IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGI GURU FIKIH MAS YMPI SEI TUALANG RASO KOTA TANJUNGBALAI

Fauzi Ananda, Ali Imran Sinaga, Indra Jaya

Abstract


Abstract; This study aims to determine the implementation of fiqh teacher pedagogical competence in
private madrasah aliyah madrasa foundation Islamic education city Tanjung Balai. This research is a
qualitative research. The results of this study are 1). Pedagogical competence possessed by fiqh teachers in
Madrasah Aliyah Islamic Education Madrasah Foundation Sei Tualang Raso Tanjung Balai City has an
educational basis not fully in line with the insight or foundation of pedagogical competency education that
must be owned by fiqh teachers. And 2). Implementation of pedagogical competence in curriculum development
in Madrasah Aliyah Private Foundation of Islamic Education Madrasah Sei Tualang Raso, Tanjung
Balai City, is carried out based on the development of educational curriculum which starts with the creation
of an annual program, semester program, determination of Minimum Completeness Criteria, and
preparation of Learning Implementation Plans.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kompetensi pedagogi guru fikih di Madrasah
Aliyah Swasta Yayasan Madrasah Pendidikan Islam Kota Tanjung Balai. Penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif. Hasil penelitian ini adalah 1). Kompetensi pedagogi yang dimiliki guru fikih di Madrasah Aliyah
Swasta Yayasan Madrasah Pendidikan Islam Sei Tualang Raso Kota Tanjung Balai memiliki dasar pendidikan
belum sepenuhnya sesuai dengan wawasan atau landasan pendidikan kompetensi pedagogi yang harus
dimiliki guru fikih. Dan2). Implementasi kompetensi pedagogi dalam pengembangan kurikulum di Madrasah
Aliyah Swasta Yayasan Madrasah Pendidikan Islam Sei Tualang Raso Kota Tanjung Balai., dilakukan
berdasarkan Pengembangan kurikulum pendidikan yang dimulai dengan pembuatan program tahunan,
program semester, penentuan Kriteria Ketuntasan Minimal, dan penyusunan Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran.
Kata Kunci: Kompetensi, Pedagogi dan guru.

Full Text:

PDF

References


Daftar Isi

Arifin, Muzayyin, Filsafat Pendidikan islam (Jakarta: Bumi Aksara,2009)

al-Attas, Syed Muhammad al-Naquib,Konsep Pendidikan Dalam Islam: Suatu Rangka Pikir Pembinaan

Filsafat Pendidikan Islam, Terj. Haidar Bagir, cet. 7 (Bandung: Mizan, 1996)

al-Abrasyi, M. Athiyah, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, terj. Bustami A. Gani dan Djohar

bahri (Jakarta: Bulan Bintang, 1970Anwar, Sumarsih, Kompetensi dalam Jurnal Guru Pendidikan Agama Islam (GPAI) Pada jenjang

Pendidikan Dasar dan Menengah: Studi tentang Penguasaan Materi Pada Guru Sekolah

Umum di Berbagai Provinsi Indonesia Bagian Barat dalam Jurnal Pemanas ( Penelitian

Agama dan Kemasyarakatan): Pendidikan Agama di Era Reformasi, vol. XXI (Jakarta:

Badan Litbang dan Diklat Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Dapertemen

Agama, 2008).

Alwi, Hasan, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat , (Jakarta: Balai Pustaka, 2011)

Azra, Azyumardi, Esai-esai Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, (Jakarta: Logos WacanaIlmu,

Arifin, M. Ilmu Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991)

Derajat, Zakish, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1996)

Djamarah, Syaiful Bahri, Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru (Surabaya: Usaha Nasional,

Daulay, Haidar Putra,Pendidikan Islam Dalam Pendidikan Nasional di Indonesia, (Jakarta: Kencana,

Depag,Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Sekolah Menengah, (Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan

Agama Islam, 2005)

Hasan, M. Ali, dan Mukti Ali, Kapita Salekta, Pendidikan Agama Islam (Jakarta: Pedoman Ilmu

Jaya, 2003)

HS, Nasrul, Profesi dan Etika keguruan, (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2012)

Hawi, Akmal, Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,

————————-, Kompetensi Guru PAI (Palembang: Rapah Perss, 2010)

Isjoini, Gurukah Yang Dipersalahkan?.(Yogyakarta:Pustaka Pelajar 2006)

Jamil, Suprihatiningrum, Guru Profesional: Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru

( Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)

Juhairini dan Abdul Ghofir, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam , (Malang: Universitas

Malang, 2004)

Jamarah, Saiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif , (Jakarta: Rineka Cipta,

Kusnadi, Profesi dan Etika Keguruan, (Pekanbatu: Yayasan Pustaka Riau, 2011)

Kunandar, Guru Profesional (Jakarta: Rajawali Perss, 2007)

Lubis, Saiful Akhyar, Profesi Keguruan (Bandung: Citapustaka media Perintis, 2010)

Mulyasa, E. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009)

Majid, Abdul, dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi , (Bandung:

Remaja Rosdakarya, 2014), h. 130.

Munawwir, Ahmad warson, Kamus al- Munawwir Arab-Indonesia (t.tp: Pustaka Progresif, 1984)

Mujid, Abdul, et.al., Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media, 2008)

Mkbuloh, Deden, Pendidikan Islam dan Penjaminan Mutu (Jakarta: Raja Grafindo, 2016), cet. I.

N, Sudjana, Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung : Sinar Baru Alghasindo, 2011)

Nizar, Samsul, Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis, Teoritis, dan Paktik (Jakarta:

Ciputut Perss, 2002)

Peraturan Pemerintah RI Nomor 17 tahun 2010 Penyelenggaraan tentang Pengelolaan Pendidikan

(t.k: Nadia Media, t.t)

Permenag RI e-dokumen.kemenag.go.id pada tanggal 13 Maret 2017

Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16, 17 & 18 Tahun 2007 tentang

Standar Kualifikasi Guru dan Sertifikasi Bagi Guru dalam Jabatan (Jakarta: Mini

Jaya Abadi, 2007)

Permenag RI No. 16 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan Agama Pada Sekolah diunduh di

edokumen.kemenag.go.id pada tanggal 13 maret 2017.

Al-Rasyidin,Filsafah Pendidikan Islam: Membangun Kerangka Ontologi, Epistimologi, dan Aksiologi Praktik

Pendidikan, cet.3 (Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis, 2012)

Rusdiana, Pendidikan Profesi Keguruan Menjadi Guru Inspiratif Dan Inopatif. (Bandung: Pustaka Setia

Sutirna dan Asep Samsudin,Landasan Kependidikan Teori dan Praktik, (Bandung: PT Refika Aditama,

Saondi, Ondi, dan Aris Suherman,Etika Profesi Keguruan (Bandung: Refika Aditama, 2012)

Sadullah, Uyoh,Pedagogi Ilmu Mendidik, (Bandung: Alpabeta, 2011)

Suwardi,Manajemen Pembelajaran: Mencipta Guru Kreatif dan Berkompetensi (Salatiga: STAIN Salatiga

Perss, 2007)

Sudirwo, Daeng,Kurikulum dan Pembelajaran dalam Rangka Otonomi Daerah (Bandung: Andira, 2002)

Surjana, Y. dan Wayan AsKompetensi Pedagogik Untuk Peningkatan Kinerjadan Mutu Guru (Jakarta: CV A

Zahra 2015)

Sadulloh, Uyoh,Pedagogik (Ilmu Mendidik), (Bandung: Alfabeta, 2017)

As-Sa’di, Abdurrahman Binashir,Tafsir Alquran terj. Muhammad Iqbal dkk. (Jakarta: Pustaka Sahifa, 2012),

cet.II,Jil.4.

Ash-Shiddieqy, Teungku Muhammad Asbi,Al-Bayan: Tafsir Penjelas Alqaranul Karim (Semarang: Pustaka

Rizki Putra, 2012), cet. I, II, jil. I

Tim Penyusun Pusat Bahasa,Kamus Besar Bahasa Indoneisa (Jakarta: Balai Pustaka, 2002)

Tim Redaksi Sinar Grafika, Undang Undang Guru dan Dosen (UURI No. 14 Tahun 2005) (Jakarta: Sinar

Grafika 2009), cet. 2

Tilaar. H.A.R,Pedagogik Teoriitis Untuk Indonesia, (Jakarta: PT Kompas, 2015)

Tafsir, Ahmad,Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992)

Tilaar, H.A.R,Standar Pendidikan Nasional Suatu Tujuan Kritis (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)

UU RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Jakata:Eko Jaya, 2006)

U, Usman,Menjadi Guru Profesional. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011)

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Bandung: Citra Umbara, 2003)

Usman, Moh. Uzer,Menjadi Guru Profesional (Bandung: Remaja Rosdikarya, 2007)

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

UU RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Yogyakarta: Pustaka Widiyatama,

Yusuf, Kadar M.Tafsir Tarbawi: Pesan-pesan Alquran Tentang Pendidikan, cet. 2 (Jakarta: Penerbit Amzah,




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i4.4068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.