KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-ILHAAM KECAMATAN WAMPU KABUPATEN LANGKAT

Alfian Tanjung, Ahmad Khairuddin, Muhammad Iqbal Dalimunte

Abstract


Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah kurang mampu guru mengelola pembelajaran di dalam kelas secara aktif dan kreatif, sehingga siswa cenderung kurang aktif dalam pembelajaran. Dan guru kurang mampu mengatur suasana kelas, sehingga siswa yang merasa kesulitan memahami pelajaran menjadi jenuh dan membuat keributan, menjadikan suasana kelas tidak kondusif. Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ilhaam Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat; untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola kelas untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran sejarah kebudayaan Islam; dan untuk mengetahui kendala guru dalam mengelola kelas di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ilhaam Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat; serta untuk mengetahui solusi mengatasi kendala dalam mengelola kelas di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ilhaam Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian ini peneliti menyimpulkan bahwa: pelaksanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ilhaam dilakukan dengan membuat perencanaan dalam pembelajaran, melakukan variasi dalam melaksanakan pembelajaran, namun kehadiran guru ke dalam kelas beberapa kali mengalami keterlambatan yang menjadikan siswa melakukan aktivitas lainnya dan terfokus pada aktivitas tersebut; dan kemampuan guru dalam mengelola kelas untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan memberikan penguatan kepada siswa sebelum memulai pembelajaran, mengajak siswa melakukan ice breaking dengan membuat kuis-kuis, dan guru menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran; kemudian kendala guru dalam mengelola kelas di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ilhaam, yaitu siswa sering terlihat bosan dan mengantuk dikarenakan jam mata pelajaran SKI terkena jadwal siang, ada siswa yang asik dengan kegiatannya sendiri sehingga menimbulkan keributan di kelas, guru juga kurang menguasai penggunaan media pembelajaran; sehingga solusi dalam mengatasi kendala dalam mengelola kelas di Madrasah Ibtidaiyah Al- Ilhaam adalah dengan memberikan motivasi kepada siswa, guru juga memberikan hukuman kepada siswa yang ribut dengan memarahi dan atau menyuruhnya berdiri di depan kelas.


Keywords


Kemampuan guru, Efektivitas Pembelajaran dan Sejarah Kebudayaan Islam

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Dudung, Sejarah Peradaban Islam: Dari Masa Klasik Hingga Modern, Yogyakarta: Lesfi, 2002.

Ahmadi, Rulam, Pengantar Pendidikan: Asas & Filsafat Pendidikan, Yogyakarta: ArRuzz Media, 2017.

Anshori, Transformasi Pendidikan Islam, Jakarta: Gaung Persada Press, 2010. Arikunto,

Suharsimi, Pengelolaan Kelas dan Siswa: Sebuah Pendekatan Evaluatif, Jakarta: Rajawali, 1992.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain, Strategi Belajar mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Fathurrohman, Pupuh, dan Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami, Bandung: Refika Aditama, 2011.

Harsanto, Radno, Pengelolaan Kelas yang Dinamis, Yogyakarta: Kanisius, 2007. Hasan,

Iqbal, Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya, Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.

Kementerian Agama RI, Al-Quran dan Terjemah: New Cordova, Bandung: Syaamil Quran, 2012.

Kementerian Agama, BAB III: Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.

Moleong, Lexy, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Mulyasa, E., Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Muslich, Mansur, KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Nawawi, Hadari, Organisasi Sekolah dan Pengelolaaan Kelas sebagai Lembaga Pendidikan,Jakarta: Haji Masagung, 2005.

Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Nurhayati, Eti, Psikologi Pendidikan Inovatif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011. Pidarta, Made, Pengelolaan Kelas, Surabaya: Usaha Nasional, 1970.

Pophan, W. James, Teknik Mengajar Secara Sistematis (Terjemahnya), Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Putra, Udin S. Winata, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Universitas Terbuka, 2001.

Raco, J.R., Metode Penelitian Kualitatif: Jenis Karakteristik dan Keunggulan, Jakarta: Grasindo, 2010.

Saebani, Beni Ahmad, dan Kadar Nurjaman, Manajemen Penelitian, Bandung: Pustaka Setia, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/ijtimaiyah.v6i1.16580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya

 

 Indexed by:  

 

                                            

 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371.