PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 064025 KECAMATAN MEDAN TUNTUNGAN

Saprin Efendi, Saiful Akhyar Lubis, Wahyudin Nur Nasution

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to find out the teacher’s plan at Islamic education learn teaching
at SD of State 064025 Medan Tuntungan, the teacher’s doing at Islamic education learn teaching, the
problem is being faced by teachers under teaching. The obstacles and supports are faced by teacher
during teaching and the solve of teacher’s target at the problem of Islamic education learning This research
used the qualitative method. The research’s result of the problem of Islamic education learning at
SD of State 064025 Medan Tuntungan are from the problems, the teacher made designing of learning and
made the exploration diagram of skill via example non example concept, class discussion, concept map
and scientific learning based on thematic. The doing are all the students made panel to write the question
on hand out, demanded them to develop practice via example non example concept, class discussion,
concept map and scientific learning based on thematic. The problems are on invitation or apperception at
plan, exploration and explanation. The obstacles are less of the parents’ participation, less of attention and
evaluation. From the supports are relevant to KTSP and K-13. Audio visual provided the pictures based on
concept map and scientific learning. And the solves are designed evaluation at recitation changing, discussion
based on opinions’ exchanging.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan guru dalam pembelajaran pendidikan agama
Islam di SD Negeri 064025 Kecamatan Medan Tuntungan, pelaksanaan guru dalam pembelajaran pendidikan
agama Islam di SD Negeri 064025 Kecamatan Medan Tuntungan, problematika yang dihadapi guru PAI,
faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi guru PAI dan solusi yang dicapai guru PAI dalam
problematika pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil
penelitian pertama bahwa problematika pembelajaran PAI di SD Negeri 064025 Kecamatan Medan
Tuntungan ini dari perencanaannya membuat desain pembelajaran dan membuat diagram pengembangan
kecakapan melalui konsepexample non example, diskusi kelas, peta konsep dan pembelajaran saintifik
berbasis tematik. Pelaksanaannya setiap kelompok menuliskan pertanyaan dalamhand out. Problematikanya
dalam invitasi atau apersepsi, dalam perencanaan, dalam eksplorasi serta dalam penjelasan. Faktor penghambatnya
kurangnya daya dukung dari para orang tua, kurangnya atensi besar, kurangnya evaluasi. Dari segi
pendukung relevan Kurikulum KTSP dan K-13. Sedangkan solusinya membuat evaluasi dalam pertukaran
resitasi, diskusi dan Diskusi berdasarkan saling berbagi pendapat dan gurunya membuat tes psikomotor.
Kata kunci: Problem, Pendidikan dan Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Al-Abrasyi, Muhammad ‘Athiyyah, Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Islam (Bandung: Pustaka Setia,

Depdikbud, “Kamus Besar Bahasa Indonesia” (Jakarta, Balai Pustaka, 1996)

Damopoli, Mujahid,Problematika Pendidikan Islam dan Upaya Pemecahannya (Jurnal Nasional Manajemen

Pendidikan Islam, Tadbir ISSN: 2338-6673,2015),Volume 3

Elwiddah, Minnah,Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah

Pertama (Jurnal Nasional: at-Ta’lim, 2013), volume 1

Fanany, Abd. Chayyi,Ilmu Pendidikan Islam (Surabaya: Taruna Media Pustaka, 2010)

Istarani,58 Model Pembelajaran Inovatif: Referensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran. Cet.III

(Medan: Media Persada,2012)

Indar, M. Djumberansyah,Filsafat Pendidikan (Surabaya: Karya Abditama, 2001)

Karton, Kartini,Problematika Kehidupan; teori dan praktis (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010)

Majid, Abdul,Perencanaan Pembelajaran : Mengembangkan Standar Kompetensi Guru (Bandung: Remaja

Rosda Karya, Cet.11, 2007)

Mufidah, Ratna,Proses Internalisasi Akhlaq Karimah Dalam Kehidupan Anak Periode Pranatal (STAIN

Pamekasan: Karsa Media Keilmuan, Keislaman dan Pendidikan, 1998)

Muhaimin,Paradigma Pengertian Pendidikan Islam (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003)

Noorhidayati, Salamah,Perspektif Pendidikan Islam (Jurnal Ilmiah Tarbiyah: STAINTA, 2001)

NK, Roestiyah,Strategi Belajar Mengajar (Jakarta: Rineka Cipta,, 2008)

Pupuh, Faturrahman,Strategi Belajar Mengajar (Bandung: Refika Aditama, 2007)

Rasyid, Anwar,Ilmu Pendidikan Islam;Teori dan Aplikasi (Surabaya: TMP, 2010)

Rauf, Abd.Potret Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum (Jurnal Nasional, 2015), volume 3 Nomor1

Sanjaya, Wina,Kurikulum Pembelajaran Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan (KTSP) (Jakarta: Prenada Media Group, 2008)

Uno, Hamzah B, Model Pembelajaran; Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif

(Jakarta: Bumi Aksara, 2007)

Uhbiyati, Nur,Ilmu Pendidikan Islam (Bandung: CV Pustaka Setia, Cet.I, 1998)




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i2.1752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.