STRATEGI KOMUNIKASI PIMPINAN YAYASAN ULIL ALBAB DALAM PEMBERDAYAAN PROGRAM PESERTA BEASISWA UNTUK KAUM DUAFA DI KOTA MEDAN

Benny Munardi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi komunikasi Pimpinan Yayasan Ulil Albab (YUA) dalam Pemberdayaan Program Peserta Beasiswa untuk Kaum Duafa di Kota Medan, yang meliputi penentuan tujuan komunikasi, penyajian pesan, pemilihan dan penggunaan media, serta strategi komunikasi Pimpinan YUA dalam mengatasi hambatan-hambatan komunikasi.

Adapun jenis penelitian dan pendekatan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Dan jika ditelusuri penelitian ini bertolak dari fenomena sosial yang menarik perhatian peneliti, kemudian menemukan konsep awal, sehingga mempunyai rasa ingin tahu dengan melakukan ekstrapolasi, yakni menciptakan konsep baru dari konsep yang telah ada, secara rasionalitas.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Strategi komunikasi Pimpinan YUA dalam Penentuan Tujuan Komunikasi adalah melibatkan bawahannya dalam bentuk rapat-rapat atau diskusi. Biasanya pimpinan akan menggelar rapat tahunan dan masing-masing Jaringan Layanan di Ulil Albab, membuat kerangka tahunan dan juga menggelar rapat bulanan, untuk menerima dan membahas anggaran bulanan yang diajukan oleh masing-masing bidang program kerja dan sangat terbuka dalam menerima ide-ide yang disampaikan yang bersifat inovatif dan kreatif. Kedua, Dalam penyajian pesan adalah dengan cara pesan disusun terlebih dahulu, kemudian disajikan melalui komunikasi verbal dan non verbal, yakni dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan disesuaikan dengan pemahaman peserta penerima beasiswa. Ketiga, Dalam penggunaan dan pemilihan media menggunakan media massa, media selebaran dan komunikasi antar individu. Keempat, Dalam mengatasi hambatan-hambatan komunikasi adalah dengan melirik kepada penyebab masing-masing hambatan yang terjadi untuk lebih spesifik dalam penanganannya dan tidak terulang lagi dimasa depan.

            Hasil dari strategi komunikasi Pimpinan YUA dalam Pemberdayaaan Program Peserta Beasiswa untuk Kaum Duafa di Kota Medan adalah perkembangan program tersebut yang mengalami grafik peningkatan yang terus naik dari tahun ke tahun dan perubahan tingkah laku positif yang terjadi pada diri peserta beasiswa khususnya dari kalangan mahasiswa setelah mengikuti proses pemberdayaan.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v5i2.4008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.