IMPLEMENTASI METODE GERAKAN UNTUK MENGHAFAL HADIS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI KB TK ISLAM AL AZHAR 64 BATURAJA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai implemetasi dari metode gerakan untuk menghafal hadis pada anak usia 4-5 tahun di KB TK Islam Al Azhar 64 Baturaja, sekaligus menganalisa apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode gerakan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Proses pengumpulan data dilakukan secara langsung melalui wawancara, observasi, dan di dukung dengan hasil dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode gerakan dalam menghafal hadis pada anak usia 4-5 tahun di KB TK Islam Al Azhar 64 Baturaja telah dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang diharapkan, metode ini terbukti dapat memudahkan anak dalam menghafal hadis sehari-hari. Metode ini dapat terlaksana dengan baik karena didukung oleh tenaga pendidik dalam hal ini guru yang sangat berperan dalam pelaksanaan metode gerakan tersebut. Sedangkan faktor penghambat adalah masih terbatasnya dukungan dan bantuan dari pihak orangtua. Dapat disimpulkan bahwa implementasi metode gerakan untuk menghafal hadis pada anak usia 4-5 tahun telah terlaksana dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Abror, Indal. Metode Pembelajaran Al Quran. Surabaya: SUKA-Press, 2022. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57386/1/METODE%20PEMBELAJARAN%20AL-QUR%E2%80%99AN%20Kumpulan%20Metode-Metode%20Belajar%20Huruf%20Al-Qur%E2%80%99an.pdf
Al-Suyuti, Jalal al-Din. Al-Jami’ al-Shaghir fi Ahadith al-Bashir al-Nadhir. Beirut: Dar al-Fikr, 1968.
Arifudin, Opan, dkk. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: Widina Bhakti Persada, 2021. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/340630-konsep-dasar-pendidikan-anak-usia-dini-a45580e6.pdf
Bandura, Albert. Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall, 1977.
Berk, Laura E. Infants and Children: Prenatal Through Middle Childhood. 8th ed. Boston: Pearson, 2018.
Chasanah, Umi. “Pembentukan Karakter Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Hadis.” Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2, no. 1 (2017): 45–57. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/paud/article/view/35
Dewantara, Ki Hajar. Pendidikan: Pemikiran, Konsepsi, dan Keteladanan. Yogyakarta: Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa, 2004.
Gardner, Howard. Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books, 1983
Goleman, Daniel. Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. New York: Bantam Books, 1995.
Halik, Abdul. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
Hay, David. Something There: The Biology of the Human Spirit. London: Darton, Longman and Todd, 2006.
Isnaeni, Novia. “Pendidikan Agama Islam sebagai Pondasi Pembentukan Moral Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (2020): 112–119. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-ulum/article/view/1660
Kohlberg, Lawrence. The Philosophy of Moral Development: Moral Stages and the Idea of Justice. San Francisco: Harper & Row, 1981.
Lahmi, Lahmi. “Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Potensia 5, no. 2 (2020): 101–109. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/potensia/article/view/254
Mansur, AR. Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah. Padang : Andalas University Press. 2019.
Miles, Matthew B., and A. Michael Huberman. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. 2nd ed. Thousand Oaks, CA: Sage Publications, 1994.
Montessori, Maria. The Discovery of the Child. Translated by M. Joseph Costelloe. New York: Ballantine Books, 1967.
Musfiroh, Tadkiroatun. Strategi Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.
Nata, Abuddin. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.
Nawawi, Ahmad. “Peran Keteladanan dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmiah Didaktika 13, no. 2 (2012): 25–32. https://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/didaktika/article/view/79.
Nur Aida, Saudah, Nurul Wahdah, dan Muzakki. “Latihan Menghafal Hadist Menggunakan Metode Gerakan Kelompok B di RA Al-Hijrah.” MESTAKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3, no. 1 (2024): 105–110.
Piaget, Jean. The Origins of Intelligence in Children. New York: International Universities Press, 1952.
Pulungan, Dedi. “Integrasi Nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Anak 5, no. 1 (2021): 65–75. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/paud/article/view/15052.
Pujianti, Endah. Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Deepublish, 2021.
Shonkoff, Jack P., and Deborah A. Phillips, eds. From Neurons to Neighborhoods: The Science of Early Childhood Development. Washington, DC: National Academy Press, 2000.
Skinner, B. F. Science and Human Behavior. New York: Macmillan, 1953.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2022.
Suryana, Dadan. Perkembangan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Jakarta: Kencana, 2019.
Suyadi, Suyadi, dan Nurul Ulfatin. “Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Nilai-Nilai Islam.” Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (2013): 1–18. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPI/article/view/302.
Suyadi. “Pendidikan Islam Anak Usia Dini: Konsep dan Urgensinya dalam Membentuk Karakter Islami.” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 3, no. 1 (2015): 121–135.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003.
Vygotsky, Lev S. Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Edited by Michael Cole et al. Cambridge, MA: Harvard University Press, 1978.
Yin, Robert K. Case Study Research and Applications: Design and Methods. 6th ed. Thousand Oaks, CA: Sage Publications, 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v9i3.24316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.