Strategi Media Dakwah Kontemporer

Erwan Efendi

Abstract


Dakwah Islam adalah kewajiban yang harus dilakukan umat muslim, terutama oleh ulama dan dai. Kegiatan menyampaikan ajaran Islam kepada seseorang atau sekelompok orang supaya mereka memeluk Islam atau melaksanakan ajaran Islam demi mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Kegiatan dakwah Islam makin lama makin memiliki beragam tantangan yang tidak mudah, bahkan bisa dikatakan sangat berat. Tantangan berdakwah di era milenial berhadapan dengan pesatnya perkembangan teknologi. Dakwah harus menyesuaikan diri dengan perkembangan perangkat yang terus berkembang pesat. Salah satu strategi yang tepat dilaksanakan dalam menghadapi pola hidup modern dalam kaitannya dengan penggunaan media dakwah kontemporer adalah memperbanyak pengenalan tentang tatacara penggunaan media dakwah kepada seluruh media yang ada, mendorong pencipta aplikasi untuk mengarahkan ciptaanya dalam mempermudah mengakses materi dakwah di internet, mengarahkan pengguna internet untuk lebih banyak membuka aplikasi keagamaan dibandingkan dengan aplikasi lainnya, membuka lebih luas untuk mempelajari pembuatan aplikasi yang bernuansa agama dibanding dengan aplikasi permainan.

Keywords


Strategi; Media; Dakwah Kontemporer

Full Text:

PDF

References


Syed Muhammad Naquib Al-Attas.(2011).Islam and Sekularisme, Terjemah: Khalif Muammar, dkk. Bandung: PIMPIN, h. 165

Cindy Rizal Putri Paramitha. (2011). Analisis Faktor Pengaruh Promosi Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggal dalam Bidang Kuliner, Tesis, Fak. Ekonomi. UNDIP:Semarang, h. 17.

Onong Uchjana Effendy.(2003).Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti, h. 5.

Deddy Mulyana. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya. h. 20.

Widjaja. (2000). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta,h. 14




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/ai.v9i2.10624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Erwan Efendi

Al-Idarah : Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen is indexing by: