PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA SMA NEGERI 1 MODEL TANJUNG PURA KABUPATEN LANGKAT

Maulida, Ali Imran Sinaga, Wahyuddin Nur Nasution

Abstract


Abstarak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Problematika Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam Pada Pembentukan Karakter Islami Siswa SMA Negeri 1 Model Tanjung Pura Kabupaten
Langkat. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Temuan dalam penelitian ini
adalah tentang peran pendidikan agama Islam di Sekolah dalam pembentukan karakter peserta didik.
Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan salah satu pilar pendidikan karakter yang paling utama.
Pendidikan karakter akan tumbuh dengan baik jika di mulai dari tertanamnya jiwa keberagamaan pada
anak, oleh karena itu materi Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah menjadi salah satu penunjang
pendidikan karakter. Melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa di ajarkan aqidah
sebagai dasar keagamaannya, di ajarkan al-Quran dan Hadits sebagai pedoman hidupnya, di ajarkan
fiqih sebagai rambu-rambu hukum dalam beribadah, mengajarkan sejarah Islam sebagai sebuah keteladanan
hidup, dan mengajarkan akhlak sebagai pedoman perilaku manusia apakah dalam kategori baik
ataupun buruk. Oleh sebab itu, tujuan utama dari Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah
pembentukan kepribadian pada diri siswa yang tercermin dalam tingkah laku dan pola pikirnya dalam
kehidupan sehari-hari. Di samping itu, keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di
sekolah salah satunya juga di tentukan oleh penerapan metode pembelajaran yang tepat.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Abu, dan Widodo Supriyono,Psikologi Belajar (Edisi Revisi), (Jakarta:Rineka Cipta, 2004)

Ahmadi, Abu dan Nur Ukhbiyati,Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta:Rineka Cipta, 1991)

Arifin, H. M. Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Sinar Garfika Offset, 2004)

Budiyanto, H. Mangun,Ilmu Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Griya Santri, 2010)

Bagus, Lorens,Kamus Filsafat, (Jakarta: Gramedia, 2005)

Bondan, Qualitatif Research In Education:An Introduction to Theory and Methode. Thrid Edition,

(Boston:Allyn and Baccon, 1998)

Daradjat, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1992)

Departemen Pendidikan Nasional,Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,

Departemen Republik Agama RI, Al Qur’an dan terjemahannya, Al Jumanatul Ali, (Bandung:Art,

Echols, John M. dan Hasan Shadily,Kamus Inggris-Indonesia, (Jakarta: Gramedia, 2006).

Gafar, Irpan Abd, & Muhammad Jamil, Reformulasi Rancangan Pembelajaran Pendidikan Agama

Islam, (Jakarta: Raja Grafindo, 2003)

Hamalik, Oemar,Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009)

Kurniawan, Syamsul,“Konsep dan Implementasi Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga, Sekolah,

dan Maysrakat”, dalamAt-Turast, Vol 6Nomor 1 Desember 2012

Muhaimin, Abd Aghofir & Nur Ali,Strategi Belajar Mengajar, (Surabaya: Karya Anak Bangsa, 1996)

Majid, Abdul, & Dian Andayani,Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, (Bandung: Remaja Rosdakarya,

Mujib, Abdul, dan Jusuf Muzakkir,Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Prenada Media, 2010)

Muhaimin dan Abd Mujid,Pemikiran Pendidikan Islam, (t.t.p: t.p, 2007)

Ma’arif, Syamsul,Revitalisasi Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007)

Marimba, Ahmad D,Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung, Al-Ma’arif, 1989)

Nasir A. Baki,Metode Pembelajaran Agama Islam, (Makasar: Alauddin Press, 2012)

Nawawi, Hadari,Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas, (Jakarta: Haji Masgung, 1989)

——————————,Pendidikan Dalam Islam, (Surabaya: Al Ikhlas, 1993)

Nugraha, Endri Agus, “Membangun dan Mengembangkan Karakter Anak dengan Menyelaraskan Pendidikan

Keluarga dan Sekolah, dalamhttp://freegratissemua-ariendri.blogspot.com.

Permendiknas No 22 Tahun 2006,Tentang Standart Isi Untuk Satuan Pendidikan Tingkat Dasar Dan Menengah

Poerwardaminta, WJS.Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1976)

Al Rasyidin,Percikan Pemikiran Pendidikan: Dari Filsafat Hingga Praktik Pendidikan, (Bandung: Cita Psutaka

Media, 2009)

Sumardi S,Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo, 2004)

Salim, Moh. Haitami, dan Syamsul Kurniawan,Studi Ilmu Pendidikan Islam, (Pontianak: STAIN Pontianak

Press, 2009)

Suyanto, “Urgensi Pendidikan Karakter”, dalamwww.mandikdasmen.depdiknas.go.id.

Tafsir, Ahmad,Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1994)

——————————,Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000)

———————————,Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2014)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UU RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Uno, Hamzah B,Profesi Kependidikan: Problema Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, (Jakarta:

Bumi Aksara, 2011)

Wibowo, Agus,Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, (Yogyakarta:

Pustaka Pelajar, 2012)

Yusuf, Tayar, & Syaiful Anwar, Metodologi Pengajaran Agama & Bahasa Arab, (Jakarta: Raja Grafindo,

Zuriah, Nurul,Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008)

Zuhairini, dkk,Metode Khusus Pendidikan Agama, (Surabaya: Ushan Nasional, 2003)




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v3i1.4131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.