INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SEKOLAH DASAR NEGERI 097523 PERUMNAS BATU VI KECAMATAN SIANTAR KABUPATEN SIMALUNGUN

Khairuddin Ahmad Hidayah Harahap, Wahyudin Nur Nasution, Mardianto

Abstract


This study aims to find out what learning innovations conducted, furthermore, how the impact of learning
innovation, and want to know the factors supporting and inhibiting the implementation of learning innovation
conducted by the State Elementary School 097523 Perumnas Batu VI Siantar District Simalungun.
This research uses qualitative approach. The result of the research shows that the learning innovation is
emphasized on: First, the submission of Islamic Religion Education materials is applied four learning
innovations namely contextual Teaching and Learning (CTL) strategy, power point media, mobile media
and religious practice competition. Second, the Impact of Innovation Implementation Learning is seen in
the following two things: a) That students become trained to relate between the lessons learned and what
is happening in the environment at that time, b). Results on changing attitudes of students who are getting
better. Third, Supporting Factors and Factors inhibiting the implementation of Learning Innovation in the
Subject of Islamic Religious Education: 1) the supporting factors of PAI learning innovation are as follows:
a). The ability of teachers. b). Students ‘ability. c). Supporting facilities and infrastructure. 2). Inhibiting
factors in Learning Innovation Implementation include the following: a) .The limitations of teachers. b).
Insufficient infrastructure and facilities. c). Psychological abilities and psychological psyche.
Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui apa saja inovasi pembelajaran yang dilakukan, selanjutnya bagaimana
dampak dilaksanakanya inovasi pembelajaran, serta ingin mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat
pelaksanaan inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh SD Negeri 097523 Perumnas Batu VI Kecamatan
Siantar Kabupaten Simalungun.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan
bahwa inovasi pembelajaran yang dilakukan menekankan pada:Pertama, Penyampaian materi Pendidikan
Agama Islam yang diberikan menerapkan empat Inovasi pembelajaran yakni strategicontextual Teaching
and Learning (CTL), mediapower point, media handphone serta perlombaan praktek ibadah. Kedua,
Dampak Pelaksanaan Inovasi Pembelajaran terlihat pada dua hal berikut ini: a) siswa menjadi terlatih
mengaitkan antara pelajaran yang diperoleh dengan apa yang terjadi di lingkungan saat itu, b). Perubahan
sikap siswa yang semakin membaik.Ketiga, Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat pelaksanaan Inovasi
Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: 1) faktor pendukung inovasi pembelajaran
PAI adalah sebagai berikut ini: a). Kemampuan guru. b).Kemampuan siswa. c). Sarana dan prasarana.
2). Faktor penghambat dalam Pelaksanaan Inovasi Pembelajaran antara lain adalah sebagai berikut:
a).Keterbatasan guru. b).Sarana dan prasarana yang kurang memadaii. c).Kemampuan dan jiwa psikologis
siswa yang beragam.
Kata Kunci: Inovasi Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Dafar pustaka

Abdullah, Imam Abi, Muhammad Ibnu Ismail,Shahih Bukhari Jilid I, (Istambel: Darul Fikr, 1981)

Arsyad, Azhar,Media Pembelajaran.( Jakarta: RajaGrafindo Persada,2007)

Alwasilah, A. Chaedar, Contextual Teaching & Learning, (Bandung: Mizan Learning Center (MLC), 2006)

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni,Teori Belajar dan Pembelajaran.( Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,2007)

Bell, Margaret E.Belajar dan Membelajarkan.(Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada,1994)

Dooley, Kim. E. Jurnal : “Educational Technology & Society”, 1999

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,Kamus Besar Bahasa Indonesia.(Jakarta: Balai Pustaka,1999)

Ibrahim,Inovasi Pendidikan (Jakarta:Dirjen Dikti Dekdikbud, 1988)

Kunandar,Guru Professional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, (Jakarta: PT. RajaGrafindo

Persada, 2007)

L. Ali,Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 1996)

Munadi, Yudhi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. (Jakarta: Gaung Persada Press, 2008)

Mulyasa, E.Kurikulum Yang Disempurnakan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006)

Muhaimin,Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah (Bandung,

Remaja Rosda Karya, 2002)

———————,Arah Baru Pengembanagn Pendidikan Islam;Pemberdayaan Pengembangan Hingga Redefinisi

Islamisasi Pengetahuan (Bandung, Nuansa, 2003)

Nurhadi, dkk,Pembelajaran Konetekstual dan Penerapan Dalam KBK,(Malang: Penerbit Universitas Negeri

Malang, 2003)

Nasution,Asas-Asas Kurikulum (Jakarta: Bumi Aksara, 1995)

—————-,Teknologi Pendidikan.(Jakarta: Bumi Aksara,1994)

Petersalim dan Yenny Salim,Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. (Jakarta: Modern English Frees,1991)

Prawradilaga, Dewi Salma, dan Eveline Siregar,Mozaik Teknologi Pendidikan.(Jakarta: Prenada Media,2004)

Partanto, Pius A. & M. Dahlan Al Barry,Kamus Ilmiah Populer, (Surabaya: Arkola, 1994)

Roger, Everett M.Diffusions of Innovations, (New York: The Fre Perss, 1983)

Sanjaya, Wina,Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta:Kencana Prenada, cet.3, 2010)

—————————, Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan (KTSP), (Jakarta: Kencana, 2010)

Soemanto, Wasty,Petunjuk untuk Pembinaan Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1980)

Sadiman, Arief S. dll.,Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. (Jakarta: PT.

RajaGrafindo Persada, 2007)

Syukur, Fatah,Teknologi Pendidikan. (Semarang: Rasail, 2002)

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 (Jakarta: Cipta Jaya, 2003)

Totok. Pentingnya Inovasi dan Pengembangan kurikulum.http://totok.student.fkip.uns.ac.id/2010/01/12/pentingnyainovasi-

dan-pengembangan-kurikulum/. Diakses tanggal 12 Oktober 2017.

Irwan. Inovasi Pendidikan.http://www.scribd.com/doc/46943395/Inovasi-Kurikulum-Full. Diakses tanggal 12

Oktober 2017.

http:/elink.sinau.web.id, diakses 26 Juni 2011

http:/elink.sinau.web.id, diakses 28 Juni 2017

http:/elink.sinau.web.id, diakses 28 Juni 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.