Pola Pendidikan Islam Menurut Syekh Taqiyuddin AnNabhani (Suatau Tinjauan Analisis)

Lidiya Rusadi Siregar

Abstract


This research outlines the objectives, curriculum, methods and implementation of Islamic education in an-Nabhani's vision, which rejects secularism and is oriented towards the Khilafah system. The results of the analysis show that an-Nabhani's education pattern is holistic, combining aqidah, tsaqofah, and sharia to form individuals who are ready to apply Islam in a kaffah manner. The relevance for Islamic Religious Education (PAI) in Indonesia is the application of a curriculum based on Islamic values without discrimination, although full implementation requires adaptation to the local context. This research is expected to enrich the discourse on contemporary Islamic education.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abdullah. (2015). Tantangan pendidikan Islam modern: Resistensi terhadap sekularisme. (Tidak disebutkan penerbit; dirujuk dalam telaah pustaka).

Abdul Aziz al-Badri. (1992). Hidup sejahtera di bawah naungan Islam. Gema Insani Press.

Abdul Aziz al-Badri. (2003). Hitam putih wajah ulama dan penguasa. Darul Falah.

Abdul Aziz al-Badri. (1966). Al-Islam baina al-ulama wa al-hukam. Al-Maktabah al-'Ilmiyyah.

Abdul Aziz al-Badri. (1962). Hukmu al-Islam fi al-istirakiyah. Al-Maktabah al-Islamiyah.

Abdul Qadim Zallum. (1998). Beberapa problem kontemporer dalam pandangan Islam. Al-Izzah.

Abdullah al-'Aqil. (2003). Mereka yang telah pergi: Tokoh-tokoh pembangun pergerakan Islam kontemporer. Al-I'tisham Cahaya Umat.

Abu Za'rur. (2009). Seputar gerakan Islam. Al-Azhar Press.

Al-Attas, S. M. N. (1991). Pendidikan Islam: Konsep dan tujuannya. (Tidak disebutkan penerbit; dirujuk dalam telaah pustaka).

Al-Faruqi, I. R. (n.d.). Islamisasi ilmu. (Dirujuk dalam analisis komparatif; detail tahun tidak disebutkan).

An-Nabhani, T. (2001). Nizam al-Islam. (Tidak disebutkan penerbit; dirujuk sebagai data primer).

An-Nabhani, T. (n.d.). Al-Shakhsiyyah al-Islamiyyah. (Tidak disebutkan penerbit atau tahun; dirujuk sebagai data primer).

An-Nabhani, T. (n.d.). An-Nizham al-Iqtishadi fi al-Islam. (Tidak disebutkan penerbit atau tahun; dirujuk dalam karya-karya beliau).

An-Nabhani, T. (n.d.). At-Tafkir. (Tidak disebutkan penerbit atau tahun; dirujuk dalam karya-karya beliau).

An-Nabhani, T. (n.d.). Mafahim Hizbut Tahrir. (Tidak disebutkan penerbit atau tahun; dirujuk dalam karya-karya beliau).

An-Nabhani, T. (n.d.). Muqoddimah ad-Dustur (Jilid 2). (Tidak disebutkan penerbit atau tahun; dirujuk dalam sumber data).

Auniy Judu al-'Abidiy. (1993). Hizbut Tahrir Islami 'irdh tarikhi dirasah 'ammah. Daar al-Liwa li ash-Shahafah wa an-Nasyr.

Azra, A. (2002). Konsep pendidikan Islam: Tarbiyah, ta'lim, dan ta'dib. (Tidak disebutkan penerbit; dirujuk dalam pola pendidikan Islam).

David Commins. (1991). Taqi-al-Din an-Nabhani and the Islamic Liberation Party. The Muslim World, 81(3-4), 194-211.

Dodiman, M. A. (2018). Biografi Syekh Taqiyuddin an-Nabhani (Cetakan 3). Al-Azhar Freshzone Publishing. (Dirujuk sebagai objek penelitian utama).

Fathi Muhammad Salim. (2009). Bencana global moneter: Tinjauan historis dan solusinya. Pustaka Thariqul Izzah.

Furchan, A. (1992). Metode pengamatan dalam penelitian. (Tidak disebutkan penerbit; dirujuk dalam teknik pengumpulan data).

Hafizh Shaleh. (1988/1409 H). An-Nahdhah. Dar an-Nahdhah al-Islamiyyah.

Hafizh Shaleh. (1992/1413 H). Nahju al-Qur'an fi ad-Da'wah. Dar an-Nahdhah al-Islamiyyah.

Hajjah Ala'u al-Badri. (n.d.). 'Abdul Aziz al-Badri da'iyatu at-taqriib baina al-madzahib al-Islamiyyah. (Tidak disebutkan penerbit atau tahun).

Hasan. (2010). Relevansi pemikiran an-Nabhani dalam mengatasi krisis pendidikan modern. (Tidak disebutkan penerbit; dirujuk dalam telaah pustaka).

Hisyam 'Alaiwan. (2009). As-Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani da'iyah Khilafah Islamiyah. Markaz al-Hadharah li Tanmiyati al-Fikri al-Islami.

Hizbut Tahrir. (2010/1431 H). At-Ta'rif Hizbut Tahrir (Edisi mu'tamadah). Darul Ummah.

Hizbut Tahrir Indonesia. (2006). Dari Masjidil Aqsha menuju Khilafah: Sejarah perjuangan Hizbut Tahrir. HTI Press.

Hizbut Tahrir. (2005). Negeri-negeri Muslim yang terjajah. PTI.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage Publications. (Dirujuk dalam teknik analisis data).

Muhaimin. (2009). Pendidikan Islam: Aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. (Tidak disebutkan penerbit; dirujuk dalam pola pendidikan Islam).

Mustafa Muhammad Hilmi. (2005). Al-Asrar al-Khafiyah wara'a ailghaa'i al-Khilafah al-Islamiyah. Dar Ibnu Jauzi.

Pujileksono, S. (2015). Metode penelitian kualitatif. (Tidak disebutkan penerbit; dirujuk dalam sumber data dan teknik pengumpulan data).

Qutb, S. (2000). Pendidikan Islam dan tantangan modern. (Tidak disebutkan penerbit; dirujuk dalam telaah pustaka).

Rahim. (2019). Analisis kritis terhadap pola pendidikan an-Nabhani. (Tidak disebutkan penerbit; dirujuk dalam analisis kritis).

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. (Dirujuk dalam teknik pengumpulan data dan analisis data).

Umais, B. (n.d.). At-Tarikh as-Siyasi wa Mustaqbal Madani fi Libya. (Tidak disebutkan penerbit atau tahun; dirujuk dalam daftar rujukan asli).

Yusuf. (2018). Metode talaqqi dan halaqah dalam pembentukan karakter Islami. (Tidak disebutkan penerbit; dirujuk dalam telaah pustaka).

Zuhdi. (2020). Keunggulan dan kelemahan pendekatan an-Nabhani. (Tidak disebutkan penerbit; dirujuk dalam analisis kritis).




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v9i4.26924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.