KONSEP EVALUASI PENDIDIKAN DALAM ALQURAN SURAH AZ-ZALZALAH AYAT 7-8 DAN AL-BAQARAH AYAT 31-34

Fitri Ramadhani, Syamsu Nahar, Syaukani

Abstract


Abstract: The purposes of this study are, 1). To analyze the principles of education in Surah Az-Zalzalah
Verse 7 – 8 and Al-Baqarah Verse 31 – 34, 2). To analyze the types of evaluation in Surah Az-Zalzalah
Verse 7 – 8 and Al-Baqarah Verse 31 – 34, 3). To analyze the relevance of evaluation concept in Surah
Az-Zalzalah Verse 7 – 8 and Al-Baqarah Verse 31 – 34 with the evaluation of Islamic education at
present. The type of this research is qualitative research, which uses the primary source derived from
Qur’anic commentaries. This reseach provides conclusions as follows: 1). The principles of evaluation
in both surah refer to the purpose ofAl kamal, istimrar, maudhuiyyah, alfariq and‘adula. 2). The types
of evaluation in these surah, are:first the evaluation includes all the use of powers and resources which
in humans beings to produce an outstanding output of work.Second the types of evaluation is used to
know the level of knowledge (al-‘ilm).
Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk menganalisis prinsip-prinsip evaluasi yang terdapat dalam surah
az-Zalzalah ayat 7-8 dan al-Baqarah ayat 31-34, 2). Untuk menganalisis jenis-jenis evaluasi yang
terdapat dalam surah az-Zalzalah 7-8 dan al-Baqarah ayat 31-34, dan 3). Untuk menganalisis relevansi
konsep evaluasi yang ada dalam surah az-Zalzalah 7-8 dan al-Baqarah ayat 31-34 dengan evaluasi
pendidikan Islam pada masa kini. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang menggunakan
sumber primernya adalah tafsir Alquran. Akhirnya penelitian ini berkesimpulan: 1). Prinsip evaluasi
yang terdapat dalam kedua surah adalah mengacu pada tujuan, prinsip Al kamâl, prinsip istimrâr,
prinsipmaudhûiyyah, prinsip alfâriq, dan prinsip ‘adula. 2). Jenis evaluasi yang terdapat dalam kedua
surah ini adalah yang pertama evaluasi yang dilakukan mencakup semua penggunaan daya yang
pada manusia dimulai menghasilkan suatu pekerjaan atau perbuatan.Kedua jenis evaluasi yang digunakan
yaitu evaluasi untuk mengatahui tingkat ilmu pengetahuan (al-‘ilm).
Kata Kunci: Evaluasi, Pendidikan dan Alqur’an

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Arifin,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009).

Anwar, Rosihun,Ulum Al-Quran (Bandung: Pustaka Setia, 2010)

Arifin, Zainal,Evaluasi Pembelajaran (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012), cet. Ke- 4

Arifin, Muhammad,Ilmu Pendidikan Islam ( Jakarta: Bumi Aksara 1991), Cet. ke-1

Departemen Agama RI,Al-Hidayah Al-Qur’an Tafsir Perkata Tajwid Kode Angka (Ciputat Timur: Kalim)

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,Kamus Besar Bahasa Insonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1995)

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama,Kumpulan Undang-undang dan Peraturan Pemerintah

RI Tentang Pendidikan (Jakarta: Departemen Agama, 2007)

Al-Jurjani, At-Ta’rifat, Ath-Thaba’ah wa An-Nasyr wa At-Tauzi’, (Jeddah, t.t.)

Kamisa,Kamus Lengkap Bahasa Indonesia (Surabaya : Kartika, 1997)

Al Masri, M. Nazar,Jurnal Evaluasi Menurut Filsafat Pendidikan Islam (Pekanbaru: STAI Al Azhar, 2014)

Nata, Abudin,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana Pemuda Media Group, 2010)

Poespoprodjo, W.Logika Scientifika Pengantar Dialektika dan Ilmu (Bandung: Pustaka Grafika, 2007)

Purwanto, M. Ngalim,Prinsip- Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya,

Cet. Ke- 13

Putra, Sitiatava Rizema,Desain Evaluasi Belajar Berbasis Kinerja, (Yogyakarta: Diva Press, 2013)

Peraturan Pemerintah No.19 BAB I, Pasal 1 ponit 18 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

al-Qammân, Mannâ Khalîl,Studi Ilmu-Ilmu Qur’an, (Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa, 2015)

Ramayulis,Ilmu Pendidikan islam (Jakarta: Kalam Mulia, 2008) , cet. Ke-6.

Ratnawulan, Elis, dan Rusdiana, Evaluasi Pembelajaran (Bandung: Pustaka Setia, 2015)

Al Rasyidin,Filsafat Pendidikan Islam (Bandung: Ciptapustaka, 2008)

Sudjana, Nana,Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru, 2002)

Thaha, M. Chabib,Teknik-Teknik Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996)

Tafsir, Ahmad,Metodologi Pengajaran Agama Islam, Cet. IV (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1999)

Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 20 Tahun 2003, Pasal 3, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yusuf, A.Muri,Asesmen dan Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Kencana, 2017)

Zuhera, Yuni, dan Sy. Habibah, Jurnal Ilmiah :Kendala Guru Dalam Memberikan Penilaian Terhadap Sikap

Siswa Dalam Prosespembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Di Sd Negeri 14 Banda Aceh

(Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala, 2017), Volume 2 Nomor 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i2.1803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.