalisasi Koleksi Karya Sastra Balai Pustaka Sebagai Upaya Pelayanan di Era Digital Natives. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga, 8(2).

Rizal, Nora Amelda dkk. (2022). Artificial Intelligence dan Manajemen Keuangan. Yogyakarta: Diandra.

Salirawati, Das. (2018) Smart Teaching: Solusi Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.

Sembiring, M. Gorky. (2008). Mengungkap Rahasia dan Tips Manjur Menjadi Guru Sejati. Yogyakarta: Best Publisher.

Siyoto, Sandu & Sodik, Ali. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing.

Taufik dkk. (2022). Pedoman PLP I – Microteaching Tahun 2022. Surabaya: Laboratorium FTK UINSA.

Wahyudin, Uyu. Pendidikan Nonformal dan Pendemi Covid-19. Madiun: Bayva Cendekia, 2021.

Wijaya, Etistika Yuni. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.58836/jpma.v13i1.12295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Penelitian Medan Agama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.