PESAN ISLAM DALAM IKLAN

Tengku Walisyah

Abstract


Dunia periklanan kini semakin berwarna ditandai dengan hadirnya content dalam tampilannya bernuansa agama khususnya Islam. Content khas ini mengindikasikan bahwa iklan mengandung adanya pesan-pesan Islam. Dimulai dari segi penggunaan pakaian muslimah yaitu hijab sampai kepada penggunaan Label Halal. Ini mengindikasikan bahwa iklan-iklan tersebut sejatinya mengemban adanya misi dakwah yang ingin disalurkan kepada audiens atau konsumen. Namun sebagian tampilan iklan lainnya malah memanfaatkan content Islam ini bukan untuk nilai spiritual melainkan demi menghasilkan nilai komersial belaka. Alhasil, berimplikasi kepada munculnya kasus bermasalah pada iklan tersebut.

Keywords


Iklan, content, pesan, Islam, hijab, Halal

Full Text:

PDF

References


Aziz, Abdul bin Fathi as-Sayyid Nada. 2005. Ensiklopedia Etika Islam. Jakarta: Maghfirah Pustaka.

Az-Zuhaili, Wahbah. 2011. Fiqh Islam Wa Adillatuhu. Jakarta: Gema Insani.

Hefni, Harjani. 2015. Komunikasi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kriyantono, Rachmat. 2014. Teori Public Relations Perspektif Barat dan Lokal. Jakarta: Prenadamedia Group.

Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.

Moriarty, Sandra. 2011. Advertising. Jakarta: Kencana.

Syafe’i, Imam dkk. 2014. Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter di Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Pers.

Syahputra, Iswandi. 2017. Paradigma Komunikasi Profetik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Waspada. Shelina Janmohamed Tulis Buku Tren Konsumerisme Muslim. Edisi Minggu 13 November 2016/14 Safar 1438 H; No:25464 Tahun ke-68.

Widyatama, Rendra. 2009. Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/ai.v7i2.7811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tengku Walisyah

Al-Idarah:Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen is indexed in the following databases

     Dimensions logo