DINAMIKA PESANTREN MODERN DARULARAFAH RAYA KECAMATAN KUTALIMBARU KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA
Abstract
Darularafah Raya. This research uses a qualitative method. The results showed that: 1) Management in
Pesantren Darularafah Raya has been managed in a neat and professional manner, this is evidenced by
the planning (planning), organizing (organizing), actuating, and control (controlling) is good, conducted
Pesantren Darularafah Raya. 2) The institutional dynamics in Darularafah Raya Pesantren has a very
large coverage. This is evidenced by the existence of various institutions owned by Pesantren Darularafah
Raya, Majelis Kiai, Headmaster and Head of Madrasah, Board of Parenting (BPS) and Dyah (BPD) 2)
Educational Institution at Darularafah Raya Islamic Boarding School education. The educational system
consists of educational objectives, educator and educational situation, curriculum, and facilities / infrastructure.
Every year there is dynamics in the education system at Pesantren Darularafah, this is evidenced
by the evaluation or evaluation of the performance of educators every year.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) dinamika manajemen Pesantren Darularafah Raya, 2)
dinamika kelembagaan Pesantren Darularafah Raya, 3) dinamika sistem pendidikan di Pesantren Darularafah
Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dinamika
manajemen di Pesantren Darularafah Raya dikemanajemen lola oleh manajer-manajer yang sejak awal
berdirinya sampai sekarang dipegang oleh pihak keluarga yayasan Pesantren darularafah raya, walaupun
demikian, secara rapi dan profesional, hal ini terbukti dengan perencanaan (planning), pengorganisasian
(organizing), penggerakan (actuating), dan pengawasan (controlling) yang baik, yang dilakukan Pesantren
Darularafah Raya. 2) Dinamika kelembagaan di Pesantren Darularafah Raya memiliki cakupan yang sangat
besar. Hal ini terbukti dengan adanya berbagai macam lembaga yang dimiliki oleh Pesantren Darularafah
Raya, Majelis Kiai, Kepala Sekolah dan Kepala Madrasah, Badan Pengasuhan Santri (BPS) dan Badan
Pengasuhan Dyah (BPD) 3) Dinamika sistem pendidikan di Pesantren Darularafah Raya pada masa tahun
1985, mula-mula pada beberapa tahun ke depan tenaga pendidik di Pesantren ini merupakan alumni dari
Pondok Modern Gontor, namun pada tahun 1995 para pendidik di Pesantren ini mulai bertambah dan
beberapa sudah menyelesaikan studi program sarjana.
Kata Kunci: Dinamika, Pesantren, Darularafah
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Azra, Azyumardi,Pendidikan Islam : Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Pamulang Timur :
Logos Wacana Ilmu, 1999.
Daud Ali, Muhammad dan Habibah Daud,Lembaga-Lembaga Islam di Indonesia,, Jakarta : PT Raja Grafindo
Persada, 1995.
Dewan Redaksi,Ensiklopedia Islam, Jakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve. 1994.
Djamaluddin,Teologi Pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2001.
Putra Daulay, Haidar,Sejarah Pertumbuhan dan Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, Medan : Perdana
Publishing, 2014.
Putra Daulay, Haidar,Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Cet. IV, Jakarta:
Kencana Prenadamedia Group, 2014.
Qomar, Mujamil, Pesantren: dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi, Jakarta : Erlangga,
Steenbrink, Karel A.,Pesantren Madrasah Sekolah, Jakarta : LP3ES, 1994.
Wahjoetomo,Perguruan Tinggi Pesantren, Jakarta: Gema Insani Press, 1997.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i2.1730
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.