MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS WAKAF DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AS-SUNNAH DELI SERDANG

Nursyahrul Ritonga, Achyar Zein, Mesiono

Abstract


Abstrak: kemajuan pendidikan erat kaitannya dengan manajemen pendidikan di mana ketika proses
perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dilakukan dengan baik akan menghasilkan
pendidikan yang berkualitas. Sebaliknya jika salah satu maupun keseluruhan dari aspek manajemen
pendidikan tidak dirancang dengan baik maka akan menghasilkan kualitas pendidikan yang kurang
baik pula. Salah satu aspek manajemen pendidikan itu adalah pembiayaan. Pembiayaan pendidikan
memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pendidikan. Proses belajar mengajar akan berjalan
secara maksimal apabila tujuan yang akan dicapai memenuhi persyaratan yang telah ditentukan
sesuai dengan perencanaan. Dalam segala upaya pencapaian tujuan pendidikan, biaya dan pembiayaan
pendidikan memiliki peranan yang sangat menentukan. Hampir tidak ada upaya pendidikan yang
dapat mengabaikan peranan biaya, sehingga dapat dikatakan bahwa tanpa biaya, proses pendidikan
belum bisa berjalan secara maksimal. Dalam studi pendahuluan penulis ke Sekolah Tinggi Agama
Islam As-Sunnah Deli Serdang ditemukan manajemen pembiayaan pendidikan yang berbeda dengan
lembaga pendidikan pada umumnya yakni sumber pembiayaannya. STAIS As-Sunnah Deli Serdang
melaksanakan seluruh proses pendidikan dengan sumber pembiayaan yang berasal dari wakaf. Fasilitas
dan sarana pendidikan mulai dari tanah, gedung belajar, kantor administrasi, asrama, perpustakaan,
laboratorium, mesjid, dan fasilitas olahraga semuanya bersumber dari dana wakaf. Biaya operasional
seperti gaji pendidik, gaji pegawai, uang makan peserta didik, dan biaya-biaya lainnya juga berasal
dari wakaf. Sedangkan lembaga-lembaga pendidikan Islam lainya, hanya sebagian yang memanfaatkan
wakaf seperti tanah dan bangunan sementara biaya operasionalnya masih mengandalkan dari peserta
didik dan bantuan baik dari pemerintah maupun swasta. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
perencanaan anggaran pendapatan dan belanja dana wakaf, implementasi dana wakaf, dan pembiayaan
pendidikan dana wakaf di Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah Deli Serdang. Penilitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data penelitian yang dilakukan
adalah dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan
dengan cara mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik penjamin
keabsahan data dengan cara triangulasi data, transferabilitas dan konfirmabilitas.
Kata Kunci: Manajemen, Pembiayaan, Wakaf.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alquran dan Terjemahnya.

Amtu, Onisimus.Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah: Konsep, Strategi dan Implementasi.

Bandung: Alfabeta, 2011.

Departemen Agama RI.Pedoman Pengelolan Wakaf Tunai. Jakarta: Direktorat Pemberdayaan Wakaf

Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, 2006.

Fattah, Nanang. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Moleong, Lexy. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Nata, Abuddin. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2010.

Peraturan Badan Wakaf Indonesia Nomor 2 Tahun 2009, Pasal 3, Jakarta, 2009.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2012.

Rusdiana. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Saefullah. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Sulistiyorini.Manajemen Pendidikan Islam: Konsep, strategi, dan Aplikasi. Yogyakarta: Teras, 2009.

Sulitiani, Siska Lis. Pembaruan Hukum Wakaf di Indonesia. Bandung: Refika Aditama, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.