KLASIFIKASI ILMU DALAM TRADISI INTELEKTUAL ISLAM

Ja'far Ja'far

Abstract


Abstrak: Studi ini mengkaji konsep ilmuwan Muslim tentang klasifikasi ilmu. Studi ini merupakan studi kepustakaan. Data didasarkan pada sumber-sumber tertulis dan otoritatif. Studi ini didasari oleh fakta bahwa Islam mewajibkan setiap Muslim menuntut ilmu. Alquran maupun hadis memberikan petunjuk bahwa Islam merupakan agama yang memandang penting ilmu. Aktivitas membaca menjadi kegiatan penting menurut Alquran, dan ini bisa dilihat dari fakta bahwa ayat pertama yang diturunkan kepada Nabi adalah berkaitan dengan kegiatan membaca (iqra’). Nabi dalam berbagai hadisnya juga memberi isyarat tentang kewajiban dan keutamaan menuntut dan mengembangkan ilmu. Studi ini menunjukkan bahwa para pemikir Muslim merinci pandangan Alquran dan hadis tentang ilmu yang wajib dipelajari. Studi ini akan mengungkap pandangan al-Ghazâlî, Quthb al-Dîn al-Syîrâzî, Ibn Khaldûn, Ibn al-Qayyim al-Jauziyah dan Syed Muhammad Naquib al-Attas. Pendapat mereka mengarah pada kesimpulan bahwa Islam mewajibkan kaum Muslim untuk menuntut dan mengembangkan ilmu yang bermanfaat bagi dunia Muslim, baik ilmu syariah maupun ilmu filsafat. Studi ini turut memperkuat gugusan referensi tentang kajian epistemologi Islam di Indonesia.
 
Kata Kunci: ilmu, syariah, filsafat, peradaban Islam  

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Zaid. The Epistemology of Ibn Khaldun. London: Routledge.

Al-Attas, Syed Muhammad Naquib. (1999). The Concept of Education in Islam: a Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: ISTAC.

Al-Fârâbî. (1949). Ihshâ’ al-‘Ulûm. Kairo: Dâr al-Fikr al-‘Arabî.

Al-Ghazâlî. (2006). Ihyâ’ ‘Ulûm al-Dîn, transl. Maulana Fazlul Karim. New Delhi: Islamic Book Service.

Al-Jauziyah, Ibn Qayyim. (2011). Madârij al-Sâlikîn, Juz IV. Riyadh: Dâr al-Shamî‘î, 2011.

Bakar, Osman. (1998). Classification of Knowledge in Islam: A Study in Islamic Philosophies of Science. Cambridge: The Islamic Texts Society, 1998.

Farooqui, Jamil. Islamic Concept of Knowlegde. In Studies on Islam 2(2) 2005.

Ibn Khaldûn. (1989). The Muqaddimah, transl. Franz Rosenthal. Princeton: Princeton University Press.

Kartanegara, Mulyadhi. (2002). Menyibak Tirai Kejahilan: Pengantar Epistemologi Islam. Bandung: Mizan.

King Abdul Aziz University dan Quaid Azam University. (1980). Second World Conference on Muslim Education: International Seminar on Islamic Concept and Curricula, Recommendations. Islamabad: King Abdul Aziz University dan Quaid Azam University.

Ladyman, James. (2002). Understanding Philosophy of Science. New York: London: Routledge.

Sharif, M.M. (1963). Philosophical Teachings of the Qur’an. In M.M. Sharif (ed.). (1963). A History of Muslim Philosophy. Wiesbaden: Otto Harrassowitz.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/islamijah.v3i2.12576

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats