PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN ISLAM DI SMA PLUS 1 AL-AZHAR MEDAN JOHOR KOTA MEDAN

Muhammad Rusdi, Saiful Akhyar Lubis, Budiman

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Apa saja nilai-nilai  agama  Islam yang di tanamkan dalam pembelajaran  di SMA Plus Al-Azhar  Medan Johor Kota Medan. 2) Bagaimanakah penanaman nilai-nilai agama Islam dalam pembelajaran di SMA Plus Al-Azhar Medan Johor Kota Medan. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman  nilai-nilai agama Islam dalam pembelajaran  di SMA Plus Al-Azhar Medan Johor Kota Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara/interview dan  dokumentasi. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan  triangulasi yang memanfaatkan penggunaan metode, kemudian teknis analis data dilakukan dengan cara reduksi data (data reduction),  penyajian data (data display) dan verifikasi (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Nilai agama  Islam yang di tanamkan dalam pembelajaran agama Islam di SMA Plus Al-Azhar  Medan Johor Kota Medan, yaitu: membuat peserta didik menjadi cinta ibadah, berakhlak mulia, dan berwawasan keislaman. 2) Penanaman nilai agama Islam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Plus Al-Azhar Medan Johor Kota Medan melalui program kurikulum PAI,  program ekstrakurikuler di sekolah. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman  nilai agama Islam dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Plus Al-Azhar Medan Johor Kota Medan  terlihat dari keterbatasan waktu, siswa berbeda-beda dan masalah lingkungan.

 

Kata Kunci: Penanaman, Nilai, Islam.

 

 

ABSTRACT: This study aims to analyze: 1) what is the values of Islamic Religion which is indoctrinating through learning islamic studies at Al-Azhar Plus High School Medan Johor Medan City? 2) how is indoctrinating Islamic values through learning Islamic studies at Al-Azhar Plus High School Medan Johor Medan City? And 3) what is the supporting and inhibiting factors of indoctrinating Islamic values through learning Islamic studies at Al-Azhar Plus High School Medan Johor Medan City? This research is a type of qualitative field research using the method of observation, interviews / interviews and documentation. In checking the validity of the data using triangulation that utilizes the use of methods, then technical data analysis is done by data reduction, data presentation and verification (conclusion drawing).  The results of this research show that: 1) The value of Islamic religion which is instilled in the learning of Islam in the Al-Azhar Plus High School Medan Johor, Medan City, namely: making students love worship, noble character, and Islamic outlook. 2) Planting Islamic religious values in learning Islamic religious education at Al-Azhar Medan Johor High School Medan City Medan through the PAI curriculum program, extracurricular programs at schools. 3) Supporting and inhibiting factors in the inculcation of Islamic religious values in the learning of Islamic education in the Al-Azhar Plus High School Medan Johor, Medan City can be seen from the limitations of time, different students and environmental problems.

Keywords: Indoctrinating, Value, Islamic.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alim, Muhammad, Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.

Bakar, Abu Ahmad bin Al-Husain bin Ali bin Musa, Sunan Al-Baihaqi, Beirut: Dar al-Fikri, t.t.

Dradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005.

Toha, Chabib, Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.