BAYT AL-HIKMAH: SEJARAH TRANSMISI ILMU PENGETAHUAN ANTAR PERADABAN

Husni Laili, Hasan Asari, Siti Zubaidah

Abstract


Abstract: This research aims to analyze: 1) to know the history of socio-intellectual establishment of Bayt al-
Hikmah 2) to determine the collection of books Greece in Bayt al-Hikmah 3) to determine the translation in
Bayt al-Hikmah and 4) to determine the theme -theme works translated in Bayt al-Hikmah. This research
uses qualitative research data collection is done through library research (library research) using historical
and sociological approach. The results of this study show that: 1) social and intellectual history of the establishment
of Bayt al-Hikmah, politically supported their stand family of Barmak-Persians, religiously at this
time the strong flow of Mu’tazila then to the development of government science and society have the same
vision 2) the collection of books Greece in Bayt al-Hikmah can be done in various ways, among others, sent
envoys Islam to a foreign country and buy it as Constantinople, the result of the conquest of a country such as
Byzantium and Persia, also taking jizya (tax payments) were sometimes must be paid to book 3) Translating
in Bayt al-Hikmah done in two steps. The first foreign-language manuscripts translated into the language of
ancient Syria and then in the second stage was translated into Arabic. Additionally translators provide Ta’liq
(comment) on these books and writing such as context-adjust, enhance and correct any errors shortage. 4)
The themes of the works translated in Bayt al-Hikmah are generally preferred in practical science such as
medicine, mathematics, astrology, astronomy and philosophy derived from Plato as Thatetus, Aristotle as
Categoriae, Hellenism Roman as Poimandres and Neo-Platonism like Enneads and many more.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) untuk mengetahui sejarah sosial-intelektual pendirian
Bayt al-Hikmah 2) untuk mengetahui pengumpulan buku-buku Yunani di Bayt al-Hikmah dan 3)
untuk mengetahui penerjemahan di Bayt al-Hikmah dan 4) untuk mengetahui tema-tema karya
yang diterjemahkan di Bayt al-Hikmah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan
data dilakukan melalui riset kepustakaan (libarary research) dengan menggunakan metode sejarah
dan pendekatan sosiologis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Sejarah sosial-intelektual
pendirian Bayt al-Hikmah, secara politis berdiri didukung adanya keluarga Barmak-orang-orang
Persia, secara agama pada masa ini kentalnya aliran Mu’tazilah kemudian untuk pengembangan
ilmu pengetahuan pemerintah dan masyarakat memiliki visi yang sama 2) Pengumpulan bukubuku
Yunani di Bayt al-Hikmah dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain mengirim utusan
Islam ke negeri asing dan membelinya seperti Konstatinopel, hasil penaklukan sebuah negara seperti
Byzantium dan Persia, juga pengambilan jizyah (pembayaran pajak) yang terkadang wajib dibayar
dengan buku 3) Penerjemahan di Bayt al-Hikmah dilakukan dengan dua langkah. Pertama manuskrip-manuskrip berbahasa asing diterjemahkan ke dalam bahasa Syiria kuno kemudian pada tahap
kedua diterjemahkan kedalam bahasa Arab. Selain itu penerjemah memberikan ta’liq (komentar)
terhadap kitab-kitab tersebut serta menukilnya seperti menyesuaikan konteks, menyempurnakan
kekurangan dan mengoreksi setiap kesalahan. 4) Tema-tema karya yang diterjemahkan di Bayt
al-Hikmah secara umum lebih diutamakan pada ilmu praktis seperti kedokteran, matematika,
astrologi, astronomi dan filsafat yang berasal dari karya Plato seperti Thatetus, Aristoteles seperti
Categoriae, Hellenisme Romawi seperti Poimandres dan Neo-Platonisme seperti Enneads.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Amin, Ahmad ,Dhuha al-Islam, Jilid II. Kuala Lumpur: Dewan bahasa dan Pustaka, 1997.

Asari, Hasan, Menyingkap Zaman Keemasan Islam: Kajian Atas Lembaga-Lembaga Pendidikan.

Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2013.

___________, Menguak Sejarah Mencari ‘Ibrah: Risalah Sejarah Sosial-Intelektual Muslim Klasik.

Bandung: Citapustaka Media, 2006.

Al-Suyûthî, Jalâl al-Dîn, Târîkh al-Khulafâ’, ditahqîq Ahmad Ibrâhim Zahwah & Sa‘îd ibn Ahmad al-

‘Aidrusi. Beirut: Dâr al-Kitâb al-‘Arabî, 2006.

Al-Farabi, Mohammad, Bayt Al-Hikmah: Institusi Awal Pengembangan Tradisi Ilmiah Islam, Jurnal

Miqot Vol. XXXVII, No. 1 Januari-Juni 2013.

As-Sirjani, Raghib, Sumbangan Peradaban Islam pada Dunia. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar,

El-Khoiry, M. Maufur,Zaman Keemasan Islam: Para Ilmuan Muslim dan Pengaruhnya terhadap Dunia

Barat, Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru, 2003.

Hossein Nasr, Seyyed, Science and Civilization in Islam. New York: The New American Library,

J. Pedersen, The Arabic Book, terj. Alwiyah Abdurrahman, Fajar Intelektualisme Islam: Buku dan

Sejarah Penyebaran Informasi di Dunia Arab. Bandung: Mizan, 1996.

K. Hitti, Philip, History of the Arab’s. London: MacMillan, 1974.

Ma’ruf, Naji, Asholah al Hadhaaroh al Arobiyyah, Cet II, Baghdad: Mathba’ah Al-thadha’amun,

Salamah, Maryam dan Carr,At-Tarjamah Fî Al-‘Acri Al-‘Abbâsiy. Damaskus: Maktabah al-asad, 1998.

Syalabi, Ahmad ,Târîkh Tarbiyyah al-Islâmiyah. Mesir: Maktabah an-Nah

ah al-Micriyyah, 1966.

S. Kahlar, Joko dan Supriyanto Abdullah, Kontribusi Islam atas Dunia Intelektual Barat: Deskripsi

Analisis Abad Keemasan Islam. Surabaya: Risalah Gusti, 2003.

Saliba, George, Islamic Science and the Making of the European Renaissance. Cambridge, Mass.:

The MIT Press, 2007




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v3i2.4451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.