PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTs DARUL HIKMAH TPI MEDAN

Shomali Kurniawan Sibuea, Syaukani, Wahyudin Nur Nasution

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan model Discovery Learning dalam pembelajaran SKI di MTs Darul Hikmah TPI Medan; 2) Pelaksanaan model Discovery Learning dalam pembelajaran SKI di MTs Darul Hikmah TPI Medan; 3) Kelebihan dan kekurangan model Discovery Learning dalam pembelajaran SKI di MTs Darul Hikmah TPI Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah MTs Darul Hikmah TPI Medan. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua macam, yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan model Discovery Learning dalam pembelajaran SKI di MTs Darul Hikmah TPI Medan mengacu kepada komponen input pembelajaran meliputi persiapan pembelajaran terdiri dari silabus pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tujuan pembelajaran, metode pembelajaran serta media, alat, dan sumber pembelajaran; 2) Pelaksanaan model Discovery Learning dalam pembelajaran SKI di MTs Darul Hikmah TPI Medan mengacu kepada komponen proses pembelajaran merujuk pada teori aplikasi model pembelajaran Discovery Learning yaitu terdiri dari Stimulation (Kegiatan memberi rangsangan), Problem statement (identifikasi masalah), Data Collection (Pengumpulan Data), Data Processing (Pengolahan Data), Verification (Pembuktian), dan Generalization (Menarik Kesimpulan); 3) Adanya kelebihan dan kekurangan pada penerapan model Discovery Learning dalam pembelajaran SKI di MTs Darul Hikmah TPI Medan yang mempengaruhi aktivitas pembelajaran di kelas. Pertama, dilihat dari segi kelebihannya yang meliputi: a) Berpusat pada peserta didik dan guru berperan sama-sama aktif mengeluarkan pendapat-pendapat dalam ruangan; b) Meningkatkan kemampuan penalaran peserta didik dan kemampuan berfikir bebas; c) Menimbulkan rasa senang pada peserta didik, praktis, mudah dalam pelaksanaan dan tindak lanjutnya; d) Mendukung kemampuan problem solving peserta didik dan lain sebagainya. Kedua, dilihat dari segi kekurangannya yaitu menyita banyak waktu.

 

ABSTRACT: This study aims to find out: 1) The planning of Discovery Learning model in learning History of Islam at MTs Darul Hikmah TPI Medan; 2) The application of Discovery Learning model in learning History of Islam at MTs Darul Hikmah TPI Medan; 3) The advantages and disadvantages of Discovery Learning model in learning History of Islam at MTs Darul Hikmah TPI Medan. This research is a type of qualitative research. The location of research at MTs Darul Hikmah TPI Medan. Sources of data in this study is divided into two kinds are primary sources and secondary sources. Data collection techniques with observation, interviews and documentation. Test the validity of data with triangulation. While data analysis with data reduction, presentation of data, conclusion drawing, and verification. The results showed that: 1) The planning of Discovery Learning model in learning History of Islam at MTs Darul Hikmah TPI Medan refers to the learning input component including learning preparation consisting of a learning syllabus, Learning Implementation Plan (RPP), learning objectives, learning methods and media, tools, and learning resources; 2) The implementation of the Discovery Learning model in SKI learning at MTs Darul Hikmah TPI Medan refers to the learning process component referring to the application theory of the Discovery Learning learning model that consists of stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification, and generalization; 3) There are some advantages and disadvantages in Implementation of Discovery Learning model in learning History of Islam subjects at MTs Darul Hikmah TPI Medan that affect learning activities in the classroom. Firstly, in terms of its advantages include : a) Centered on students and teachers participating actively in issuing opinions in the room; b) Improving students' reasoning ability and free thinking ability; c) Create a sense of fun to learners, practical, easy in the implementation and follow-up; d) Support problem solving ability learners and so forth. Secondly, in terms of its disadvantage is taking up a lot of time.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Akbar, Sa’dun, Instrumen Perangkat Pembelajaran, Cet. I, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Budianingsih, Asri, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Dahar, Ratna Wilis, Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Erlangga, 2011.

Darsono, Max, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Daradjat, Zakiah, Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Junaedi. dkk, Strategi Pembelajaran edisi pertama paket 1 – 7, Learning assistance Program for Islamic School Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2008.

M. Dalyono, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Roestiyah, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2001.

Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo persada, 1998.

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Cet. II Jakarta: Prenada Media Group, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.