ANALISIS KEPUASAN PASIEN KULIT KELAMIN TERHADAP PELAYANAN FARMASI DI RSUD Dr. RM. DJOELHAM

Hervina Hervina, Juliandi Harahap, Darwin Syamsul

Abstract


Penilaian mutu pelayan kesehatan antara lain dimensi kehandalan(reliability), daya tanggap(responsiveness), jaminan(assurance), empati(emphaty) , dan bukti fisik (tangible). Penelitian ini dilakukan karena menurunnya kunjungan pasien yang berobat jalan ke klinik kesehatan kulit dan kelamin dalam setahun ini, hal ini apakah ada hubungannya dengan ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan farmasi, karena dari wawancara sebelumnya oleh peneliti, menunjukkan ada beberapa ketidakpuasan pasien, seperti menunggu obat yang lama, kurangnya obat, suasana yang tidak nyaman dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan pasien klinik kesehatan kulit dan kelamin terhadap pelayanan farmasi berdasarkan perspektif pasien dan petugas kesehatan di RSUD Dr.R.M.Djoelham Binjai. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Responden sebanyak 10 informan yang terdiri dari, 4 informan dari pasien yang berulang berobat jalan ke klinik kesehatan kulit dan kelamin, 2 informan dari dokter , 2 informan dari pelayanan farmasi/apoteker dan 2 informan dari manajemen rumah sakit. Hasil wawancara pada penelitian ini menunjukkan pasien merasa tidak puas dengan pelayanan instalasi farmasi di RSUD Dr.R.M.Djoelham Binjai. Manajemen pengelolaan sediaan farmasi dan farmasi klinik (sarana dan prasarana) harus ditingkatkan dan menambah petugas pelayanan farmasi pada RSUD Dr.R.M.Djoelham Binjai agar pasien menjadi puas.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30829/jumantik.v4i2.5629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.