PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI DAN KETERAMPILAN MENYELESAIKAN MASALAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 1 KOTA TEBING TINGGI

Fathul Jannah Rangkuti

Abstract


Abtract:The res earch aimed to know the influence of group counseling service to improve selfconfidence
and problem solving skill of Senior High School State 1 Students in Tebing Tinggi.
This is quantitative research with experimental characteristic or quasi experimental design and
used one group pre-test and post-test method. Populations in this research are 10 grade students
at Senior High School State 1 Tebing Tinggi and sample in this research chose with cluster
sampling method. From that sample method, researcher chose X Science 3 and X Sosial 2 as
samples. In this research, data collection mean used questionnaire for self-confidence variable
(Y1) and PTSDL Instrument for Reveals Problem series Senior High School format for problem
solving skill variable (Y2). Data analysis technique used wilcoxon test and friedman test with
SPSS version 20.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok
terhadap peningkatan rasa percaya diri dan keterampilan menyelesaikan masalah pada siswa
di SMA Negeri 1 Kota Tebing Tinggi.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan
menggunakan pendekatan quasi eksperimental design dan menggunakan metode two group
pre-test and post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota
Tebing Tinggi yang berjumlah 249 orang dan sampel penelitian dipilih dengan menggunakan
metode cluster sampling sehingga diperoleh kelas X IPA 3 dan X IPS 2. Dalam penelitian ini
instrumen pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel rasa percaya diri (Y1) dan
Alat Ungkap Masalah (AUM) seri PTSDL format SMA untuk variabel keterampilan menyelesaikan
masalah (Y2). Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon dan uji friedman dengan menggunakan
aplikasi SPSS versi 20.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Angelis. Meningkatkan Percaya Diri. Jakarta: Tp. 2003.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2006.

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. 2009.

Azwar, S. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2007.

Badawi, Ahmad. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1998.

Bakar, Abu. Dasar-Dasar Konseling. Bandung: Citapustaka Media Perintis. 2010.

Bungin, Burhan. Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana. 2010.

Carson, J. A Problem with Problem Solving: Teaching Thinking Without Teaching Knowledge. Tp: Ttp. 2007.

Ary, Donald. Dkk. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan terjemahan Furchan, Arief. Surabaya: Usaha

Nasional. 1982.

Garna, Yudistira K. Metode Penelitian Pendekatan Kualitatif. Bandung: Primaco Akademika. 1999.

Geldard, Kathryn dan Geldard, David. Konseling Remaja. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2011.

Ghufron, M. Nur dan S., Rini Risnawati. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media. 2011.

Hakim, Thursan. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara. 2005.

Hamalik, Oemar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 1994.

Iswidharmanjaya, Dery. Satu Hari Menjadi Lebih Percaya Diri. Jakarta: Media Komputindo. 2004.

Jacobs. Group Counseling Strategies and Skills. Virginia: Cengange Learning. 2008.

Juntika, Ahmad. Bimbingan Dan Konseling. Bandung: Refika Aditama. 2006.

Kerlinger, Fred N. Foundation of Behavioral Research. New York: Holt. Rinehart and Winston. 1966.

Latipun. Psikologi Konseling. Malang: UMM Press. 2001.

Lie, Anita. 101 Cara Menumbuhkan Percaya Diri Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo. 2003.

Lindenffield, Gael. Mendidik agar Anak Percaya Diri: PedomanBagi Orangtua terjemahan Ediati Kamil.

Jakarta: Arcana. 1997.

Lovitt, TC. Indroduction to Learning Disabilities. Boston: Mandala. 1989.

Marwati. Kepercayaan Diri dan Kecemasan dalam Komunikasi Interpersonal. Jakarta: Khalifa. 2001.

Mugiarso, Heru. Dkk. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UNNES Press. 2006.

Panuju, Panut dan Umami, Ida. Psikologi Remaja. Yogyakarta: Tiara Wacana. 2005.

Poerwadarminta, W. J. S. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 1991.

FATHUL JANNAH RANGKUTI: PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK

Polya, G. On Solving Mathematical Problems in High School. New Jersey: Princeton Univercity Press. 1980.

Prayitno. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok: Dasar dan Profil. Jakarta: Ghalia Indonesia. 1995.

Prayitno. Buku III Pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMU. Jakarta: Bina Sumber Daya MIPA. 1997.

Prayitno. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta. 2004.

Prayitno. Layanan L.1-L.9. Padang: Universitas Negeri Padang. 2004.

Prayitno dan Ami, Erman. Dasar-dasar Bimbingan Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta. 2004.

Putra, Sitiatava Rizema. Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja. Yogyakarta: Diva Press. 2013.

Rahmad, Jalaluddin. Metode penelitian. Bandung: Remaja Rosdakarya. 1985.

Romlah, Titik. Teori Dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: UNM. 2001.

Saebani, Beni Ahmad. Metode Penelitian. Bandung: Pustaka Setia. 2008.

Santrock, J.W. Adolescense: Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga. 2003.

Sedanayasa, Gede. Dkk. Dasar-Dasar Bimbingan Konseling. Singaraja:Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas

Ilmu Pendidikan Undiksha. 2010.

Siegel, Sidney. Statistik Nonparametrik: Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Gramedia. 2011.

Silitonga, Pasar Maulim. Statistik: Teori dan Aplikasi dalam Penelitian. Medan: FMIPA Unimed. 2011.

Sirodj, Sjahudi. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Sidoarjo: Duta Aksara. 2010.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta. 1990.

Soemanto, Wasti. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 1998.

Stoner, James AF. Principal of Managemen II Edition. Ttp: Prentice-Hall. 1982.

Sudjana. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito. 2001.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2013.

Sugiyono, Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2015.

Suryabrata, Sumadi. Masalah Sosial dan Pembangunan. Jakarta: Dunia Pustaka. 1994.

Sutoyo, Anwar. Bimbingan dan Konseling Islami: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2013.

Syahrum dan Salim. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Ciptapustaka Media. 2009.

Tirtaraharja, Umar dan Sula, La. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Tohirin. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Rajawali Pers. 2007.

Walgito, Bimo. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta: Andi. 1982.

Yusuf, Syamsu. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i2.953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.