PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM PRODI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS BERBASIS KKNI DI FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUMATERA UTARA MEDAN

Farida Repelita wati, Maslathif Dwi Purnomo

Abstract



 Artikel ini membahas pengembangan model kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK), UIN Sumatera Utara Medan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model kurikulum yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja, perkembangan ilmu pengetahuan, serta standar nasional pendidikan tinggi. Dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D), studi ini mencakup tahapan analisis kebutuhan, desain kurikulum, implementasi, serta evaluasi keberlanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kurikulum berbasis KKNI meningkatkan keterampilan lulusan dalam berbahasa Inggris secara akademik dan profesional, sejalan dengan visi internasionalisasi FITK UIN Sumatera Utara. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk kolaborasi lintas institusi guna memastikan keberlanjutan dan pengembangan kurikulum di masa depan. 


Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. (2015). Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jakarta:

BSNP.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan Pengembangan Kurikulum

Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kemendikbud.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Richards, J. C., & Rodgers, T. S. (2014). Approaches and Methods in Language Teaching.

Cambridge: Cambridge University Press.

UIN Sumatera Utara. (2023). Visi dan Misi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Medan:

UINSU Press.

Kress, G., & van Leeuwen, T. (2001). Multimodal Discourse: The Modes and Media of

Contemporary Communication. London: Arnold.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/ijlres.v4i3.23150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 INTERNATIONAL JOURNAL ON LANGUAGE, RESEARCH AND EDUCATION STUDIES

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
Creative Commons License
International Journal on Language, Research and Education Studies (IJLRES) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License . You are free to share and adapt the material under the terms of this license, provided appropriate credit is given, it is not used for commercial purposes, and any derivatives are shared under the same license.