DARI KHALIFAH DI BUMI HINGGA PEMIMPIN YANG DITEGUHKAN: EKSPLORASI KONSEP ISTIKHLAF LINTAS AYAT
Abstract
Penelitian artikel ini membahas konsep istikhlaf atau khalifah dalam ayat Al-Qur’an. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep istikhlaf atau khalifah dalam ayat Al-Qur’an. Metode penelitian ini adalah metode studi literatur. Metode studi literatur adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelola bahan penelitian. Artikel ini menggunakan pendekatan tafsir maudhui. Kesimpulan dari tulisan ini bahwa pengertian istikhlaf mengandung beberapa makna yaitu: 1) Pengganti atau wakil. 2) Pemimpin atau penguasa. 3) Generasi penerus. Istilah istikhlaf dan kata-kata yang berakar dari kata "khalafa" muncul dalam berbagai bentuk di Al-Qur’an, menunjukkan kekayaan makna dan konteks penggunaannya. Dalam tulisan ini peneliti hanya membatasi dalam 3 ayat-ayat Al-Qur’an mengenai istikhlaf atau khalifah yaitu QS al-Baqarah ayat 30, QS Shad ayat 26, dan QS Nur ayat 55. Konsep istikhlaf/khalifah dijelaskan dalam beberapa ayat Al-Qur’an. Dalam QS Al-Baqarah ayat 30, konsepnya meliputi kemampuan pemimpin untuk mencegah kerusakan, mendatangkan maslahat, serta bertaqwa dan berilmu. Kemudian, QS Shad ayat 26 menekankan pentingnya menjauhi hawa nafsu dalam kepemimpinan. Terakhir, QS An-Nur ayat 55 menyatakan bahwa pemimpin/penguasa harus menciptakan keamanan.
Full Text:
UntitledReferences
Abd al-Baqi, M. F. (1996). Mu'jam al-Mufahras li al-Fazi al-. Qur'a al-Karim,. Dar al al-Fikr Al-Qahirah, .
Abduh, M., & Ridha, R. (1975). Tafsir al-Manar. Beirut: Dar al- Makrifah.
Achmad, S. (2022). Tujuan dan Ruang Lingkup Pendidikan Islam: Studi Komparatif Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 62 dan An-Nur Ayat 55. Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18-29.
Al-Mubarok, & Ilmi, I. (2023). Khalifah Di Dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tematik). Diss. UIN Sulthan Thaha Saifuddin.
Al-Nasafi, A. b. (1998). Madarik Al-Tanzil wa Haqaiq Al-Ta'wil. Beirut: Dar Al-Kalim Al-Thayyib.
Arifin, M. (2023). Konsep Kepemimpinan Dalam Islam: Karakteristik Pemimpin Ideal Menurut Al-Quran." . Akademik: Jurnal Mahasiswa Humanis, 151-160.
as-Suyuti, J., & al-Mahalli, J. (1987). Tafsir Jalalain. Mesir: Darul Rayan Litturast.
Creswell, J. W. (2010). Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed Research Design. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi IV. (2008). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Fauzi, M., Harahap, M. I., & Nasution, M. R. (2024). Pemimpin Yang Adil Dalam Al-Qur’ān (Studi Komparasi Ayat-Ayat Kepemimpinan Menurut Tafsīr Ibnu Kaṡīr dan Tafsīr Sayyid Quṭhb). Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 125-137.
Hanafi, M. M. (2017). ASBÀBUN-NUZÙL: Kronologi dan Sebab Turun Wahyu Al-Qur’an. Jakarta: Jakarta Perpustakaan Nasional RI,.
Harahap, M. I. (2020). Ulama Dan Politik: Studi Terhadap Pemikiran Dan Kiprah Sosial Politik Syekh M. Arsyad Thalib Lubis (1908-1972). Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1-293.
Imarah, M. (1999). Islam dan Keamanan Sosial. Jakarta : Gema Insani.
Ipandang. (2015). Tanggungjawab Manusia Terhadap Al Maslahat (Kajian Ushul Fiqhi). Al-'Adl, 163-182.
Jainuddin, N. (2023). Hubungan Antara alam dan manusia menurut pandangan Islam. Mushaf Journal: Jurnal Ilmu Al Quran dan Hadis, 292-298.
Khairanis, R., & Aldi, M. (2025). Konsep Kepemimpinan Khalifah dalam Al-Qur’an untuk Masyarakat Multikultural Kontemporer. Al-Ghaaziy Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 56-71.
Lubis, M., & Has, , M. H. (2022). Makna Khalifah Dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Muqaran Qs Al Baqarah 30 Dan Qs Sad Ayat 26). El-Maqra’: Tafsir, Hadis, 81-101.
Mauludah, Zulfiah, A., Ma’sum, T., & Iswanto, J. (2023). Konsep Kepemimpinan Pendidikan Islam Perspektif Muhammad Quraish Shihab dalam Tafsir Al-Mishbah.". JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9495-9501.
Rasyad. (2022). Konsep Khalifah dalam Al-Qur’an (Kajian Ayat 30 Surat al-Baqarah dan Ayat 26 Surat Shaad). Jurnal Ilmiah Almu’ashirah: Media Kajian Al-Qur’an Dan Alhadis Multi Perspektif, 20-31.
Saifayurallah. (2016). Konsep Khalifah Menurut Tafsir Al Misbah. Tafse: Journal Of Qur’anic Studies , 106-120.
Salsabil, S. G., Imansyah , R., & Monady , H. (2025). Makna Kata Khalifah Dalam Qs. Al-Baqarah [2] : 30 ( Studi Komparasi Tafsir Al Manar Dan Jawahir). Jurnal Sains Student Research, 550-558.
Shahid, A. (2020). Moral Kekhalifahan Manusia dalam Al-Qur’an Menurut Teori Ecotheology Islam: Studi Tafsir Tematik. Jurnal Perspektif, 82-106.
Shihab, M. Q. (1996). Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Penerbit Mizan.
Shihab, M. Q. (2004). Tafsir al-Misbah; Pesan, Kesan dan Keserasian alQur’an,. Jakarta:: Lentera Hati.
Thabari, I. J. (1988). Tafsir Al Thabari. Beirut: Dar al Fikr.
Zunaih, A. I. (2014). Khilafah : Sistem Pemerintahan Yang Profan. Jurnal Ummul Qura, 1-9.
DOI: http://dx.doi.org/10.51900/ias.v8i1.26238
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Tentang Jurnal | Kebijakan Jurnal | Pengarang | Informasi |
Ibnu Abbas: Jurnal Ilmu Alquran & Tafsir
e-ISSN: 2620-7885
Website: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ibnabbas
Email: jurnalibnabbas@uinsu.ac.id
Diterbitkan oleh:
Kantor UIN SU Medan : UIN Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pancing Medan, Pasar V Medan Estate» Telp /fax : 0616622925 /