NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM ALQURAN (Kajian Surah An-Nahl)

Ali Imran, Achyar Zein, Siyamu Manurung

Abstract


ABSTRACT: This research aims to analyze: 1) What is the values of education contained in the story of an-
Nahl surah? and 2) What is the relevance values of education in the story of an-Nahl surah based on
education now? This research uses qualitative method, with use science approach to the interpretation of
patterns analytical interpretation (analytical) which was used Holy Alquran and tafsir book. The results
showed that: 1) There are some values of Islamic education in story of an-Nahl surah in the Holy Alquran,
they are: Aqidah value likes: confidence to Allah swt, confidence to angel, confidence to holi books, confidence
to messenger, confidence to day after and confidence to qodho and qodhar. Syari’ah value likes:
responsibility, good job, halal foods, and akhlak value likes: say no to bad job, lie and the other. And 2) A story
of an-Nahl surah has relevance with education with education today. This story has education and model
actually to world education today. Therefore, this story more important for actualized in the living for moslems,
with it a moslem have good the intellectual dimension, intellegience, spiritual dan emotional.Then can to
solve the problems to become better and help the learning process with the aim of becoming a servant of Allah
swt based on Holy Alquran and Hadis.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1)Apa saja nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam Alquran
surah an-Nahhl? dan 2) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam Alquran surah
an-Nahldengan pendidikan yang sekarang? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif bercorak studi
pustaka dengan menggunakan pendekatan tafsir tematik. Adapun yang menjadi sumbernya adalah Alquran
dan kitab tafsir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam Alquran surah an-Nahl terdapat nilainilai
pendidikan akidah meliputi iman kepada Allah, iman kepada malaikat, iman kepada kitab, iman
kepada Rasul, iman kepada hari kiamat dan iman kepada qadha dan qadar, nilai-nilai pendidikan syari’ah
meliputi nilai ketaatan, amal saleh dan makan yang halal lagi baik, dan nilai-nilai pendidikan akhlak
meliputi akhlakmahmudahmeliputi adil,ihsan, memberi bantuan, menepati janji, syukur, dan sabar, dan
akhlakmazmumah meliputi larangan berbuat keji, mungkar, permusuhan dan melanggar sumpah. 2)
nilai-nilai pendidikan dalam Alquran surah an-nahl memiliki relevansi dengan pendidikan sekarang ini.
Oleh karena itu, nilai-nilai pendidikan dalam surah an-nah}lini penting diterapkan dalam pendidikan
yang sekarang dengan harapan dapat mencetak generasi yang memiliki akidah yang kuat, ibadah yang
berkelanjutan dan akhlak yang mulia.
Kata Kunci: Pendidikan, Alqur’an dan An-Nahl

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Achmadi,Ideologi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Agil Husin Al Munawar, 21Said,Aktualisasi NilaI-Nilai Qurani dalam Sistem Pendidikan Islam, Ciputat: PT

Ciputat Press, 2005.

Al Rasyidin,Percikan Pemikiran Pendidikan dari Filsafat hingga Praktik Pendidikan, Bandung: Cita Pustaka

Media Perintis, 2009.

Amri Syarif, Ulil,Pendidikan Karakter Berbasis al-Quran, Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Fuad Abd al-Bâqi, Muhammad, Al-Mu’jâm al-Mufahras al-Alfâý al-Qur’ân al-Karim, t.t.p.: Dâr al-Fikr, 1981.

Fuad Pasya, Ahmad, Dimensi Sains Alquran: Menggali Ilmu Pengetahuan dari Alquran, Solo: Tiga Serangkai,

Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Mujib, Abdul dan Yusuf Muzakkir,Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006.

Ramayulis,Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 1994.

Yahya, M. Daud,Nilai-Nilai Pendidikan dalam Alquran, Banjarmasin: Antasari Press, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.