MODEL PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP ANAK USIA DINI DALAM PERSPEKTIF ALQURAN ( Q.S. An-Nûr ayat 31 dan 59 )

Abdullah Jamaluddin, Achyar Zein, Salminawati

Abstract


Abstaract: The purpose of this research to find out how the Quran views the character education of early
childhood and character education models that are suitable for early childhood. This thesis research uses
the tahlili interpretation method which is the method of interpretation by describing all aspects contained
in the verses interpreted through the asbabun nuzul verse. The results of this study discuss the root words
of “thifl” which are presented in the Encyclopedia of the Quran. Then discuss the roots of the main verse
through theAl-Azhar Tafsir by Buya Hamka, TafsirAl Misbah which begins with an explanation of difficult
words, and the Tafsir ofIbn Katsir which starts from the explanation. The results and discussion of this
thesis are illustrated in QS. An-Nur verse 31. In this verse the children not understand the concept of
something that can be seen and which should not be seen. This is where teaching is needed for those who
do not understand to inform the importance of knowledge about genitalia. Character education that is
embedded in this verse is to maintain views and genitals from an early age. Then QS. An Nur verse 59 puts
forward adab to both parents by asking permission before entering the house, the character education
described in the verse is manners.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui bagaimana pandangan Alquran terhadap pendidikan
karakter anak usia dini dan model pendidikan karakter yang sesuai dengan anak usia dini. Penelitian tesis
ini menggunakan metode tafsirtahlili yakni metode tafsir dengan memaparkan segala aspek yang terkandung
di dalam ayat-ayat yang ditafsirkan melalui asbabun nuzul ayat tersebut. Hasil penelitian ini membahas
mengenai akar kata dari“thifl” yang dipaparkan dalam Ensiklopedia Alquran. Kemudian membahas
akar-akar dari ayat utama melalui Tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka, Tafsir Al Misbah yang dimulai
dengan penjelasan kata-kata sulit, dan TafsirIbnu Katsir yang dimulai dari penjelasan. Hasil dan pembahasan
dari tesis ini tergambar dalam QS. An-Nur ayat 31. Pada ayat ini anak-anak belum memahami konsep
tentang sesuatu yang boleh terlihat dan mana yang tidak boleh terlihat. Disinilah diperlukan pengajaran
kepada mereka yang belum mengerti untuk memberitahukan pentingnnya pengetahuan tentang aurat.
Pendidikan karakter yang tertanam pada ayat ini ialah menjaga pandangan dan aurat sejak usia dini.
Kemudian QS. An Nur ayat 59 yang mengedepankan adab terhadap kedua orang tua dengan meminta
izin terlebih dahulu sebelum memasuki rumah, pendidikan karakter yang tergambar pada ayat tersebut
ialah sopan santun.
Kata Kunci: Alquran, Anak Usia Dini, Model Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arief, Armai,Reformasi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press, 2005)

Bakar, Abdul Karîm,Hia Hkadz (Kaifa nafhamul Asy-y’ Min *aulina), (Riyadh:Muassasatul Islm al-

Youm, 1429H/ 2008)

Brooks, David, and Goble, F.The Case for Character Education: The Role of the School in Teaching

Values abd Virtue (California: Studio 4, 1997)

Chaplin, JP,Kamus Lengkap Psikologi, (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2004)

Ensiklopedi Al-Qur’an, Dunia Islam dan Modern, (Solo: PT. Dana Bakti Prima Yasa, 2003)

Elfindri, dkk,Pendidikan Karakter (Kerangka, Metode dan Aplikasi Untuk Pendidik Dan Profesional),

(Jakarta: Baduose Media, 2012)

Fadlillah, Muhammad, & Lilif Mualifatu Khorida, Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, (Jogjakarta:

Ar-Ruz media, 2013)

Fathin, Bahron,Pendidikan Anak Usia Prasekolah Menurut Ibnu Qayyima Aj-Jawziyyah, Tesis,(Jakarta:

UIN, 2006)

Hasan, Moh. Tohirin,Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Di SD Muhammadiyah 7 Depok ,Tesis,

(Malang: UIN, 2011)

Hasanah, Maimunah,Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), (Jogjakarta: Diva Press, 2011)

Aj-Jauziyyah, Ibnu Qayyim,Raudhatul Mu+ibbîn wa Nuzhat al-Musytaqîn, Ta+qiq, M. Sayyid Jumali,

(Riyadh: Drul Hudm, 1961)

Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1996)

Marimba, Ahmad D.Pengantar Filsafat Pendidikan Islam (Bandung: Al-Ma’rif, 1986)

Mutiah, Diana,Psikologi Bermain Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana, 2012)

Mulyasa, HE.Manajemen PAUD, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012)

Moeliono, Anton M.Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 1996)

Mutiah, Diana,Psikologi Bermain Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana, 2012)

Nurani, Yuliani,Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Jakarta: PT. Indeks,2009)

Nuraida dan Rihlah Nur Aulia,Character Building Untuk Guru, (Jakarta: Aulia Publishing House, 2007)

Poebakawatja, Soegarda,Ensiklopedi Pendidikan, (Jakarta: PT. Gunung Agung, 1981)

al-Qattan, Manna’ Khalil,Studi Ilmu-Ilmu Qur’an, (Jakarta: Pustaka Lintera Antar Nusa, 1994)

Rimm, Sylvia,Mendidik dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama, 2003)

Saltz, Eleeza,Bahaya Mengabaikan Golden Age Anak, (Jakarta: Athoillah Press, 2006)

Syarbini, Amirulloh,Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga, (Jakarta: PT Alex Media Komputindo,

Suryabrata, Sumadi,Psikologi Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002)

Tafsir, Ahmad,Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010)




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i4.4069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.