DINAMIKA MADRASAH DINIYAH TAKHMILIYAH AWALIYAH (Studi Kasus MDTA di Kecamatan Percut Sei Tuan)

Dahlina Sari Saragih, Abd. Mukti, Siti Zubaiah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Dinamika Kelembagaan Madrasah Diniyah
Takhmiliyah Awaliyah (Studi Kasus MDTA di Kecamatan Percut Sei Tuan). 2) Dinamika Kurikulum
Madrasah Diniyah Takhmiliyah Awaliyah (Studi Kasus MDTA di Kecamatan Percut Sei Tuan). 3)
Dinamika Manajemen Pendidikan Madrasah Diniyah Takhmiliyah Awaliyah (Studi Kasus MDTA
di Kecamatan Percut Sei Tuan). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
observasi atau pengamatan, wawancara dan studi dokumentasi. Dari hasil penelitian peneliti
memperoleh temuan yang menunjukkan bahwa: 1) Madrasah Diniyah Takhmiliyah Awaliyah di
Kecamatan Percut Sei Tuan merupakan Lembaga Pendidikan Islam yang berbentuk Yayasan, Organisasi
Keagamaan, milik pribadi, dan pesantren. 2) Pelaksanaan manajemen di Madrasah Diniyah Takhmiliyah
Awaliyah di Kecamatan Percut Sei Tuan belum dapat dikatakan maksimal. Ada beberapa kendala
yang membuat manajemen di Madrasah Diniyah Takhmiliyah Awaliyah tidak terkelola dengan
baik. 3) Kurikulum Madrasah Diniyah Takhmiliyah Awaliyah pada dasarnya bersifat fleksibel dan
akomodatif. Oleh sebab itu, pengembangan kurikulum dapat dilakukan oleh Departemen Agama
Pusat Kantor Wilayah/ Depag Propinsi dan Kantor Departemen Agama Kabupaten/ Kotamadya
atau oleh pengelola kegiatan pendidikan sendiri. Prinsip pokok untuk mengembangkan tersebut
ialah tidak menyalahi aturan perundang-undangan yang berlaku tentang pendidikan secara umum,
peraturan pemerintah, keputusan Menteri Agama dan kebijakan lainnya yang berkaitan dengan
penyelenggaraan Madrasah Diniyah.
Kata Kunci: Dinamika, Madrasah Diniyah Takhmiliyah Awaliyah

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul, Wahid Ramli.Makalah: Peran Madrasah Diniyah Dalam Membentuk Karakter Anak Bangsa, disampaikan

dalam seminar Ikatan Guru Diniyah.

Arifin Zainal, Pengembangan Manajemen Mutu Kurikulum Pendidikan Islam. Jogjakarta: DIVA Press,

Asrohah Hanun,Sejarah Pendidikan Islam, Cet.V, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.

Daulay, Haidar Putra.Pendidikan Islam dan Tantangan Masa Depan: Esai-Esai Pemberdayaan Generasi

Muda dan lembaga pendidikan Islam, Cet.I, Bandung: Citapustaka Media, 2002.

____________.Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia, Cet.II. Jakarta:

Prenada Media Grup, 2009.

Departemen Agama RI,Pedoman Penyelenggaraan dan Pembinaan Madrasah Diniyah. Jakarta: Depag,

El-Saha M. Ishom,Dinamika Madrasah Diniyah di Indonesia, Cet.I, Jakarta, Transwacara, 2008.

Haedari Amin dan Ishom El-Saha, Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Madrasah Diniyah. Cet.I,

Jakarta: Diva Pustaka, 2004.

Maksum,Madrasah Sejarah dan Perkembangannya, Cet.I ,Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Napitupulu, Dedi Sahputra. “Dinamika Madrasah Sebelum Indonesia Merdeka”, dalamIttihad: Jurnal

Pendidikan, Vol. II, No. 2 Tahun 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v3i1.4098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.