PELAKSANAAN PENDIDIKAN BOARDING SCHOOL DI SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AS-SUNNAH DELI SERDANG
Abstract
di Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah Deli Serdang, untuk mengetahui mengapa mahasiswa-mahasiswi
tertarik kuliah di Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah Deli Serdang, untuk mengetahui Apa saja
keunggulan programBoarding School di Sekolah Tinggi Agama Islam As-Sunnah Deli Serdang. Penelitian
ini menggunakan metode teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumen,
sumber data, analisis data dan pencermatan keabsahan data yang mengacu pada penelitian kualitatif.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Adapun pelaksanaan pendidikanboarding school tersebut
adalah: a) Mewajibkan semua mahasiswa/inya mulai tingkat 1 sampai 4 tinggal di asrama dengan durasi
empat tahun. b) Mahasiswa/inya wajib mengikuti dan patuh terhadap semua aturan dan kegiatan yang
ditetapkan kampus. 2) Mahasiswa/i tertarik untuk kuliah di STAI As-Sunnah Deli Serdang karena: a)
STAI As-Sunnah Deli Serdang adalah perguruan tinggi yang memberikan full beasiswa kuliah kepada
seluruh mahasiswa/inya. b) STAI As-Sunnah Deli Serdang adalah perguruan tinggi yang bahasa pengantarnya
adalah bahasa Arab. c) STAI As-Sunnah Deli Serdang memisahkan tempat dan ruangan belajar antara
mahasiswa dan mahasiswi. d) STAI As-Sunnah Deli Serdang adalah perguruan tinggi yang mempunyai
program hafal Alquran. e) STAI As-Sunnah Deli Serdang menentukan tempat kerja bagi lulusannya. 3)
Keunggulan programboarding school di STAI As-Sunnah Deli Serdang adalah: a) Mahasiswa/inya lebih
fokus dan efektif untuk belajar. b) Mahasiswa/inya lebih mudah dan cepat menguasai bahasa Arab secara
lisan dan tulisan.
This study aims 1) To find out how of Implementation the Boarding School Education in As-Sunnah
Islamic College of Deli Serdang, 2) To find out why students are interested in studying at the Deli Serdang
As-Sunnah Islamic College, 3) To find out what are the exellent of the Boarding School program at the As-
Sunnah Islamic College of Deli Serdang. Researcher use a method of collecting data by observing, interviewing
and studying documents, data sources, data analysis and observing the validity of the data referes to
qualitative research. The research results show that: 1) The implementation of boarding school education
is: a) Oblisat all students starting from level 1 to 4 to stay in a dorm with a duration of four years. b)
Students / students must follow and obey all rules and activities set by the campus. 2) Students are interested
in studying at Deli Serdang’s STAI As-Sunnah because: a) STAI As-Sunnah Deli Serdang is a college that
provides full scholarship to all students. b) STAI As-Sunnah Deli Serdang is a college whose language of instruction is Arabic. c) STAI As-Sunnah Deli Serdang separates learning places and spaces between
students and college students. d) STAI As-Sunnah Deli Serdang is a university that has a memorized
Qur’an program. d) STAI As-Sunnah Deli Serdang determines workplaces for graduates.3) The advantages
of the boarding school program at STAI As-Sunnah Deli Serdang are: a) Students are more focused and
effective in learning. b) Students are easier and faster to master Arabic language both orally and in writing.
Kata Kunci: Pendidikan, Boarding school, Sekolah Tinggi.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Arikunto, Suharsimi,Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)
Crow, And Crow,Pengantar Ilmu Pendidikan. Saduran Bebas, Cet. III, Edisi III, (Yogyakarta: Rake Sarasen,
,
Departemen Pendidikan Agama,Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Edisi Keempat (Jakarta:
PT Gramedia, 2008)
Fahmi, Asmah Hasan,Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang 1979, cet. ke-1
Kahhalah, Umar Rida,Jaulah fi Rubu’ al-Tarbiyah wa al-Ta’lim, (Beirut; Muassasah al-Risalah, 1980)
SK Ketua STAI As-Sunnah, Nomor: 453/K/E/XI.1438-VII.2017. tentang Penetapan Berlakunya Kurikulum
Ma’had Aly (SK terlampir).
Maksudin,Pendidikan Islam Alternatif Membangun Karakter Melalui Sistem Boarding School, cetakan,2,
(UNY Press. Yogyakarta,2013)
Mukti, Abd,Konstruksi Pendidikan Islam, Belajar dari Kejayaan Madrasah Nizhamiyah Dinasti Saljuq, Cet.
Pertama Edisi Revisi, (Medan: Perdana Publishing, Agustus 2017)
Nizar, Samsul,Sejarah Pendidikan Islam menelusuri Jejak Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia,
(Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011)
UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS, (Bandung: Citra Umbawa, 2009)
Yatim, Badri,Sejarah Peradaban Islam II, (Jakarta: Grafindo Persada, 1993)
Zahra, Arsy Karima,Mengapa Harus Boarding school, (Bandung :Widya Pustaka, 2008)
Wawancara
Hasil wawancara dengan Alumni UIN Maulana Malik Malang (Muhamad Isbah Habibi alumni tahun 2017
Jursan PBA Program S1), hari Sabtu, 23-06-2018.
Hasil wawancara dengan wakil ketua KOPERTAIS (Pak Drs. Sokon Saragih, MA), hari Sabtu, 7-04-2018
Hasil wawancara dengan Pak Prof. Dr. Abd. Mukti, MA, hari Jumat, 13-04-2018
Hasil wawancara dengan Alumni dan Mahasiswa UIN Maulana Malik Malang (Muhamad Isbah Habibi alumni
tahun 2017 Jursan PBA Program S1. Edi Syahputra alumni tahun 2017 jurusan PEDI Program
S2. Abdurrahman Purba mahasiswa Jurusan PBA program S2), hari Sabtu, 23-06-2018.
Hasil wawancara dengan Alumni dan Mahasiswa UIN Maulana Malik Malang (Muhamad Isbah Habibi
alumni tahun 2017 Jursan PBA Program S1. Edi Syahputra alumni tahun 2017 jurusan PEDI
Program S2. Abdurrahman Purba mahasiswa Jurusan PBA program S2), hari Sabtu, 23-06-
dan bisa dilihat di Website Kampusnya: http://msaa.uin-malang.ac.id/
Hasil wawancara dengan Alumni UIN Maulana Malik Malang (Muhamad Isbah Habibi alumni tahun 2017
Jursan PBA Program S1), hari Sabtu, 23-06-2018.
Hasil Wawancara dengan Ketua wakil empat bagian Sarana Pra-Sarana (Pak Wagiman Manik, M.Pd.I
pada Hari Selasa, 4-09-2018) dan tertulis di bukuProfil Wakil IV Edisi II, STAI As-Sunnah,Tahun
H/1438 H. h. 57.
Hasil wawancara dengan ketua STAI (2-08-2018). dan Wakil ketua 3 Bidang Kemahasiswaan STAI (Pak
Ahmad Hawasi, Lc) hari Selasa, 7-08-2018. dan Hasil Wawancara dengan beberapa mahasiswa
-09-2018.
Hasil wawancara dengan ketua STAI (2-08-2018). dan Wakil ketua 3 Bidang Kemahasiswaan STAI (Pak Ahmad Hawasi, Lc) hari Selasa, 7-08-2018. Dan Hasil Wawancara dengan Ketua Bagian Pusat
Pengembangan Bahasa STAI (Pak Dirja Hasugian, Lc) 6-09-2018. dan Hasil Wawancara dengan
beberapa mahasiswa 27-09-2018.
Hasil wawancara dengan ketua STAI (2-08-2018). dan Wakil ketua 3 Bidang Kemahasiswaan STAI (Pak
Ahmad Hawasi, Lc) hari Selasa, 7-08-2018.
Hasil wawancara dengan ketua STAI (2-08-2018). dan Wakil ketua 3 Bidang Kemahasiswaan STAI (Pak
Ahmad Hawasi, Lc) hari Selasa, 7-08-2018. dan Hasil Wawancara dengan Ketua Bagian Pengasuhan
(Pak Mhd Amin, S.Pd), 16-08-2018. Dan hasil wawancara Ketua Bagian Biro Kegiatan Mahasiswa
(Pak Rahmadinillah, Lc), 23-08-2018. Dan hasil wawancara dengan Ketua Pusat Alquran (Pak
Irham Dongoran, M.Ag), 30-08-2018. Dan Hasil Wawancara dengan Bagian Bahasa (Pak Dirja
Hasugian, Lc), 6-09-2018. Dan Hasil Wawancara dengan Ketua BEM (saudara Ariyanda Septian),
-09-2018. Dan Buku Panduan Kegiatan Ekstrakurikuler Pengembangan Minat dan Bakat Mahasiswa.
Hasil wawancara dengan ketua STAI (2-08-2018). dan Wakil ketua 3 Bidang Kemahasiswaan STAI (Pak
Ahmad Hawasi, Lc) hari Selasa, 7-08-2018. dan Hasil Wawancara dengan Ketua Bagian Pengasuhan
(Pak Mhd Amin, S.Pd), 16-08-2018. Dan hasil wawancara Ketua Bagian Biro Kegiatan Mahasiswa
(Pak Rahmadinillah, Lc), 23-08-2018. Dan hasil wawancara dengan Ketua Pusat Alquran (Pak
Irham Dongoran, M.Ag), 30-08-2018. Dan Hasil Wawancara dengan Bagian Bahasa (Pak Dirja
Hasugian, Lc), 6-09-2018. Dan Hasil Wawancara dengan Ketua BEM (saudara Ariyanda Septian),
-09-2018. Dan Buku Panduan Kegiatan Ekstrakurikuler Pengembangan Minat dan Bakat Mahasiswa.
Hasil wawancara dengan ketua STAI (2-08-2018). dan Wakil ketua 3 Bidang Kemahasiswaan STAI (Pak
Ahmad Hawasi, Lc) hari Selasa, 7-08-2018. dan Hasil Wawancara dengan Ketua Bagian Biro
Administrasi Asrama Kemahasiswaan (Mhd Amin, S.Pd,).
STATUTA STAI As-Sunnah, Tahun 1437 H/2016 M, h.53. danEvaluasi Diri Program Studi Komunikasi Penyiaran
Islam, 2017. H. 52. DanBorang Akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab STAI As-
Sunnah, 2017. h. 124. DanEvaluasi Diri Program Studi Bahasa Arab STAI As-Sunnah, 2017.h.65.
danBorang Akreditasi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, 2017)
Hasil wawancara dengan ketua STAI (2-08-2018). dan Wakil ketua 3 Bidang Kemahasiswaan STAI (Pak
Ahmad Hawasi, Lc) hari Selasa, 7-08-2018. dan Hasil Wawancara dengan Ketua Bagian Pengasuhan
(Pak Mhd Amin, S.Pd), 16-08-2018. Dan Buku Panduan Tata Tertib Berasrama Mahasiswa,
H/2015 M. Edisi IV. (buku terlampir).
Hasil wawancara dengan ketua STAI (2-08-2018). dan Wakil ketua 3 Bidang Kemahasiswaan STAI (Pak
Ahmad Hawasi, Lc) hari Selasa, 7-08-2018. dan Hasil Wawancara dengan Ketua Bagian Pengasuhan
(Pak Mhd Amin, S.Pd), 16-08-2018. Dan Buku Panduan Tata Tertib Berasrama Mahasiswa,
H/2015 M. Edisi IV. (buku terlampir).
Borang Akreditasi Prodi KPI STAI As-Sunnah Deli Serdang/2017. H.19 danBorang Akreditasi Prodi PBA STAI
As-Sunnah Deli Serdang/2017
Hasil wawancara dengan 6 mahasiswa dan 12 lembaga pemakai alumni STAI As-Sunnah (nama 12 lembaga
terlampir). 1-16 Oktober 2018.
Hasil wawancara dengan ketua STAI (2-08-2018). dan Wakil ketua 3 Bidang Kemahasiswaan STAI (Pak
Ahmad Hawasi, Lc) hari Selasa, 7-08-2018.
Hasil wawancara dengan bagian kepegawaian dan penempatan Alumni Yayasan Ar-Risalah Al-Khairiyah
(Pak Zahrul Fuadi ) 19-09-2018. rekap surat masuk terlampir.
Hasil wawancara dengan 6 mahasiswa, hasil wawancara dengan 12 lembaga pemakai alumni STAI, dan
Borang Akreditasi Prodi KPI STAI As-Sunnah Deli Serdang/2017
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i4.4099
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.