PEMBINAAN AKHLAK DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN PADA PROGRAM KEPRAMUKAAN DI SMK TARBIYAH ISLAMIYAH HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG

Toni Syahputra

Abstract


ABSTRACT: This study aims to determine: (1) Implementation of religious activity, (2) the values of
moral education, and (3) development of student character in the scouting program at SMK Tarbiyah
Islamiyah Hamparan Perak. Methodologically this study is a qualitative research trying to find, analyze
and interpret the data found through the study of documents, interviews and observations. Data has
been collected through the standard validity checked the validity of the data in the form of trustworthiness.
Data analysis technique is to reduce, presenting research results and make conclusions. The
results of this study there are three, namely: First, religious activities in the scouting program at SMK
Islamiyah Tarbiyah Hamparan Perak implemented through four branches of activity, namely: weekly
preaching, Islamic Spiritual (Rohis), Musabaqah Tilawal Quran (MTQ) and visit the mosque. Second,
the values of moral education in religious activities in the scouting program at SMK Tarbiyah Islamiyah,
among others: karimah morals, spirituality attitude, empathy, solidarity and socio-civic spirit of students
to interact with the outside world. Third, the moral development of students in religious activities
in the scouting program at SMK Islamiyah Tarbiyah Hamparan Perak dominated by the application of
three methods: method of conversation/dialogue, methods of habituation and practice as well as exemplary
methods.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan kegiatan keagamaan, (2) nilai-nilai pendidikan
akhlak dan (3) pembinaan akhlak siswa dalam program kepramukaan di SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan
Perak. Secara metodologis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan berupaya mencari, menganalisis
dan membuat interpretasi data yang ditemui melalui studi dokumen, wawancara dan pengamatan. Data
yang telah dikumpulkan diperiksa keabsahannya melalui standar keabsahan data berupa keterpercayaan.
Teknik analisa data adalah mereduksi, menyajikan dan membuat kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian
ini ada tiga, yaitu: Pertama, kegiatan keagamaan pada program kepramukaan di SMK Tarbiyah Islamiyah
Hamparan Perak dilaksanakan melalui empat cabang kegiatan, yaitu: dakwah mingguan, Rohani Islam
(Rohis), Musabaqah Tilawal Qur’an (MTQ) dan kunjungan masjid. Kedua, Nilai-nilai pendidikan akhlak
dalam kegiatan keagamaan pada program kepramukaan di SMK Tarbiyah Islamiyah, antara lain: akhlak
karimah, sikap spiritualitas, empati, solidaritas dan jiwa sosial-kemasyarakatan siswa dalam berinteraksi
dengan dunia luar. Ketiga, pembinaan akhlak siswa dalam kegiatan keagamaan pada program kepramukaan
di SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak didominasi oleh penerapan tiga metode, yaitu: metode
percakapan/dialog, metode pembiasaan dan pengamalan serta metode keteladanan.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Achmad, Mudlor, Etika Dalam Islam. Surabaya : Al-Ikhlas, t.t.

Amin, Ahmad, Etika. Jakarta: Bulan Bintang, 2001.

Anshari, Endang Saifuddin, Kuliah Al-Islam. Bandung: Pustaka, 2000.

FAEUDZUIA RHI:L IIMGPILAE:M VEoNl.T A1S NI oK.O 2N SAEpLrIiNl-GJu InSiL 2A0M1I7 DALAM MEMBINA KEPRIBADIAN SISWA

Ardani, Moh., Akhlak-Tasawuf. Jakarta: CV. Karya Mulia, 2005.

Aqsha, Darul, K.H. Mas Mansur: Perjuangan dan Pemikiran. Jakarta: Erlangga, t.t..

A.M., Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Departemen Agama RI., Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: Syaamil, 2003.

Departemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang

Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2003.

___________, Konsep Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Departemen

Pendidikan Nasional, 2005.

___________, Model Silabus dan Rencana Pelaksanaan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2002.

___________, Pedoman Pendidikan Agama Islam Madrasah. Jakarta: Departemen Agama RI., 2003.

___________, Peraturan Pemerintah RI No. 17 Tentang Pengelolaan dan penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta:

Dirjend. Dikdasmen, 2003.

Hamka, Lembaga Budi. Jakarta: Panjimas, 2001.

Hasan, Maimunah, Rumah Tangga Muslim. Yogyakarta: Bintang Cemerlang, 2000.

Jamaluddin, Pembelajaran Yang Efektif. Jakarta: Departemen Agama RI., 2002.

Kompri, Manajemen Pendidikan: Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Jakarta: Ar-Ruz Media,

, cet. 1.

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Gerakan Pramuka: Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga

Berdasarkan Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Nomor: 11/Munas/2013.

Jakarta: Kwarnas Gerakan Pramuka, 2013.

Mahjudin, Kuliah Akhlak Tasauf. Jakarta: Kalam Mulia, 2001.

Mahmud, Ali Abdul Halim, Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani Press, 2004.

MMP PKS, Memperjuangkan Masyarakat Madani. Jakarta: MPP PKS, 2008.

Muchtar, Muchlis, Diklat kepramukaan dan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan bagi Guru-Guru

Se-Kabupaten Deli Serdang. Lubuk Pakam: Gerakan Pramuka Kwarcab Deli Serdang, 2012.

Mulyana, Rohmat, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2003.

Muslihan, Eneng, Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Diadit Media, 2011.

Redaksi Karya Anda, Kamus Internasional Populer. Surabaya: Karya Anda, t.t.

Sofian, Pentingnya Pramuka di sekolah. Lubuk Pakam: Gerakan Pramuka Kwarcab Deli Serdang, 2012.

Sunardi, Andri Bob, Boyman: Ragam Latih Pramuka. Bandung: Nuansa Muda, 2013.

Surjadi, Ida farida (ed.), Mengenal Gerakan Pramuka. Jakarta: Erlangga, 2012.

Thaib, Ismail, Risalah Akhlak. Yogyakarta: CV. Bina Usaha, 2001.

Wikimedia Foundation Inc., “Sejarah Gerakan Pramuka Indonesia”, http://www.wikimedia.com/

-8- 1998/html.

Yunus, Mahmud, Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Hidakarya, t.t.

Zuchdi, Damiyati, dkk., Model Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i2.952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.