Model Manajemen Bencana Berbasis Pemberdayaan Masyarakat

Herdi Herdi

Abstract


Secara geografis Indonesia terletak di daerah katulistiwa dengan morfologi yang beragam dari dataran sampai pegunungan tinggi. Hal ini menyebabkan Indonesia telah mengalami berbagai bencana yang menyebabkan kerugian jiwa dan materi yang besar yang akan terus berulang kejadiannya. Peta potensi bencana gempa di Indonesia menunjukkan bahwa Indonesia adalah wilayah dengan zona-zona gempa yang rawan, peta potensi bencana tanah longsor, peta potensi bencana letusan gunungapi, peta potensi bencana tsunami, peta potensi bencana banjir, dan lain-lain. Potensi bencana akibat kenaikan permukaan laut terhadap kondisi lingkungan bio-geofisik yang berantai yaitu dengan meningkatnya frekuensi dan intensitas banjir maka terjadi perubahan arus laut dan meluasnya kerusakan mangrove, akibatnya akan meluas pula intrusi air laut yang mengancam kegiatan sosial-ekonomi masyarakat pesisir, serta berkurangnya luas daratan atau hilangnya pulau-pulau kecil. Upaya strategis untuk melindungi setiap warga negara dengan langkah-langkah penanggulangan bencana (manajemen bencana) baik sebelum, pada saat dan setelah bencana. Di samping itu, upaya pemberdayaaan komunitas agar memiliki informasi memadai, waspada, lebih aktif, serta memiliki kemampuan untuk berkoordinasi dan mendukung pemerintah dalam kegiatan prevensi maupun mitigasi. Komunitas lokal dapat memberikan dukungan dalam bentuk informasi, usulan maupun gagasan kepada pemerintah, bahkan sumber daya tertentu yang tidak dapat disediakan oleh pemerintah. Melibatkan komunitas dalam perencanaan manajemen bencana dan mendorong komunitas berpartisipasi akan memberikan nilai tambah.


Keywords


Model Manajemen Bencana; Pemberdayaan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Djoko Kirmanto. (2020). Lokakarya Penataan Ruang Sebagai Wahana untuk Meminimalkan Potensi Kejadian Bencana Longsor, Jakarta 7 Maret 2006.

Irwan Abdullah. (2016). Konstruksi dan Reproduksi Sosial atas Bencana Alam, Working papers in Interdisciplinary Studies No.1 Januari 2008, Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana UGM.

Kodoatie, R.J. dan Roestam Sjarief. (2016). Pengelolaan Bencana Terpadu, Jakarta: Penerbit Yarsif Watampone.

Sutikno. (2008). Geografi dan Kompetensinya dalam Kajian Geografi Fisik, Materi Sarasehan Keilmuan Geografi, 18-19 Januari 2018, Yogyakarta: Fakultas Geografi UGM.

Undang-undang Republik Indonesia No.24 Tahun 2017 tentang Penanggulangan Bencana, Jakarta: Badan Koordinasi Nasional Penanganan Bencana (BAKORNAS PB).

http://independen69.wordpress.com/2017/12/03/pemanasan-global-global-warming/ 10/28/2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.37064/ai.v9i2.10567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Herdi Herdi

Al-Idarah : Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen is indexing by: