KONTRIBUSI INOVASI PEMBELAJARAN GURU PAI DAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD SWASTA HARAPAN 3 KEC. DELI TUA KAB. DELI SERDANG

Mistasunarya Sunarya

Abstract


Abstrak: This research generally aims to determine how the contribution of learning innovations Islamic religious education teachers and teaching effectiveness to student learning outcomes. The detailed purpose of this study was to determine (1) Contributions innovative learning teacher of Islamic education on student learning outcomes, (2) Contributions effectiveness of learning on stu-dent learning outcomes, and (3) the contribution of learning innovation teacher of Islamic education and the effectiveness of learning together the learning outcomes of students in private elementary Hope 3 district Deli Tua Regency Deli Serdang. This research can be classified into quantitative re-search, which in this study much is required to use statistics, from data collection, interpretation of these data and the appearance of the results in order to test a theory that connects between reality social there. Data obtained through the questionnaire is given to respondent previously been deter-mined as samples, in addition to the provision of test/ questionnaire and documentation. In this study, there are three variables, namely innovation, contributing variables Islamic religious education teach-ers (X1), the effectiveness of learning (X2) and student learning outcomes (Y).
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi inovasi pembelajaran dan efektifitas pembelajaran guru pendidikan agama Islam terhadap hasil belajar siswa. Adapun secara terperinci tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Kontribusi inovasi pembelajaran guru pendidikan agama Islam (PAI) terhadap hasil belajar siswa, (2) Kontribusi efektifitas pembelajaran terhadap hasil belajar siswa, dan (3) kontribusi inovasi pembelajaran guru pendidikan agama Islam (PAI) dan efektifitas belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa di SD swasta Harapan 3 Kec. Deli Tua Kab. Deli Serdang. Penelitian ini dapat di golongkan ke dalam penelitian kuantitatif, di mana dalam penelitian ini banyak dituntut menggunakan angka-angka statistik, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut serta penampilan dari hasilnya dengan tujuan untuk menguji suatu teori yang menghubungkan antara kenyataan sosial yang ada. Data yang diperoleh yaitu melalui penyebaran angket yang diberikan kepada responden yang sebelumnya sudah ditentukan sebagai sampel penelitian, selain itu pemberian tes/ kuesioner dan juga dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat tiga variabel, yaitu variabel kontibusi inovasi guru pendidikan agama Islam (X1), efektifitas pembelajaran (X2) dan hasil belajar siswa (Y)
Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran dan Efektitas Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian; Suatu pendekatan Praktik (Jakarta: Rineka Cipta, Cet-15, 2014.

Azra, Azumardi. Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Logos Wacana

Ilmu, 1999.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Hasbullah. Dasar-dasar Ilm Pendidikan. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2008.

Idris, Zahara. dan Lisma Jamal. Pengantar Pendidikan 2. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, 1992.

Ihsan, Puad. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

EDU-RILIGIA Vol. 1 No. 2 April-Juni 2017

Muhaimin. Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Jakarta: LP3ES, 2003.

Nawawi, Hadari. Meningkatkan Hasil Belajar. Yogyakarta: Bina Aksara, 2000.

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Rusdiana, H. A. Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2014.

Sudjana, Nana Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaefruddin Sa’ud, Udin. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.

Syafaruddin, et. al., Inovasi Pendidikan: Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan. Medan: Perdana Publishing, 2012.

Syah, Muhibbin . Psikologi Belajar (Jakarta: Rineka Cipta, 2001), h. 87.

Trianto Ibnu Badar Al-Tabany. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual (Jakarta:

Kencana, 2014), h. 21.

Wijaya, Cece. et. al., Upaya Pembaharuan dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1991

Yusuf, Choirul Fuad (Ed). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (SMP)Jakarta: Pena Citasatria, 2007.

Yusuf, Rusli. Landasan Pendidikan; Pendidikan dan Investasi Sosial dalam Pembentukan Masyarakat Madani.

Banda Aceh: Syiah Kuala University Press, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v1i2.933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.