PEMBARUAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA ABAD KE-19: Menelisik Serpihan Pemikiran Sayyid Usman

Radinal Mukhtar Harahap

Abstract


Abstrak: Artikel ini bertujuan untuk mengungkap gerakan pembaruan pendidikan Sayyid Usman dalam bidang pendidikan Islam. Berdasarkan metode analisis isi terhadap sumber-sumber yang ada, artikel ini mengajukan temuan bahwa ide pembaruan Sayyid Usman terdapat dalam kitabnya yang berjudul Âdâb al-Insân. Kitab ini memuat refleksi yang kuat tentang dasar kemampuan sikap adaptasi penulisnya yang untuk konteks saat itu berhadapan dengan pemerintah Kolonial Belanda yang diskriminatif terhadap pendidikan Islam. Sikap adaptasi yang ditunjukkan Sayyid Usman sesuai dengan teori komunikasi antar budaya yang terangkai dalam lima faktor: komunikasi personal, komunikasi internal satu budaya, komunikasi internal berbeda budaya, penerimaan budaya dan kecenderungan perilaku. Studi ini memperlihatkan bahwa bahwa pembaruan tidak terlepas dari kecakapan adaptasi dengan basis keilmuan yang kokoh. Hal itu juga semakin menguatkan pandangan bahwa pembaruan sangat erat dengan kekayaan tradisi intelektual sebagaimana telah ditampilkan oleh Sayyid Usman.
 
Kata Kunci: ulama, Nusantara, pendidikan, Âdâb al-Insân, Sayyid Usman 
 
Abstract: The Renewal of Islamic Education in the 19th Century Indonesia: Exploring Sayyid Usman’s Thoughts. This article aims to uncover Sayyid Usman's educational reform movement in the field of Islamic education. Based on the method of content analysis of available sources, this article proposes that the idea of the renewal of Sayyid Usman is contained in his book entitled Âdâb al-Insân. This book contains a strong reflection on the basic ability of the adaptation attitude of the author who for the context at that time faced the Dutch Colonial government which was discriminatory against Islamic education. The attitude of adaptation shown by Sayyid Usman is in accordance with the theory of intercultural communication arranged in five factors: personal communication, internal communication of one culture, internal communication of different cultures, cultural acceptance and behavioral tendencies. This study shows that renewal is inseparable from adaptation skills with a solid scientific basis. It also reinforces the view that renewal is very closely linked to the wealth of intellectual traditions as shown by Sayyid Usman.
 
Keywords: ulama, Nusantara, Islamic education, Âdâb al-Insân, Sayyid Usman

Full Text:

PDF

References


Abbas Pulungan (2018). Nahdlatul Ulama di luar Jawa: Perkembangan di Tanah Mandailing. Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, 2(1), 91-127. http://dx.doi.org/10.30821/jcims.v2i1.1747.

Abdullah bin Usman. (t.t.). Sûluh Zamân. Percetakan Sayyid Usman.

Abdullah, A. (1996). Studi Agama: Normativitas atau Historisitas. Pustaka Pelajar.

Al-Attas, S. M. N. (1979). Aims and Objectives of Islam Education. King Abdul Aziz University.

Al-Attas, S. M. N. (1980). The Concept of Education in Islam. ABIM.

Al-Harbi, H. S. ’Aid. (1419). Al-Tarbiyah fî ‘Ahdi al-Rasûl: Nasy’atuhâ wa Tathawwuruha. Rabithah al-‘Âlam al-Islâmi.

Alwi bin Usman. (t.t.) Hikâyât Qamar Al-Zamân. Percetakan Sayyid Usman.

Anrooij, F. Van. (2014). Panduan Penelitian: Negara Kolonial 1854-1942: Arsip Kementerian Urusan Tanah Jajahan Kepulauan Nusantara. National Archief.

Asari, H. (2006). Menguak Sejarah Mencari ‘Ibrah: Risalah Sejarah Sosial-Intelektual Muslim Klasik. Citapustaka Media Perintis.

Asari, H. (2013). Petualangan Intelektual Al-Ghazâlî dan Sardar dalam Mencari Kebenaran. Islamica: Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 108-119. https://doi.org/10.15642/islamica.2009.4.1.108-119.

Athoillah, A. (2013). Kritik Sayid Utsman bin Yahya Terhadap Ideologi Jihad dalam Gerakan Sosial Islam pada Abad 19 dan 20. Refleksi, 13(5), 553-592.

Athoillah, A. (2019). Pembentukan Identitas Sosial Komunitas Hadhrami di Batavia Abad XVIII-XX. Lembaran Sejarah, 14(2), 150–170. https://doi.org/10.22146/lembaran-sejarah.45437.

Azra, A. (2002). Islam Nusantara: Jaringan Global dan Lokal (I. R. Hasan (ed.). Mizan.

Baso, A. (2005). Islam Pasca-Kolonial: Perselingkuhan Reformisme Agama, Kolonialisme dan Liberalisme. Pustaka Afid.

Ben Nabi, M. (1961). Ta’ammulât. Mathba‘ah Dar al-Urubah.

Berg, V. Den. (1989). Hadramaut dan Koloni Arab di Nusantara. INIS.

Burhanuddin, J. (2015). Islam dan Kolonialisme: Sayyid Usman dan Islam di Indonesia Masa Penjajahan. Studia Islamika, 22(1), 185-208.

Dahlan, Zaini. (2018). Syekh Abdul Halim Hasan, 1901-1969: Akar tradisi intelektual di Sumatera Timur awal abad XX. Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, 2(1), 128-155. http://dx.doi.org/10.30821/jcims.v2i1.1738

Daud, Wan Mohd. Nor Wan. (2003). Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed Muhamamd Naquib Al-Attas. Mizan.

Dzulhadi, Q. N. (2020). Fiqih Peradaban: Upaya Membangun Kembali Peradaban Islam. Rawda Publishing.

E. Gobee, & C. Adriaanse. (1991). Nasihat-Nasihat C. Snouck Hurgronje Semasa Kepegawaiannya Kepada Pemerintah Hindia Belanda 1889-1936, IX. INIS.

Eickelman, D. (2007). The study of Islam in local contexts. In A. Rippin (Ed.), Defining Islam: A reader. Routledge.

Fathurahman, O. (2001). Tradisi intelektual Islam Melayu-Indonesia: Adaptasi dan pembaharuan. Studia Islamika, 8(3), 207-222. https://doi.org/10.15408/sdi.v8i3.685.

Geertz, C. (1976). The Religion of Java. University of Chicago Press.

Gerungan. (1991). Psikologi sosial. Eresco.

Harahap, R. M. (2019a). Etika guru dalam perspektif Sayyid Usman. Tapis: Jurnal Penelitian Ilmiah, 03(2), 208-228. https://doi.org/10.32332/tapis.v3i2.1624.

Harahap, R. M. (2019b). Narasi pendidikan dari Tanah Betawi: Pemikiran Sayyid Usman tentang etika akademik. Journal of Contemporary Islam and Muslim Societies, 2(2), 174–199. http://dx.doi.org/10.30821/jcims.v2i2.2919.

Harahap, R. M. (2019c). Pendidikan dan peradaban dalam narasi sejarah Islam klasik: Korelasi dan koneksi. Idrak: Journal of Islamic Education, 2(1).

Hurgronje, S. (1993). Petunjuk Uthman bin Abdallah untuk dewan-dewan ulama. Kumpulan Karangan Snouck Hurgronje. INIS.

Ibn ‘Athiyyah, A. M. (2001). al-Muharrar al-wajîz fî tafsîr al-Qur’ân al-‘Azîz. Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyah.

Ilyas, A. F. (2019). Pustaka naskah ulama Nusantara: Fatwa, polemik, sanad ijazah dan korespondensi. Rawda Publishing.

Ilyas, A. F. (2018). Warisan intelektual ulama Nusantara: Tokoh, karya dan Pemikiran. Rawda Publishing.

Ja’far, J. (2015). Tarekat dan gerakan sosial keagamaan Shaykh Hasan Maksum. Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, 5(2), 269-293. https://doi.org/10.15642/teosofi.2015.5.2.269-293.

Ja’far, J. (2020). Ulama Mandailing awal abad ke-20: Gerakan religius dan politik Abdurrahman Sjihab (1910-1955), Islamijah: Journal of Islamic Social Sciences, 1(1), 1-25. http://dx.doi.org/10.30821/islamijah.v1i1.7155.

Jazuli, I. (2020, April 30). Trend ngaji online dan mmbyarnya kharisma kiai NU, Sudah Saatnya Move On! Tribun Ramadhan. https://www.tribunnews.com/ramadan/2020/04/30/trend-ngaji-online-dan-ambyarnya-kharisma-kiai-nu-sudah-saatnya-move-on.

Kaptein, N. J. G. (2014). Islam, Colonialism and the modern age in the Netherlands East Indies: A Biography of Sayyid Uthman (1822–1914). Brill.

Kiki, R. Z. (2011). Genealogi intelektual ulama Betawi: Melacak jaringan ulama Betawi dari awal abad ke-19 sampai Abad ke-21. Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre).

Kim, Y. Y. (2001). Becoming intercultural: An integrative communication theory and cross-cultural adaptation. Sage Publication.

Latif, Y. (2012). Intelegensia Muslim dan kuasa: Geneologi intelegensia Muslim Indonesia abad ke-20. Yayasan Abad Demokrasi.

Madjid, N. (1977). Kaki langit peradaban Islam. Paramadina.

Mansur. (2005). Pemikiran Sayyid Usman tentang akhlak manusia. Disertasi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mobini-Kesheh, N. (1999). The Arab periodicals of the Netherlands East Indies, 1900-1942. Southeast Asia Program Publication.

Nichols, T. (2017). Matinya kepakaran: The death of expertise: Perlawanan terhadap pengetahuan yang telah mapan dan mudharatnya. Kompas Gramedia.

Noupal, M. (2008). Pemikiran keagamaan Sayyid Usman bin Yahya (1822-1914): Respon dan kritik terhadap kondisi sosial keagamaan di Indonesia. Disertasi, Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Noupal, M. (2011). Menelusuri karya intelektual Sayyid Usman bin Yahya dalam bidang fikih. Ijtihad: Jurnal Wacana Hukum Islam dan Kemanusiaan, 11(1), 61-80.

Noupal, M. (2012). Kontroversi tentang Sayyid Utsman bin Yahya (1822-1914) sebagai penasehat Snouck Hurgronje. Conference Proceedings: Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS) XII, 5 – 8 November 2012, Surabaya–Indonesia.

Noupal, M. (t.t.). Kritik Sayyid Utsman bin Yahya terhadap gerakan pembaharuan Islam di Indonesia: Studi sejarah Islam di Indonesia abad 19 dan awal abad 20. Jurnal Ilmu Agama UIN Raden Fatah, 14(2), 77-98.

Nurhasanah. (2017). Kontribusi Sayyid Utsman dalam kehidupan keagamaan masyarakat Islam Batavia (1862-1914). Tesis, Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ricklefs, M. C. (1979). Six centuries of Islamization in Java. In Conversion to Islam. Holmes and Meier.

Roqib, M. (2009). Ilmu pendidikan Islam: Pengembangan pendidikan integratif di sekolah, keluarga dan masyarakat. LKIS Pelangi Aksara.

Syahnan, M., Asrul, A., & Ja’far, J. (2019). Intellectual network of Mandailing and Haramayn muslim scholars in the mid-19th and early 20th century. TEOSOFI: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, 9(2), 257-281. https://doi.org/10.15642/teosofi.2019.9.2.257-281

Syarif, F. (2018). Moral education values in the thought of Habib ‘Uthman bin Yahya in the community of Hadrami in Betawi. Nusa Litera Inspirasi.

Usman, S. (t.t.a). Adâb al-Insân. Menara Kudus.

Usman, S. (t.t.b). Jam‘ al-nafâ’is li tahsîn al-madâris. Percetakan Sayyid Usman.

Usman, S. (1317). Risâlah dua ‘ilm. Syirkah al-Thahiriyah.

Utami, L. S. S. (2015). Teori-teori adaptasi antar budaya. Jurnal Komunikasi, 7(2), 180–197. http://dx.doi.org/10.24912/jk.v7i2.17.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/islamijah.v1i2.7364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

  


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

View My Stats