KOMPETENSI PROFESIONAL GURU ALQURAN HADIS DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BINJAI

Jepri Susianto, Saiful Akhyar Lubis, Syamsu Nahar

Abstract


Abstrak: tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi profesional, upaya, serta faktor
pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kompetensi profesional guru alquran hadis di Madrasah
Aliyah Negeri kota Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kompetensi profesional guru alquran hadis di Madrasah Aliyah Negeri kota Binjai terlihat dalam
penguasaan materi pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar alquran hadis siswa di
Madrasah Aliyah Negeri Kota Binjai. Upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan
kompetensi profesional guru alquran hadis yaitu dengan peningkatan kemampuan profesional guru alquran
hadis; supervisi klinik; peningkatan motivasi kerja guru alquran hadis; pembinaan kinerja guru alquran
hadis. Faktor pendukungnya adalah adanya dukungan dari kepala sekolah, guru alquran hadis memiliki
kualifikasi akademik yang mendukung dan adanya fasilitas sekolah yang memadai. Sedangkan, faktor
penghambatnya adalah latar belakang pendidikan siswa yang beragam. Solusi dari kendala yang ditemui
tersebut, mengadakan ekstrakurikuler keagamaan seperti tilawah, atau tahsin alquran.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Amiruddin, A. Aspirasi Peningkatan Profesionalisme Dan Kesejahteraan Guru, Jurnal Pendidikan

dan Kebudayaan, no. 021, tahun ke-5, Januari 2000

AM, Sardiman, Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar , (Jakarta: Raja Wali Pers, 2005), cet.

Danim, Sudarwan, Media Komunikasi Pendidikan: Pelayanan Profesi Pembelajaran dan Mutu

Hasil Belajar , (Jakarta: Bumi Aksara, 1994)

Hamalik, Oemar, Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, (Jakarta: Bumi Aksara,

cet. 3, 2004)

Isma’il, Imam Abi Abdillah Muhammad bin, , Sahih Bukhari, Jilid I, (Beirut, Libanon: Darul

Kutub Ilmiah, t.th.)

Muhaimin dan Abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Agama Islam; Kajian Filosofis Dan Kerangka

Dasar Operasionalnya, (Bandung: Triganda, 1993)

MG, Nurkhalisah, Kepala Madrasah Aliyah Negeri Kota Binjai, wawancara di Binjai pada 1

Januari 2018 di Kantor Kepala Madrasah Aliyah Negeri Kota Binjai.

Mirabile, Richard J. Everything You Wanted To Know About Competency Modeling , http:/

www.umich.edu.1997

Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi; Konsep,Karakteristik, dan Implementasi, (Bandung:

Remaja Rosda Karya, 2003)

Muhaimin, Dkk. Kontroversi Pemkiran Fazlur Rahman: Sudi Kritis Pembaharuan Pendidikan

Islam (Cirebon: Dinamika, 1999)

——————-, Paradigma Pendidikan Islam, (Bandung, Remaja Rosdakarya, 2003)

Al-Munawi, Faidhul Qadir, juz 1,cet. 1 (Beirut: Darul Fikr, 1416H/ 1996M)

Nata, Abuddin, Manajemen Pendidikan Mengatasi Permasalahan Pendidikan Islam di Indonesia,

(Jakarta: Kencana, 2003)

Rahani A. dan Abu Ahmadi,Pedoman Penyelenggaraan Administrasi Pendidikan Sekolah, (Jakarta:

Bumi Aksara, 1991)

Surya, M.Aspirasi Peningkatan Kemampuan Profesional dan Kesejahteraan Guru,Jurnal Pendidikan

dan kebudayaan guru, (Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan, Depdiknas

No. 021, Januari, 2000)

Samana, Profesionalisme Keguruan, (Yogyakarta: Kanisius, 1994)

Sutrisno. Pengalaman Mengelola Tenaga Kependidikan di Tingkat Sekolah, Jurnal Pendidikan

dan Kebudayaan No. 021 tahun ke-5, Januari 2000.

Sutomo, et.al., Profesi Kependidikan, (Semarang: IKIP Semarang, 1997)

Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar , cet. 3,(Bandung: Sinar Baru Algesindo,

——————————, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru Algesindo,

Suroso, In Memoriam Guru, (Yogyakarta: Jendela, 2002)

Soedijarto, Memantapkan Sistem Pendidikan Nasional, (Jakarta: Gramedia, 1993)

Supriadi, Dedi, Mengangkat Citra dan Martabat Guru, (Yogyakarta: Mitra Gama Widya, 1999),

cet. 2

Sahertian, Piet A. dan Ida Aleida Sahertian, Supervisi Pendidikan: dalam Rangka Program

Inservice Eduation, (Jakarta: Rineka Cipta, 1992)

Suyanto dan Djihad Hisyam, Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Mileniun

III, (Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2000)

Tilaar, H.A.R. Paradigma Baru Pendidikan Nasional , (Jakarta: Rineka Cipta, 2000), cet. II

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992)

Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, cet. 14, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002)

Yusuf, Nur Syamsiah, Wacana Pendidikan Islam, Jurnal STAIN Tulung Agung: Vol. 22, no. 7,

Novenber, 2001

Yasyin, Sulkhan, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Surabaya: Amanat, 1997)

Wehmeier, Sally, (ed.), Oxsford Advanced Learner’s Dictionary of current English , (AS Hornby:

Oxfor University Press, 2000)




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v3i1.4124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.