MENANAMKAN KARAKTER KEMANDIRIAN PADA SAAT BELAJAR PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 02 BELAWAN (Studi Kasus Selama Masa Pandemi Corona Virus Diseases 19)

OK.M. Daniel Syahindra, Siti Khadijah, Dahliah, Siti Aisyah

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah guna memootret bagaimana menanamkan nilai-nilai kemandirian pada saat belajar dirumah yang dilaksanakan oleh TK. Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Belawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil dari penelitian ini di TK. Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Belawan menanamkan nilai-nilai karakter kemandirian melalui tugas dan materi yang di berikan oleh guru, serta peran penting dari orang tua murid.

Keyword: Internalisasi, Karakter dan Pandemi


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Bogdan, Robert. C. dan Sari Knopp Biklen, Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, Boston: Allyn and Bacon, Inc, 1982.

Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa, oleh Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, 2010.

Damayanti, Deni. Panduan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Araska. 2014.

Dokumen visi misi dan tujuan TK. Aisyiyah Bustanul Athfal 02 Belawan

Fitri, Agus Zaenal. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. 2012.

Mona, N. Konsep Isolasi dalam Jaringan Sosial untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona di Indonesia), Jurnal Sosial Humaniora Terapan Vol. 2 No. 2 Tahun 2020.

Mulyasa, E. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.

Muslich, Masnur. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensial. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Putra, Nusa. dan Ninin Dwilestari, Penelitian Kualitatif Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta: Rajawali Press, 2012.

Syafaruddin, (et al). Inovasi Pendidikan (Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan. Medan: Perdana Publishing, 2010.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2000.

UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3

Wawancara dengan guru TK. Bustanul Athfal 02 Belawan, Ibu Elda Afrilia pada tanggal 2 September 2020.

Wawancara dengan guru TK. Bustanul Athfal 02 Belawan, Ibu Patimah Syam pada tanggal 2 September 2020.

Wawancara dengan guru TK. Bustanul Athfal 02 Belawan, Ibu Siti Aisyah pada tanggal 2 September 2020

Wawancara dengan Kepala Sekolah TK. Bustanul Athfal 02 Belawan Ibu Aini, S.Pd pada tanggal 2 September 2020.

Internet

BBC News Indonesia https://www.bbc.com/indonesia/dunia-54200873. diakses pada tanggal 20 oktober 2020.

Data di akses di https://covid19.go.id tanggal 22 Oktober 2020.

Data di akses di https://covid19.pemkomedan.go.id tanggal 22 Oktober 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v4i2.8247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.