Integrasi Ilmu dan Transdisiplinaritas dalam Praktik Wahdatul ‘Ulum di UIN Sumatera Utara

Muhammad Fadhli Azmi

Abstract


Penelitian ini mengkaji pemahaman civitas akademika dan praktik penerapan paradigma wahdatul ‘ulum di Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara sebagai wujud integrasi ilmu dalam kerangka Pendekatan Studi Islam Transdisipliner. Latar belakang penelitian ini merujuk pada transformasi epistemologis pasca-peralihan status dari IAIN menjadi UIN, yang menuntut penyatuan ilmu agama dan ilmu umum dalam satu visi tauhid. Penelitian ini bertujuan untuk menggali realitas sosial-akademik sebagaimana dialami dan dipahami oleh para pelaku di lingkungan UIN Sumatera Utara terkait penerapan paradigma wahdatul ‘ulum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap tiga informan utama, dosen selaku pengelola paradigma, mahasiswa, dan perwakilan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun wahdatul ‘ulum telah diadopsi secara institusional melalui kebijakan kurikuler seperti integrasi dalam Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan pembentukan Unit Wahdatul ‘ulum, implementasinya masih bersifat prosedural dan tekstual. Pemahaman yang tidak seragam di kalangan dosen, minimnya kompetensi paradigmatik, serta dominasi budaya akademik dikotomis menghambat internalisasi yang transformatif. Implikasi temuan ini menunjukkan bahwa tanpa standarisasi kompetensi, pelatihan berkelanjutan, dan desain kurikulum transdisipliner yang holistik, paradigma ini berisiko menjadi jargon administratif yang justru memperkuat dikotomi yang ingin diatasi. Penelitian ini merekomendasikan penguatan komitmen institusional untuk menjadikan wahdatul ‘ulum bukan hanya sebagai kebijakan, tetapi sebagai “poros epistemologis” yang hidup dalam seluruh praktik akademik.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adlini, Miza Nina, Anisya Hanifa Dinda, Sarah Yulinda, Octavia Chotimah, dan Sauda Julia Merliyana. (2022). “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Al Farabi, Mohammad. “Eksistensi Wahdatul ’Ulum di Lingkungan Kampus UIN Sumatera Utara,” Wawancara di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2023.

Anwar, Wan Tasya Luthfiah, Soraya Zairina Asmadi, Irma Handayani, Ilham Putra Pratama, Haidar Daulay, dan Zaini Dahlan. (2025). “Implementasi Nilai-nilai Wahdatul ‘ulum dalam Kehidupan Sosial Keagamaan Masyarakat Muslim.” Fatih: Journal of Contemporary Research 2, (1), 87–98.

Budiyono, Agus, Abd. Haris, Linda Tri Antika, Arin Wildani, dan Hosnol Hotimah. (2025). “Model Pendidikan Berbasis Lima Menara Ilmu: Kajian Integrasi Nilai Keislaman, Keindonesiaan, Kemaduraan, Kepesantrenan, dan Keaswajaan dalam Pembelajaran Sains.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 10 (2), 43–55.

Dalimunthe, Zulkifli. "Tingkat Pemahaman Mahasiswa Terhadap Wahdatul ’Ulum,” Wawancara di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 2023.

Efendi, Jonaedi, dan Prasetijo Rijadi. (2022). Metode Penelitian Hukum Normatif dan Empiris. 2 ed. Kencana.

Harahap, Muhammad Riduan. (2019). “Integrasi Ilmu Pengetahuan: Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.” Jurnal Hibrul ’Ulama 1 (1), 1–17.

Sugiyono, Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanjung, Muaz, Muniruddin, dan Bachtiar Ahmad Fani Rangkuti. (2022). “Penerapan Paradigma Wahdatul Ulum dalam Pembelajaran di Program Magister Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara Medan.” Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi adn Kajian Islam 9 (2), 12–22.

Tanjung, Yumni Febriani. “Implementation of the Concept of Wahdatul Ulum in Self - Management Towards the Formation of Insan Kamil.” Proceeding International Seminar and Conference on Islamic Studies 3 (Oktober 2025).

Uyuni, Badrah, Sandi Pratama, Winda Jubaidah, dkk. (2025). Islam dan Ilmu Pengetahuan. Get Press Indonesia.

Wulandari, Tati. (2023). “Transintegration of Science: Bridging Knowledge Boundaries in Realizing Knowledge Harmony.” Journal of Applied Transintegration Paradigm 3 (1), 1–25.

Yunita, Yenni. (2025). Model Integrasi Ilmu dan Islam dalam Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Karya Buku dan Jurnal Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v9i4.26856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.