NILAI-NILAI INTEGRASI ILMU PENGETAHUAN DALAM KURIKULUM 13

Zamiat Subari, Wahyudin Nur Nasution, Mardianto

Abstract


terbitnya kurikulum 2013.Kedua, mendeskripsikan visi atau nilai-nilai integrasi ilmu pengetahuan yang
terkandung dalam kurikulum 2013. Ketiga, mendeskripsikan tujuan visi atau nilai-nilai integrasi ilmu
pengetahuan yang terkandung dalam kurikulum 2013.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan
(library research), dengan pendekataancontent analysis (kajian isi), di mana penelitian ini bersifat pembahasan
yang mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis atau tercetak dalam bentuk dokumen kurikulum
2013. Berdasarkan temuan penelitian diperoleh informasi bahwa.Pertama, Kurikulum 2013 dikembangkan
di atas beberapa latar belakang yang mengandung nilai atau visi yang kuat untuk mewujudkan konsep
pembelajaran yang bersifat integratif.Kedua, Nilai atau visi integrasi keilmuan dalam kurikulum 2013
terdapat pada tiga tempat, yaitu (a) pada rumusan karakteristik kurikulum 2013 tersebut yang menekankan
orientasi pengembangan diri siswa secara integratif yaitu integrasi antara aspek spiritual, intelektual, dan
sosial, (b) pada prinsip-prinsip pembelajaran yang terkandung dalam rumusan kurikulum 2013, seperti
prinsip pembelajaran berbasis integrasi karakter, prinsip pembelajaran integratif-multidisipliner, prinsip
pembelejaran integratif-berdiferensiasi, dan prinsip pembelajaran terpadu (tematik-integratif), dan (c)
pada rumusan penilaian otentik yang diberlakukan dalam kurikulum 2013.Ketiga, Tujuan dari nilai atau
visi integrasi keilmuan dalam kurikulum 2013 berorientasi pada beberapa hal berikut: (a) Terwujudnya
pendidikan yang berakar pada budaya bangsa untuk membangun kehidupan bangsa masa kini dan
masa mendatang, (b) Terwujudnya peserta didik sebagai pewaris budaya bangsa yang kreatif, (c) Terwujudnya
pendidikan yang dapat mengembangkan kecerdasan intelektual dan kecemerlangan akademik melalui
pendidikan disiplin ilmu, dan (d) Terwujudnya pendidikan yang mampu membangun kehidupan masa
kini dan masa depan yang lebih baik dari masa lalu dengan berbagai kemampuan intelektual.
Kata Kunci: Nilai, Integrasi dan Kurikulum.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdullah, M. Amin,Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-interkonektif, (Yogyakarta:

Pustaka Pelajar, 2012)

Berkes, Niyazi,The Development of Secularism in Turkey, (Montreal: McGill University Press, 1964)

Daud, Wan Mohd. Nor Wan, Konsep Ilmu Dalam Islam, terjemahan, (Malaysia: Dewan Bahasa dan

Pustaka Malaysia, 1994)

————————————————————,Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M. Naquib

Al-Attas, (Bandug: Mizan, 2003)

Harahap, Syahrin,Islam dan Modernitas: Dari Teori Modernisasi Hingga Penegakan Kesalehan Modern,

(Jakarta: Prenadamedia Group, 2015)

Humaidi,Paradigma Sains Integratif Al Farabi, (Jakarta: Sadra Press, 2015)

Herry, Hernawan Asep,et.al.,Pengembangan Kurikulum dan Pengembangan, (Jakarta :Universitas Terbuka,

Kartanegara, Mulyadhi,Menyibak Tirai Kejahilan: Pengantar Epistemologi Islam, (Bandung: Mizan, 2003)

Kuntowijoyo,Islam Sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, dan Etika, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan

dan Kebudayaan Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum

Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan, (dokumen, tidak diterbitkan)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesa,Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan

Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur

Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan, (dokumen, tidak diterbitkan)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dokumen Kurikulum 2013, (dokumen,

tidak diterbitkan)

Lubis, Nur A. Fadhil,Rekonstruksi Pendidikan Tinggi Islam: Memberi Makna Kelahiran UIN SU, (Bandung:

Citapustaka Media, 2014)

Marynasari Fitri Hasibuan,Paradigma Tugas Guru Dalam Kurikulum 2013, tersedia:http://sumut.kemenag.go.id.

diakses pada tanggal 24 Agustus 2014

Riyanto, Waryani Fajar,Integrasi-Interkoneksi Keilmuan: Biografi Intelektual M. Amin Abdullah, (Yogyakarta:

Suka Press, 2013, Buku Pertama)

——————————————————-,Integrasi-Interkoneksi Keilmuan: Biografi Intelektual M. Amin

Abdullah, (Yogyakarta: Suka Press, 2013, Buku Kedua)

Sanjaya, Wina,Kurikulum Pembelajaran, (Jakarta: Prenada Media, Cet. 3, 2010)

Sukmadinata, Nana Syaodih,Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, (Bandung: Rosdakarya, 1997)

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI,Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, (Yogyakarta: PT Imtima, 2007)




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i2.1751

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.