STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ISLAMI SISWA SMA NEGERI 1 BIREUEN

Rahmat Asri Sufa, Salminawati, Abdillah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMA Negeri 1 Bireuen, 2) Pembentukan kepribadian Islami siswa SMA Negeri 1 Bireuen dan
3) Kendala yang dihadapi guru pendidikan Agama Islam dalam pembentukan kepribadian Islami siswa
SMA Negeri 1 Bireuen. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara,
observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa SMA
Negeri 1 Bireuen. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA
Negeri 1 Bireuen dilakukan dengan mendukung dan menciptakan kebijakan-kebijakan yang terkait
dengan pengamalan ajaran Islam, adapun yang terkait dengan proses pembelajaran di dalam kelas,
guru melakukan proses pembelajaran sesuai prosedur dan memperhatikan prilaku siswa secara intens,
jika dirasa ada perilaku siswa yang tidak sewajarnya maka guru akan memberikan nasehat berupa
teguran secara langsung. 2) Pembentukan kepribadian Islami siswa SMA Negeri 1 Bireuen dilakukan
melalui pengamalan ajaran Islam seperti shalat berjama’ah, shalat dhuha, pelaksanaan program tausiyah
agama yang terjadwal, dan pembacaan surah yasin ketika hari Jumat. 3) Kendala yang dihadapi guru
pendidikan Agama Islam dalam pembentukan kepribadian Islami siswa SMA Negeri 1 Bireuen adalah
kurangnya waktu pengawaasan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam hal mengawasi siswa,
adapun solusi yang diberikan oleh kepala sekolah adalah melalui kerjasama antara sekolah dengan
masyarakat melui komite sekolah dengan cara menjalin kerja sama antara guru dengan orang tua
siswa secara rutin.
Kata Kunci: Strategi, Guru PAI, Kepribadian Islami

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adnan Syarif,Psikologi Qur’ani, Cet. II, Bandung: Pustaka Hidayah, 2003.

Agus Sujanto dkk, Psikologi Kepribadian, Cet. XIII, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Al-Rasyidin.Percikan Pemikiran Pendidikan; dari Filsafat hingga PraktikPendidikan. Bandung: Ciptapustaka

Media Perintis, 2009.

Departemen Pendidikan Nasional.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.

M. Usman Najari,Al-Qur’an dan Ilmu Jiwa, Cet. II, Bandung: Pustaka, 1997.

Nawawi, Ismail. Pendidikan Agama Islam:Isu-isu Pengembangan Kepribadian dan Pembentukan Karakter

Muslim Kaffah. Jakarta: Press Jakarta, 2013.

Napitupulu, Dedi Sahputra. “Kompetensi Kepribadian Guru PAI dalam Mengembangkan Ranah Afektif

Siswa di MAN 2 Model Medan”, dalamTadzkiya, Vol. II, No. 2 Tahun 2016.

Syeikh Muhammad Ali Ash-Shabuni dan Iman Jalaluddin As-Suyuti.Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir I. Bandung:

JABAL, 2013.

Yusuf LN, Syamsu.Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, Cet. VI, Bandung: Remaja Rosdakarya,




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i4.4080

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.