SEJARAH PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI TEMA TUGAS AKHIR DI PASCASARJANA UIN SU MEDAN (1994-2017)

Hasan Asari

Abstract


Abstrak: Penelitian ini menganalisis tesis/disertasi tentang sejarah pendidikan Islam yang diajukan ke Pascasarjana UIN SU Medan. Penelitian menyimpulkan bahawa alasan utama memilih tema sejarah pendidikan Islam adalah kekaguman akan capaian masa lalu dan keyakinan kuat bahwa sejarah relevan terhadap pendidikan Islam masa sekarang. Mayoritas tesis/disertasi adalah tentang topik pendidikan Islam modern (69.4%) dalam setting Indonesia (66.7%) dengan topik yang paling populer adalah lembaga pendidikan Islam (44.4%). Mayoritas tesis/disertasi (69.5%) telah menggunakan metode sejarah secara konsisten, dengan referensi paling banyak adalah Kuntowijoyo dan Dudung Abdurrahman. Mayoritas mutlak (80.5%) telah merujuk kepada sumber-sumber primer dalam pengumpulan data sejarah. Meskipun semua sepakat tentang relevansi sejarah, hanya 10% tesis/disertasi yang secara khusus menjelaskan relevansi penelitiannya terhadap pendidikan Islam kontemporer, itu pun masih pada tataran teoretis. Karenanya, pemanfaatan temuan dari tesis/disertasi tersebut secara praktis masih memerlukan langkah lanjutan, yakni melalui proses modeling atau eksperimentasi.

Abstract: The History of Islamic Education as a Theme for Student's Final Thesis at Postgraduate Level of Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. This study surveys theses on history of Islamic education, submitted to Graduate Studies State Islamic University Medan both for master and doctorate levels. The study concludes that the main reasons to study the topic are admiration of past achievements and strong belief in its relevance to contemporary Islamic education. The majority of the theses concentrate on modern time topics (69.4%) of Indonesian Islamic education (66.7%) with the most popular topic being Islamic education institutions (44.4%). The majority of the theses (69.5%) have consistently used historical method. The most frequently cited works on historical methodology are those of Kuntowijoyo and Dudung Abdurrahman. An absolute majority (80.5%) of the theses refers to primary sources related to their topics. Despite expressive believe in the relevance of history, only 10% of the theses allocate special segment to explain the relevance of their study findings, albeit in rather theoretical tones. As such efforts are needed to further use these study findings into a more practical ways, probably through modeling and experimentation.

Keywords: history, Islamic education, post graduate


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Dudung. (1999). Metode penelitian sejarah. Logos Wacana Ilmu.

Abstrak disertasi dan tesis pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. (2017, 18 Mei). Wisuda pascasarjana UIN SU Medan XXXIX.

Ahmad, Zulfikri. (2003). Pembaharuan pendidikan Islam pada masa Turki Usmani tahun 1808-1876. Tesis, Program Pascasarjana IAIN SU Medan.

al-Duri, Abd al-Aziz. (1986). Bahts fi nasy’ah ‘ilm al-tarikh ‘ind al-‘Arab. Dar al-Masyriq.

al-Faruqi, Ismail Raji. (1984). Islamisasi pengetahuan. Pustaka.

Amri, Zainul. (2003). Dinamika pendidikan Islam pada masa Sultan Agung Mataram. Tesis, Program Pascasarjana IAIN SU Medan.

Arsyad, Junaidi. (2015). Metode pendidikan Rasulullah saw. dan relevansinya dengan pendidikan Islam kontemporer. Disertasi, Pascasarjana UIN SU Medan.

Asari, Hasan, Muaz Tanjung, Salminawati. (2013). “Perkembangan lembaga pendidikan Islam di daerah minoritas Muslim di Sumatera Utara,” dalam Neliwati (ed.) Lembaga-lembaga pendidikan islam di Sumatera Utara, h. 27-107. IAIN Press.

Asari, Hasan. (2002). Modernisasi Islam: Tokoh, gagasan dan gerakan. Citapustaka Media.

Asari, Hasan. (2015). “Lembaga pendidikan tinggi Islam: Refleksi historis menyambut UIN SU,” dalam Hasan Asari (ed.) Universitas islam negeri Sumatera Utara: Memperkokoh eksistensi, memperluas kontribusi, h. 232-249. IAIN Press.

Asari, Hasan. (2016, 8 Oktober). “Kajian sejarah di UIN SU Medan,” dalam Waspada.

Asari, Hasan. (2001, Januari). “Perkembangan pendidikan tinggi Islam di Indonesia,” dalam Academica Islamica, vol. I, no. 1.

Buku panduan akademik program doktor pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan 2017/2018. (2017). Pascasarjana UIN SU Medan.

Buku panduan akademik program magister pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan 2017/2018. (2017). Pascasarjana UIN SU Medan.

Buku panduan program pascasarjana IAIN Sumatera Utara 2001/2002. (2001). PPS IAIN SU Medan.

Buto, Zulfikar Ali. (2015). Modernisasi dayah di Aceh. Disertasi, Pascasarjana UIN SU Medan.

Daulay, Haidar Putra. (2015). “Dinamika pendidikan tinggi Islam di Indonesia: Dari sekolah tinggi ke universitas,” dalam Hasan Asari (ed.) Universitas islam negeri Sumatera Utara: Memperkokoh eksistensi, memperluas kontribusi, h. 215-231. IAIN Press.

El-Fikri, Syahruddin. (2010). Situs-situs dalam Al-Qur’an: Dari peperangan Daud melawan Jalut hingga gua Ashabul Kahfi. Penerbit Republika.

Fahruzin, M. Nurafif. (2011). Sejarah perkembangan dan kontribusi yayasan madrasah pendidikan Islam YMPI Sei Tualang Raso Tanjungbalai, 1948-1950. Tesis, Program Pascasarjana IAIN SU Medan.

Faruqi, Nisar Ahmad. (1979). Early muslim historiography: A study of early transmitters of arab history from the rise of Islam up to the end of Umayyad period (612-750 A.D.) Idarah-i Adabiyah-i Delhi.

Fauyan. (2011). Setengah abad yayasan pendidikan Al-Washliyah jalan ismailiyah no. 82 Medan 1959-2009. Tesis, Program Pascasarjana IAIN SU Medan.

Hanum, Latifah. (2003). Partisipasi wanita dalam lembaga pendidikan Al Washliyah kota Medan 1997-2002. Tesis, Program Pascasarjana IAIN SU Medan.

Hasibuan, Laili Rahmaini. (2011). Rivai Abdul Manaf Nasution 1922-1989: Sejarah sosial, intelektual dan keagamaan. Tesis, Program Pascasarjana IAIN SU Medan.

Hasibuan, M. Iqbal. (2017). Kebebasan akademik pada masa dinasti Saljuk (Analisis dari tahun 447-590H/1055-1194M). Disertasi, Pascasarjana UIN SU Medan.

Herdiyanto. (2012). Pendidikan islam pada masa kesultanan Langkat: Studi historis pendidikan islam pada masa Kesultanan Langkat tahun 1870-1945. Tesis, Program Pascasarjana IAIN SU Medan.

Khalil, ‘Imad al-Din. (1975). Al-Tafsir al-Islami li al-tarikh. Dar al-‘Ilm lil-Malayin.

Kuntowijoyo. (2003). Metodologi sejarah. Tiara Wacana.

Kuntowijoyo. (2005). Pengantar ilmu sejarah. Bentang.

Kuntowijoyo. (2008). Penjelasan sejarah (historical explanation). Tiara Wacana.

Manik, Wagiman. (2014). Profil guru di zaman nabi Muhammad saw. Tesis, Program Pascasarjana IAIN SU Medan.

Nasution, Harun. (1992). Pembaharuan dalam Islam. Bulan Bintang.

Nasution, Hasan Bakti et al. (2003). Tiga puluh tahun IAIN Sumatera Utara. IAIN Press.

Pedoman penulisan disertasi. (2016). Pascasarjana UIN SU Medan.

Pedoman penulisan tesis. (2016). Pascasarjana UIN SU Medan.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 131 Tahun 2014.

Profil Universitas Islam Negeri Sumatera Utara tahun 2015. (2015). UIN SU Medan.

Rozali, Muhammad. (2017). Tradisi keulamaan Al Jam’iyatul Washliyah Sumatera Utara. LKiS.

Setahun IAIN al-Jami’ah al-Islamiyah al-Hukumiyah, 1973-1974. (1975). IAIN Sumatera Utara Medan.

Siregar, Kadir Pandapotan. (2008). Gerakan syeikh Mustafa Husein dalam bidang pendidikan 1912-1955M. Tesis, Program Pascasarjana IAIN SU Medan.

Sofyan. (2012). Tinjauan historis kurikulum madrasah Mustansiriyah. Tesis, Program Pascasarjana IAIN SU Medan.

Sumanti, Solihah Titin. (2002). Peran wanita muslim dalam kegiatan pendidikan pada masa Abbasiyah. Tesis, Program Pascasarjana IAIN SU Medan.

Sumanti, Solihah Titin. (2017). Modernisasi isi pendidikan Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama dan Al Jam’iyatul Washliyah tahun 1900-1942. Disertasi, Pascasarjana UIN SU Medan.

Tanjung, Muaz. (2004). Maktab Islamiyah Tapanuli, 1918-1942. Tesis, Program Pascasarjana IAIN SU Medan.

Tanjung, Muaz. (2012). Maktab Islamiyah Tapanuli, 1918-1942: Menelusuri sejarah pendidikan Islam awal abad ke-20 di Medan. IAIN Press.

Turabian, Kate L. (1990). A manual for writers of term papers, theses, and dissertation. The University of Chicago Press.

von Grunebaum, Gustave E. (1966). Medieval islam: A study in cultural orientation. The University of Chicago Press.

von Grunebaum, Gustave E. (1970). Classical Islam: A history 600-1258. George Allen & Unwin.

von Grunebaum, Gustave E. (1983). Modern Islam: The search for cultural identity. Greenwood Press.

Yatim, Badri. (1997). Historiografi Islam. Logos Wacana Ilmu.

Yulia, Fatma. (2003). Tradisi intelektual muslim pada masa dinasti Muwahhidun. Tesis, Program Pascasarjana IAIN SU Medan.

Zahara, Evi. (2010). Pendidikan agama Islam pada masa kerajaan Padang di Sumatera Timur tahun 1870-1946. Tesis, Program Pascasarjana IAIN SU Medan.

Zahara, Rita. (2011). Sejarah Universitas Al Washliyah UNIVA Medan 1958-2010. Tesis, Program Pascasarjana IAIN SU Medan.

Zega, Hardiman. (2016). Historisitas madrasah dan dinamikanya di pulau Nias. Tesis, Pascasarjana UIN SU Medan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/islamijah.v1i1.7191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

  


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

View My Stats