GERAKAN H. RIVAI ABDUL MANAP NASUTION DALAM BIDANG PENDIDIKAN ISLAM

Laili Rahmaini Hasibuan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini menampilkan latar belakang kehidupan, peranan historis dan pengaruh H. Rivai Abdul Manap Nasution (1922-1989) dalam bidang pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah dengan memfokuskan pada tokoh tertentu. Penelitian ini memadukan data dokumen dan kepustakaan dengan data lapangan melalui wawancara dan observasi. Dengan analisis sejarah, penelitian ini menemukan bahwa wujud nyata peranan Rivai Abdul Manap dalam memajukan pendidikan Islam terlihat dari keberadaan Taman Pendidikan Islam (TPI). TPI telah menjadi jaringan lembaga pendidikan Islam yang sangat penting di Sumatera Utara sepanjang tahun 1950an hingga tahun 1980an. Setelah ia wafat, partisipasi TPI mengalami penurunan meskipun hingga sekarang masih ada sejumlah lembaga pendidikan yang tetap eksis. Partisipasi utama TPI adalah penyebarannya yang sangat banyak menyentuh wilayah pedesaan, khususnya di bawah naungan perkebunan. Dengan jaringan tersebut, TPI menyediakan pendidikan bagi penduduk yang benar-benar membutuhkan. Dengan TPI, kiprah dan kontribusi Rivai Abdul Manap dalam bidang pendidikan Islam akan terus berlangsung.

Kata Kunci: Sumatera Utara, pendidikan Islam, Rivai Abdul Manap, Taman Pendidikan Islam
 
Abstract: The Movement H. Rivai Abdul Manap Nasution’s Educational Thought. This article deals with the life, relevance and influence of H. Rivai Abdul Manap Nasution (1922-1989) in the field of education. This research is basically a historical study but with some measure of biographical approach. The data was obtained from relevant documents, interviews with heirs, as well as field observations to support necessary information. Rivai plays multiple important roles in education but the most significant of which is undoubtedly to be found in Taman Pendidikan Islam (TPI; literally, Garden of Islamic Education). TPI organized a very important chain of Islamic education institutions from the 1950s until the 1980s. The relevance of TPI is unique in that its education institutions spread over large number of villages, especially those included in the state plantation in North Sumatra. By not just focusing to serve big cities, TPI provides education to those really in need. Upon Rivai’s death, TPI’s contribution tends to lessen. Nevertheless, TPI continues to exist and manage some education activities to the present. Through this, his legacy is to be preserved.

Keywords: North Sumatra, Islamic education, Rivai Abdul Manap Nasution, Taman Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Taufik. (1998). Menteri Agama Republik Indonesia: Sebuah pengantar profil biografis. Dalam Azyumardi Azra dan Saiful Umam (eds.) Menteri-menteri agama RI: Biografi sosial politik. INIS.

Asari, Hasan. (2018). Sejarah pendidikan Islam: Membangun relevansi masa lalu dengan masa kini dan masa depan. Perdana Publishing.

Gottschalk, Louis. (2006). Mengerti sejarah, terj. Nugroho Notosusanto. Universitas Indonesia Press.

Harahap, Syahrin. (2014). Metodologi studi tokoh & penulisan biografi. Prenada.

Ja’far, J. (2015a). Tradisi intelektual Al Washliyah: Biografi ulama kharismatik dan tradisi keulamaan. Perdana Publishing.

Ja’far, J. (2015b). Tarekat dan gerakan sosial Shaykh Hasan Maksum. Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, 5( 2), 269-293. https://doi.org/10.15642/teosofi.2015.5.2.269-293

Ja’far, J. (2016). Peran Al Jam’iyatul Washliyah dalam merevitalisasi madhhab Shafi’i di era kontemporer. Justicia Islamica: Jurnal Kajian Hukum dan Sosial, 13(1), 1-29. https://doi.org/10.21154/justicia.v13i1.451

Ja’far, J. (2016). Respons Dewan Fatwa Al Jam’iyatul Washliyah terhadap isu akidah dan syariah di era global. al-Manahij: Jurnal Kajian Hukum Islam, 10(1), 97-118. https://doi.org/10.24090/mnh.v10i1.919

Ja’far, J. (2017). Khazanah kitab kuning di madrasah Al Jam’iyat Al Washliyah. Al-Thariqah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 124-134. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1041

Ja’far, J. (2019a). Al Jam’iyatul Washliyah dan pelestarian akidah Ahl Sunnah wa al-Jama‘ah di Indonesia. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 14(1), 54-81. https://doi.org/10.15642/islamica.2019.14.1.54-81

Ja’far, J. (2019b). Pemikiran politik islamisme moderat Al Jam’iyatul Washliyah. al-A’raf: Jurnal Pemikiran Islam dan Filsafat, 16(2), 191-222. https://doi.org/10.22515/ajpif.v16i2.1762

Ja’far, J. (2020). Ulama Mandailing awal abad ke-20: Gerakan religius dan politik Abdurrahman Sjihab (1910-1955). Islamijah: Journal of Islamic Social Sciences, 1(1), 1-25. http://dx.doi.org/10.30821/islamijah.v1i1.7155.

Ja’far, J. (2020). Merantau demi republik: Kehidupan dan perjuangan Ismail Banda (1909-1951). Islamijah: Journal of Islamic Social Sciences, 1(2), 136-161, http://dx.doi.org/10.30821/islamijah.v1i2.7181

A. Karim, Husein, et al. (1963). XIII tahun Taman Pendidikan Islam. Pimpinan Umum Taman Pendidikan Islam.

Keluarga Besar K.H. Rivai Abdul Manap. (1999). Mengenang 10 tahun berpulang ke rahmatullah ayahanda kami, Drs. K.H. Rivai Abdul Manap. t.p.

Kuntowijoyo. (2003). Metodologi sejarah. Tiara Wacana.

Nasution, Ismet Danial. (2003). 50 tahun Taman Pendidikan Islam: 1 Mei 1950-1 Mei 2000. Pimpinan Pusat Taman Pendidikan Islam.

Nasution, Syamsul Bachri. (1992). Penumpasan gerakan-30-september/PKI di Sumatera Utara. Yayasan Pembaharuan Pemuda Indonesia Medan.

Siddik, Dja’far, dan Ja’far, J. (2017). Al-Ittihadiyah: Delapan dasawarsa menerangi Nusantara. Perdana Publishing.

Suhaimi, Ahmad. (2003). Pelajaran ke-TPI-an. Pimpinan Pusat TPI.

Suti, Bayo. (1981). Potensi pengembangan daerah Sumatera Utara. Yayasan Potensi Pengembangan Daerah.

Syahnan, Mhd. (2019). Nahdlatul ulama scholar in Mandiling Land: A biography of Syekh Ali Hasan Ahmad ad-Dary. Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, 3(1), 68-82. http://dx.doi.org/10.30821/jcims.v3i1.4138.

Syahnan, M., Asrul, A., & Ja’far, J. (2019). Intellectual network of Mandailing and Haramayn muslim scholars in the mid-19th and early 20th century. TEOSOFI: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, 9(2), 257-281. https://doi.org/10.15642/teosofi.2019.9.2.257-281.

Tim Penyusun. (2008). Profil pondok pesantren modern Darul Hikmah Taman Pendidikan Islam: MTs-MA. Pimpinan Pusat Taman Pendidikan Islam.

Yunus, Mahmud. (1983). Sejarah pendidikan Islam di Indonesia. Hidakarya Agung.

Anonim. (1972, April 1). Indonesianisasi Arab. Dalam Tempo.

Wawancara

Hasni Rangkuti, Ketua II Pimpinan Pusata Taman Pendidikan Islam.

Meidarhana Nasution, Pengurus Taman Pendidikan Islam.

Kamaluddin Nasution, adik kandung Rivai Abdul Manap Nasution.

Ismed Danial, anak kandung Rivai Abdul Manap Nasution.

Hasan Bakti Nasution, Dosen Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Ikrom Helmi Nasution, anak kandung dari Rivai Abdul Manap.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/islamijah.v1i2.7385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

  


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

View My Stats