Analisis Komparatif Hasil Belajar Fikih Siswa Tamatan Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara komparatif hasil belajar Fikih antara siswa tamatan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) di MTs Azki Al Azhar Tandam Hilir II. Fokus kajian diarahkan pada sejauh mana perbedaan latar belakang pendidikan dasar memengaruhi capaian belajar materi salat jamak, serta faktor-faktor internal dan eksternal yang berperan dalam proses tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan kepala madrasah, guru Fikih, dan enam siswa kelas VII yang dipilih secara purposif, serta dilengkapi observasi pembelajaran dan dokumentasi nilai ujian tengah semester. Analisis data dilakukan secara induktif melalui tahapan reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan dalam hasil belajar Fikih antara siswa lulusan MI dan SD, meskipun terdapat disparitas pada kesiapan awal. Siswa MI cenderung lebih siap secara konseptual, sedangkan siswa SD menunjukkan motivasi dan rasa ingin tahu yang tinggi sehingga mampu menutup kesenjangan pengetahuan. Faktor penentu keberhasilan belajar lebih banyak dipengaruhi oleh peran guru dalam menerapkan strategi pembelajaran diferensiatif, lingkungan belajar yang inklusif, serta dukungan keluarga dan madrasah. Penilaian yang bersifat holistik mampu menumbuhkan keseimbangan pemahaman dan praktik keagamaan siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa latar belakang pendidikan dasar bukan determinan utama hasil belajar Fikih; keberhasilan lebih ditentukan oleh sistem pembelajaran yang adaptif, berkeadilan, dan berorientasi pada pembentukan fiqh al-qalb atau pemahaman yang menyatu dengan hati.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Afifah, Nurul. “Pendekatan Humanistik Dalam Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Fiqih.” Akademika: Jurnal Pemikiran Islam 16, no. 2 (2011): 267.
Ghani, Farhan Abdul. “Analisis Hasil Belajar Siswa Tamatan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dan Sekolah Dasar (SD) Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII Materi Salat Jamak Di MTs Azki Al Azhar Tandam Hilir II.” Skripsi, Institut Syekh Abdul Halim Hasan, 2024.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara, 2021.
Jauziyah, Ibnu Qayyim. I’lamul Muwaqi’in. Vol. 1. Pustaka Azzam, 2000.
Mansir, Firman, dan Halim Purnomo. “Urgensi Pembelajaran Fiqih Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Madrasah.” Jurnal Al-Wijdan 5, no. 2 (2020): 176.
Slameto. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta, 2021.
Soemanto, Wasty. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pimpinan Pendidikan. Tarsito, 2017.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar & Pembelajaran. Kencana, 2013.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003).
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v9i4.26949
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.











