NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MUKHTÂR AL-AHÂDIS AN-NABAWIYAH WA AL-HIKAM AL-MUHAMMADIYAH

M. Helmi, Syamsu Nahar, Zulheddi

Abstract


Abstrak: penelitian ini, penulis menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui analisis teks Hadis, yakni pembahasan
terhadap informasi dalam Hadis yang dalam hal ini sumber primernya adalah kitabMukhtâr al-Ahadis
an-Nabawiyah wa al-hikam al-Muhammadiya karya Sayyid Ahmad al-Hâsyimî dan sumber sekundernya
adalah kitab-kitab yang berhubungan dengan pendidikan Islam dan syarah-syarah terhadap kitab Hadis
tersebut. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menggali dan mengkaji nilai-nilai pendidikan
Islam yang terkandung dalam kitabMukhtâr al-Ahadis an-Nabawiyah wa al-hikam al-Muhammadiya
dan menyesuaikan nilai-nilai tersebut dengan pendidikan saat ini. Hasil dari pembahasan ini ialah terdapat
7 (tujuh) macam nilai-nilai pendidikan Islam, di antaranya tauhid, ikhlas, syukur, ketaqwaan, semangat
beramal saleh, ihsan, dan kasih sayang. Semua nilai-nilai ini relevan dengan pendidikan saat ini. Tauhid
akan mendidik manusia untuk meng-Esakan Allah dan tidak menyekutukan-Nya serta mengimani nabi
dan rasul-Nya, ikhlas akan mendidik untuk rela beribadah karena Allah, syukur akan mendidik untuk
merasa cukup dengan situasi dan keadaan, ketaqwaan akan mendidik untuk selalu dekat kepada Allah,
semangat beramal saleh akan mendidik untuk istiqamah, ihsan akan mendidik untuk senantiasa merasa
diperhatikan oleh Allah, dan kasih sayang akan mendidik untuk memiliki sifat lemah lembut dan penyayang.
In this study, the author uses the methodology of library research with a qualitative approach. The technique
of collecting the data is through Hadith text analysis, namely the discussion of information in the Hadith
which in this case the primary source is the kitab Mukhtâr al-Ahadisan-Nabawiyah wa al-hikam al-
Muhammadiya by Sayyid Ahmad al-Hâsyimî and the secondary source are books related to Islamic
education and sharah-sharah towards the book of the Hadith. The purpose of this study is to explore and
examine the values of Islamic education contained in the kitabMukhtâr al-Ahadisan-Nabawiyah wa alhikam
al-Muhammadiyah and adjust these values in the world of education today. The results of this
study are 7 (seven) types of Islamic education values, including monotheism, sincerity, gratitude, devotion,
virtuous charity, piety, and compassion. All of these values are relevant to current education. Monotheism
will educate of people to expose God and not associate with Him and believe in His prophets and apostles,
will sincerely educate to be willing to worship because of Allah, gratitude will educate to feel sufficient with
situations and circumstances, devotion will educate to always be closed to Allah, the spirit of pious charity
will educate for istiqamah, ihsan will educate to always feel cared by God, and compassion will educate to
have a gentle and loving nature.
Kata Kunci: Nilai, pendidikan Islam, relevansi

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, Dudung,Kilas Balik Pembaharuan dalam Islam, dalam Tsaqâfiyyât Jurnal Bahasa, Peradaban

dan Informasi Islam, vol. I no. I Juli-Desember Tahun 2000.

Azra, Azyumardi,Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru (Jakarta: Logos Wacana

Ilmu, 1999)

al-Attas, Syed Muhammad Naquib,Islam dan Sekularisme, terj. Kholif Muammar (Bandung: Institut Pemikiran

Islam dan Pembangunan Insan, 2010)

Baraja, Umar bin Ahmad,Akhlak Lil Banin (Surabaya: Ahmad Nabhan, t.t.)

ad-Dîn, Khair,al-A’lm: Qams Tarjim (Bayrût: Dr al-‘Ilm Lilmalyn, 2002)

al-Hsyimî, Sayyid Ahmad,Mukhtâr al-Ahadisan-Nabawiyah wa al-hikam al-Muhammadiyah, (t.t.p.: al-

$aramain, t.t.)

Faisal, Yusuf Amir,Reorientasi Pendidikan Islam (Jakarta: Gema Insani Press, 1995)

al-Jamaly, Muhammad Fadhil,Filsafat Pendidikan dalam Alquran (Surabaya: PT Bina Ilmu, 1986)

Kalah, Amr Rid,Mu’jam al-Muallifn: Tarjim al-Mucannifî al-Kutub al-‘Arabiyah (Damaskus: Muassasah ar-

Rislah, t.t.)

Munardji,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bina Ilmu, 2004)

Munawwir, A.W.Kamus al-Munawwir: Arab-Indonesia (Yogyakarta: Pustaka Progressif, 1997)

Musfah , Jejen, (ed.),Pendidikan Holistik: Pendekatan Lintas Perspektif (Jakarta: Kencana, 2012)

Marimba, Ahmad D.Pengantar Filsafat Pendidikan (Bandung: Al-Ma’arif, 1989)

Mujib , Abdul, dan Jusuf Mudzakkir,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006)

al-Maliki, Muhammad Alwi,Al-Manhal al-Lamîf fi Ushl al-$adîs asy-Syarîf, terj. Adnan Qohar (Yogyakarta:

Pustaka Pelajar, 2009)

an-Nahlawi, Abdurrahman,Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam (Bandung: Diponegoro, 1992)

Nafis, Muhammad Muntahibun,Ilmu Pendidikan Islam (Yogyakarta: Teras, 2011)

Nata, Abuddin,Sejarah Pendidikan Islam (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004)

—————————,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2012)

an-Nahlawi, Abdurrahman,Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam (Bandung: Diponegoro, 1992)

Al Rasyidin,Falsafah Pendidikan Islam: Membangun Kerangka Ontologis, Epistimologis, dan Aksiologis Praktik

Pendidikan (Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2008)

Ramayulis,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2004)

Shihab, M. Quraish,Wawasan Alquran (Bandung: Mizan, 1996)

Soedarsono, Soemarno,Karakter Mengantar Bangsa dari Gelap Menuju Terang (Jakarta: PT Elex Media

Komputindo, 2009)

As-Shih Subhi,‘Ulûm al-Hadîs wa Mucmalahuhu (Bayrût: Dâr al-‘Ilm al-Malâyîn, 1973)

Syah, Ahmad,Term Tarbiyah, Ta’lim, dan Ta’dib dalam Pendidikan Islam: Tinjauan dari Aspek Semantik,

dalam Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, vol. 7, no. 1, Tahun 2008

Siddik, Dja’far,Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam (Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2011)

al-Syaibany, Omar Mohammad al-Toumy,Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung (Jakarta:

Bulan Bintang, 1979) Tafsir, Ahmad,Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2005)

Thoha, H. M. Chabib,Kapita Selekta Pendidikan Islam (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996)

Tim Kajian Keislaman Nurul Ilmi,Buku Induk Terlengkap Agama Islam (Yogyakarta: Citra Risalah, 2012)

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (Jakarta: Bidang DIKBUD, 2003)

Wahid, Ramli Abdul,Kedudukan Hadis/Ilmu Hadis dalam Studi Pendidikan Islam, dalam Asrul Daulay

dan Ja’far (ed.),Falsafah Pendidikan Islami: Menguak Nilai-nilai Pendidikan dalam Tradisi

Islam (Medan: Perdana Publishing, 2016)

—————, dan Husnel Anwar Matondang,Kamus Lengkap Ilmu Hadis (Medan: Perdana Publishing,

Zuhairini,et. al.,Filsafat Pendidikan Islam (Jakarta: Bina Aksara, 1995)




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i4.4075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.