SISTEM PEMBELAJARAN KITAB KUNING DI PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH MEDAN

Hazlina Agustina, Hasan Asari, Zulheddi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan: 1) model pembelajaran
kitab kuning di Pondok Pesantren Darul Hikmah Medan, 2) faktor yang mendukung sistem pembelajaran
kitab kuning di Pondok Pesantren Darul Hikmah Medan, 3) faktor yang menghambat sistem pembelajaran
kitab kuning di Pondok Pesantren Darul Hikmah Medan, serta 4) solusi yang dapat ditempuh untuk
mengatasi faktor penghambat sistem pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Darul Hikmah
Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan dengan menggunakan motode
analisis-deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara
(interview), serta studi dokumentasi. Setelah dilakukan penelitian, maka peneliti menyimpulkan bahwa,
1) model pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Darul Hikmah Medan meliputi: hafalan atau
menghafal,weton ataubandongan,sorogan, serta modelmuzakarah atau musyawarah, 2) faktor yang
mendukung sistem pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Darul Hikmah Medan, meliputi
keinginan untuk mengetahui dan mendalami kitab kuning dari santri atau santriwati ketika pelaksanaan
pembelajaran kitab kuning diterapkan, persiapan santri atau santriwati sebelum pembelajaran dimulai,
penyediaan media pembelajaran yang cukup memadai, meskipun tidak begitu lengkap tetapi bisa
digunakan untuk menunjang proses pembelajaran, 3) faktor yang menghambat sistem pembelajaran
kitab kuning di Pondok Pesantren Darul Hikmah Medan, meliputi latar belakang pendidikan santri
yang berbeda, metode dan model pengajaran yang terkesan membosankan, banyaknya orang tua
lebih melirik janji sekolah apabila santri atau santriwati itu tamat kemudian orang tua sekarang lebih
melihat Alquran sehingga menyekolahkan anaknya di pondok pesantren tahfizh, pola pikir santri yang
sudah terbentuk bahwa belajar kitab kuning sulit sekali, kitab-kitab terjemahan yang mulai hadir sehingga
memanjakan pembacanya, masuknya program pendidikan umum ke dalam kurikulum lembaga pendidikan
pondok pesantren, 4) solusi dalam mengatasi faktor penghambat tersebut, meliputi menjalankan aturanaturan
atau undang-undang yang telah ditetapkan oleh pesantren, menjalankan kurikulum sesuai dengan
yang semestinya, lebih menekankan kepada model praktek dan bimbingan pembelajaran kitab kuning
di luar dari pelajaran formal, mengutus santri atau santriwati yang berbakat dalam pembelajaran kitab
kuning untuk mengikuti perlombaan kitab kuning (MQK) agar memotivasi dan menarik minat santri
yang lainnya, ustaz atau ustazah memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada santri seputarnahwu
saraf ketika pembelajaran berlangsung, dan selalu melakukan model sorogan atau setoran kepada
ustaz atau ustazah, murid membacakan kitab kuning dihadapan ustaz atau ustazah.
Kata Kunci: problematik, Pendidikan Tinggi Kader Ulama, Majelis Ulama Indonesia

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Afandi, Muhamad, dkk.,Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah, Cet I, (Semarang: UNISSULA

Press, 2013)

Arsip Buku Data Santri atau santriwati Pondok Pesantren Darul Hikmah Medan

Aziz, Moh. Ali, dkk.,Dakwah Pemberdayaan Masyarakat, (Yogyakarta: Pustaka Pesantren, 2005)

Azra, Azyumardi,Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Millenium Baru, (Jakarta: Logos

Wacana Ilmu, 2002)

Bawani, Imam,Tradisionalisme Dalam Pendidikan Islam, Cet I, (Surabayah: Al-Ikhlas, 1993)

Bruinessen, Martin Van,Kitab Kuning: Pesantren dan Tarekat, (Bandung: Mizan, 1995)

Dahlan, Abdul Aziz,Suplemen Ensiklopedi Islam, (Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve, 2002)

Hasan, Muhammad Tholhah,Islam dalam Persepektif Sosio Kultural, (Jakarta: Lantabora Press, 2005)

Matondang, Husnel Anwar,Metode Efektif Membaca Kitab Kuning, (Medan: BKM. Muslimin, 2003)

Muhaimin,Pemikiran Pendidikan Islam, (Bandung: Trigenda Karya, 1993)

Rahardjo, M. Darwam,Pergulatan Dunia Pesantren, (Jakarta: P3M, 1985)

Ramayulis,Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2008)

Soenarya, Endang,Pengantar Teori Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem, (Yogyakarta:

Adicita Karya Nusa, 2000)

Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad,Belajar dengan Pendekatan PAIKEM, (Jakarta: Bumi Aksara,

Uno, Hamzah B.Model Pembelajaran, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)

Wawancara dengan Amar Adly, Guru di Pondok Pesantren Darul Hikmah, wawancara di Medan, tanggal

Januari 2019

Wawancara dengan Somali, Ustaz Pembimbing Pondok Pesantren Darul Hikmah Medan, pada tanggal

November 2018

Wawancara dengan Somali, Ustaz Pembimbing Pondok Pesantren Darul Hikmah Medan, pada tanggal

November 2018

Zuhairini,Sejarah Pendidikan Islam, (Jakarta:Bumi Aksara, 1995)

Zuharini, et. al,Metodologi Pendidikan Agama, (Solo: Ramadhani, 1991)




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v3i2.4803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.