NASIONALISME DALAM PANDANGAN IMAM NAWAWI AL-BANTANI

Amoreni Amroeni, Hermansyah Hermansyah

Abstract


Abstract

Istilah Nasional tergambar dalam beberapa kata, misalnya; Al-qaumiyyah berarti kesukuan, secara etimologi kata al-qaum ini berarti kumpulan orang laki-laki dan perempuan sebagaimana tertulis dalam banyak ayat Alquran, misalnya ucapan para nabi ketika mengajak kaumnya yang diawali dengan kata ya qaumi. Dalam lisan al-Arab disebutkan bahwa kata qaum berasal dari huruf qaf, waw dan mim. Maka jika dilihat dari beberapa perubahannya, qaum, qaumah atau qiyam berarti berdiri, menopang, bertekad dan tegak lurus, kata qawwam berarti melindungi, bertanggung jawab dan memimpin, kata istiqomah berarti lurus, disiplin dan terus menerus kata muqim berarti tempat tinggal dan maqam berarti tempat berdiri atau tempat yang menunjukan derajat seseorang. Maka orang arab memakai kata ini untuk menggambarkan nasionalisme. Hal ini karena jika digabungkan dari derivasi kata qaum ini maka akan membentuk suatu pengertian yang sesuai dengan makna nasionalisme. Kemudian istilah al-Ummah, istilah ini dapat dijumpai pada Piagam Madinah yang dideklarasikan oleh Nabi Muhammad Saw. Dalam Piagam Madinah ini, pengertian ummah beserta cakupan maknanya dipergunakan dalam dua model dengan pasal yang berbeda, yaitu: Pertama, dipakai untuk menyebut komunitas seagama dan Kedua dipakai untuk menyebut komunitas yang pluralistik yang terdiri atas berbagai agama, ras dan suku tetapi tergabung dalam satu kesatuan sosial politik. Maka istilah-istilah tersebut akan menjadi dasar dalam memperkaya cakupan dan bahasan dalam penelitian ini. Manfaat dari penulisan semoga bisa menambah khazanah pengetahun tehadap makna Nasionalisme yang dirangkum dalam perspektif ulama tafsir yang menjadi pelaku dalam sebuah gerakan nasionalisme itu sendiri. Sehingga pemahaman tehadap hal ini, mudah-mudahan akan lebih kompleks. Juga bisa menjadi bahan telaah sejarah dari seorang Ulama yang berpendidikan yang memiliki banyak karya yang layak untuk di telusuri.

Kata Kunci: Nasionalisme, Tafsir, Khazanah, Ulama


References


Dzahabi> (al), Syamsuddi>n Muh}ammad bin Utsma>n. Siyaru A’la>mi al-Nubala>. CD ROOM: Maktabah al-Syamilah, Digital.

Dickinson, Eerick. The Development of Early Sunnite Hadith Criticism: The Taqdima Ibn Abi Hatim. Leiden: E.J. Brill, 2001.

Fani>sa>n (al), Su’u>d ‘Abdulla>h. Ikhtila>f al-Mufassiri>n: Asba>buhu wa Aruhu, (Riya>d}: Markaz al-Dira>sa>t wa al-A’la>m, 1997), 39.

Farma>wi> (al), ‘Abd al-Hayy. al-Bida>yah fi> al-Tafsi>r al-Mawd}u>’i>. Kairo: Da>r al-T{iba>’ah wa al-Nasyr al-Isla>miyyah, 2005.

Forum Karya Ilmiah Purna Siswa. Al-Qur’an Kita: Studi Ilmu, Sejarah, dan Tafsir Kalamullah. Kediri: Lirboyo Press, 2011.

Goldziher, Ignaz. Madza>hib at-Tafsi>r al-Isla>mi. terj. M. Alaika Salamullah. Yogyakarta: Elsaq Press, 2006.

H{a>tim, ‘Abdurrah}man bin Muh}ammad bin Idri>s al-Ra>zi Ibnu Abi>. Tafsi>r al-Qur’a>n al-Az}i>m Musnadan ‘an Rasulilla>h wa al-S{aha}>bat wa al-Ta>bi’i>n. Riya>d}: Maktabah Naza>r Must}afa> al-Ba>z, 1997.

------------------, al-Jarh} Wa al-Ta’di>l. Beirut: Da>r al-Kutub Ilmiyah, 1989.

Isma>’i>l, H{asan Must}afa bin. Ittiha>f al-Nabi>l. Yaman: Maktabah al-Furqa>n, 1990.

Katta>ni> (al), Muh}ammad bin Ja’far. al-Risa>lah al-Must{ariqah. Madinah: Da>r al-Basyar, 1992.

Qaththan (al), Manna‘ Khalil. Studi Ilmu-Ilmu Qur’an. terj. Mudzakir. Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa, 2009.

Sat}t}a>r, Syaikh Abdul. al-H{uffa>dz wa al-Muh}addits. Beirut: Da>r al-Sunnah, t.th.

Zarkasyi> (al), Badruddi>n Muh}ammad bin ‘Abdulla>h. al-Burha>n fi> ‘Ulu>m al-Qur’a>n, ed. Muh}ammad Abu> Fad}l Ibra>hi>m. Kairo: Maktabah Da>r al-Tura>ts, 1984.




DOI: http://dx.doi.org/10.51900/ias.v4i1.11108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information
  • For Readers
  • For Authors
  • Journal History

Ibn Abbas: Jurnal Ilmu Alquran & Tafsir
e-ISSN: 2620-7885
Website: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ibnabbas
Email: s2iat@uinsu.ac.id
Published by: UIN SU Medan
Office: UIN Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pancing Medan, Pasar V Medan Estate» Tel /fax : 0616622925 /