Hijrah Sebagai Gaya Hidup Generasi Digital Native Urban

Sukma Ari Ragil Putri

Abstract


Penelitian ini dilakukan guna meneliti dan menganalisa pengalaman komunikasi seseorang dalam interaksi dengan kelompok sosial mereka yaitu komunitas hijrah di kota besar. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Konsep Komunikasi Kelompok dan Interaksionisme Simbolik digunakan dalam membahas fenomena-fenomena yang muncul sebagai hasil dari pengalaman informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses komunikasi hijrahnya, informan mendapat tanggapan positif dari lingkungan sekitar, meskipun pada proses interaksi dengan komunitas hijrah mereka mengarah pada groupthink, namun tarafnya masih moderat. Selain itu pengadopsian hijrah sebagai gaya hidup juga dialami oleh informan dengan cara menunjukkan secara simbolis dalam bentuk pakaian, bahasa, dan pilihan hidup

Keywords


Gaya hidup; Hijrah; Urban

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adeline, A. F. (2018). No Title. Instagram. https://www.instagram.com/p/BgeDGM_lT0kbZAz2oi97tg84CYXfQXcFQQsvos0/

Adeline, A. F. (2019). No Title. Instagram. https://www.instagram.com/p/Byc7mMRH-V7VjEBXPD-tJs4fUCgGXxkPk5gCQk0/

Adlin, A. (1997). Desain, Teknologi, Gaya Hidup: Perangkat Elektronik sebagai Simbol Status Sosial. In Lifestyle Ecstasy: Kebudayaan Pop dalam Masyarakat Komoditas Indonesia. Jalasutra.

Ahmadi. (2009). Psikologi Umum. Rineka Cipta.

Asrianti, S. (2019). Ini Cara Merawat Rambut Untuk Perempuan Berhijab. Republika.Co.Id. https://republika.co.id/berita/pop33v459/ini-cara-merawat-rambut-untuk-perempuan-berhijab

Asti, I. T. (2019). Paradigma Psikologi Komunikasi Dalam Upaya Pembentukan Kepribadian Muslim Dalam Lingkup Individu Dan Sosial. Jurnal Komunika Islamika : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Kajian Islam, 6(1). https://doi.org/10.37064/jki.v6i1.5520

Aurelia, J. (2019). Merebut Ambisi Hijrah Lewat K-Pop hingga Hapus Tato. Tirto.Id. https://tirto.id/merebut-ambisi-hijrah-lewat-k-pop-hingga-hapus-tato-d5lb

Chaney, D. (1996). Lifestylers: Sebuah Pengantar Komprehensif. Jalasutra.

Creswell, J. W. (1998). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five traditions. In Qualitative Health Research.

Crozier, G., Denzin, N., & Lincoln, Y. (1994). Handbook of Qualitative Research. British Journal of Educational Studies. https://doi.org/10.2307/3121684

DeVito, J. a. (2008). The Interpersonal Communication Book. PsycCRITIQUES.

Fajriani, S. W. (2019). HIJRAH ISLAMI MILENIAL BERDASARKAN PARADIGMA BERORIENTASI IDENTITAS. Sosioglobal : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi. https://doi.org/10.24198/jsg.v3i2.21643

Frank, A. W., & Riggins, S. H. (1992). Beyond Goffman: Studies on Communication, Institution, and Social Interaction. Canadian Journal of Sociology / Cahiers Canadiens de Sociologie. https://doi.org/10.2307/3341221

Hall, E. T. (1989). Beyond Culture. Anchor Books.

Hariyani. (2017). Pola Konsumsi Berita Online: Generasi Digital Native dan Digital Immigrant di Indonesia. 148–160.

Jamaludin, A. N. (2015). Sosiologi Perkotaan: Memahami Masyarakat Kota dan Problematikanya. In CV Pustaka Setia.

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2016). Ensiklopedia Teori Komunikasi. KENCANA.

Meiranti, M. (2019). FENOMENA HIJRAH DI ERA MILENIAL DALAM MEDIA SOSIAL. Ath Thariq Jurnal Dakwah Dan Komunikasi. https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v3i2.1350

Nurlatifah, E. (2019). Jilbab dan Islam Indonesia Masa Order Baru 1982-1991. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pambayun, J. G. (2013). Social Climbing Sebagai Aktualiasasi Diri Kaum Marjinal (Studi Deskriptif Di Kalangan Remaja Jakarta Selatan). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Sholihah, Di. R. (2019). Trend berhijrah dikalangan Muslim Milenial: Kajian Ma’ani al Hadith dalam Kitab Sunan al-Nasa’i Karya Imam Nasa’i Nomor Indeks 4996. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Stacia, V. (2018). No Title. Instagram. https://www.instagram.com/p/BeSgOcpF78RMVsVT9ZYKciGvQ944STfgPdtbrg0/

Stacia, V. (2021). No Title. Instagram. https://www.instagram.com/p/CKYmAd5hJSB6tOrIfKlynD53nuT-hbyKPqBVlA0/

Susanti. (2020). Sensus Penduduk 2020, Sensus Era Digital. Republika.Co.Id. https://republika.co.id/berita/q3qglj284/sensus-penduduk-2020-sensus-era-digital

West, R., & Turner, L. H. (2019). Introducing Communication Theory. In Making Sense of Messages.

Widhana, D. H. (2019). Tren Hijrah Anak Muda: Menjadi Muslim Saja Tidak Cukup. Tirto.Id. https://tirto.id/tren-hijrah-anak-muda-menjadi-muslim-saja-tidak-cukup-ds9k

Wijaya, L. D. (2018). Hasil Survei KedaiKOPI Soal Penggunaan Cadar dan Sebutan Kafir. Tempo.Co. https://nasional.tempo.co/read/1091202/hasil-survei-kedaikopi-soal-penggunaan-cadar-dan-sebutan-kafir/full&view=ok

Wirman, W. (2016). Citra dan Presentasi Tubuh. Alaf Riau.

Yasya, W., & Nurhaliza, W. O. S. (2021). DIGITALISASI HIJRAH MELALUI KOMUNITAS VIRTUAL. Journal Education and Development, 9(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/jki.v8i2.10723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sukma Putri

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.