NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM ALQURAN (KAJIAN KISAH NABI DAUD AS)

Imam Rinaldi, Achyar Zein, Zulheddi

Abstract


ABSTRACT: This research aims to analyze: 1) How is the story of the prophet Daud as in the Holy Alquran.
2) What is the values of education contained in the story of Prophet Daud as. and 3) What is the relevance
values of education in the story of prophet Daud as based on education now. This research uses qualitative
method. With use science approach to the interpretation of patterns thematic interpretation (maudhu’i)
which was initiated by Abd Hayy al- Farmawi. The results showed that: 1) Daud as is one of the messenger
of Allah swt, he was brought Zabur for continue of doctrine was teached prophet Musa as to Bani Isra’il. 2)
while the values of education obtained from this research is the value of monotheism, worship and morals
that include patience, tolerance, responsibility, truth and compliance. And 3) A story of prophet Daud as has
relevance with education with education today. This story has education and model actually to world education
today. Therefore, this story more important for actualized in the living for moslems,with it a moslem have
good the intellectual dimension, intellegience, spiritual dan emotional.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Kisah nabi Daud as dalam Alquran, 2) Nilai-nilai pendidikan
yang terdapat pada kisah nabi Daud as, dan 3) Relevansi nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada kisah
nabi Daud as dengan kondisi saat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan
pendekatan tafsir tematik. Referensi metodologis utamanya ialah karya Abd Hayy al-Farmawi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) Daud as merupakan salah satu nabi dan rasul Allah swt, ia diutus
untuk membawa ajaran Zabur dan meneruskan ajaran yang dibawa oleh nabi Musa as kepada Bani
Isra’il. 2) Adapun nilai-nilai pendidikan yang diperoleh dari penelitian ini ialah nilai tauhid, nilai ibadah
dan nilai akhlak yang meliputi: sabar, jujur, patuh, adil, amalma’ruf, larangan mengikuti hawa nafsu dan
syukur 3) Kisah nabi Daud as dalam Alquran memiliki relevansi dengan pendidikan saat ini, kisah tersebut
banyak mengandung pelajaran dan hikmah. Oleh karena itu, kisah ini penting untuk diaktualisasikan
bagi setiap umat Islam dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian diharapkan dapat memiliki kecerdasan
intelektual, spiritual dan emosional yang baik dan benar.
Kata Kunci: Nilai, Pendidikan, Alqur’an

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Al-Rasyidin,Falsafah Pendidikan Islam: Membangun Kerangka Ontologi, Epistomologi dan Aksiologi Praktik

Pendidikan, Bandung: Cita Pustaka Media Perintis, 2010.

Al-Rasyidin,Percikan Pemikiran Pendidikan, dari Filsafat Hingga Praktik Pendidikan, Bandung: Cipta Pustaka

Media Perintis, 2009.

Al-Thaumy al-Syaibany, Omar, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Arifin, Bey,Rangkaian Cerita dalam Alquran, Bandung: Alma’arif, 1993.

Ash-Shiddieqy, T.M. Hasbi,Sejarah dan Pengantar Ilmu Tauhid, Jakarta: Bulan Bintang, cet.6, 1973.

Bakar Atjeh, Abu,Filsafat dalam Islam, Semarang: CV. Ramadhani,1971.

Daud Ali, Mohammad,Lembaga-lembaga Islam di Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1995.

Daud Ali, Mohammad,Lembaga-lembaga Islam di Indonesia, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 1995.

Djahiri, A. Kokasih dan Abdul Aziz Wahab,Dasar-Dasar Pendidikan Moral. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti,

Fathiyah Hasan, Sulaiman,Aliran-Aliran Dalam Pendidikan, Studi Tentang Aliran Pendidikan

Menurut al-Ghazali, Semarang: CV. Toha Putra, 1993.

Fadhil al-Jamil, Muhammad,Filsafat Pendidikan Dalam Alquran, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1995.

Gani, Bustami A., dan Zainal Abidin Ahmad,Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna, Jakarta:

Bulan Bintang, 1980.

Herimanto dan Winarno,Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Jakarta : Bumi Aksara, 2011.

Kartono, Kartini, Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis, Bandung: Mandar Maju, 1992.

Kholiq, Abdul, et. al,Pemikiran Pendidikan Islam, Yogyakarta :Pustaka Pelajar, 1999.

Langgulung, Hasan, Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam (Bandung: al-Ma’arif, 1980.

Nasution, Harun,Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, jilid I, Jakarta: UI Press, 1982.

Mulyana, Rohmat,Mengartikulasi Pendidikan Nilai, Bandung: Alfa Beta, 2011.

Sudirman N,Ilmu Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.

Syah, Darwin, Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam , Jakarta : Gaung Persada

Press, 2007.

Syadali, AhmadUlumul Qur’an II, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.

Salim, Peter,Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Edisi Pertama, Jakarta: Modern English Press, 1991.

Ramayulis,Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Kalam Mulia, 1994.

Yahya, Idris,Telaah Akhlak dari Sudut Teoritis, Semarang : Fakultas Ushuludin IAIN Walisongo, 1983.

DAFTAR PUSTAKA

Al-Rasyidin,Falsafah Pendidikan Islam: Membangun Kerangka Ontologi, Epistomologi dan Aksiologi Praktik

Pendidikan, Bandung: Cita Pustaka Media Perintis, 2010.

Al-Rasyidin,Percikan Pemikiran Pendidikan, dari Filsafat Hingga Praktik Pendidikan, Bandung: Cipta Pustaka

Media Perintis, 2009.

Al-Thaumy al-Syaibany, Omar, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Jakarta: Bulan Bintang, 1979.

Arifin, Bey,Rangkaian Cerita dalam Alquran, Bandung: Alma’arif, 1993.

Ash-Shiddieqy, T.M. Hasbi,Sejarah dan Pengantar Ilmu Tauhid, Jakarta: Bulan Bintang, cet.6, 1973.

Bakar Atjeh, Abu,Filsafat dalam Islam, Semarang: CV. Ramadhani,1971.

Daud Ali, Mohammad,Lembaga-lembaga Islam di Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1995.

Daud Ali, Mohammad,Lembaga-lembaga Islam di Indonesia, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 1995.

Djahiri, A. Kokasih dan Abdul Aziz Wahab,Dasar-Dasar Pendidikan Moral. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti,

Fathiyah Hasan, Sulaiman,Aliran-Aliran Dalam Pendidikan, Studi Tentang Aliran Pendidikan

Menurut al-Ghazali, Semarang: CV. Toha Putra, 1993.

Fadhil al-Jamil, Muhammad,Filsafat Pendidikan Dalam Alquran, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1995.

Gani, Bustami A., dan Zainal Abidin Ahmad,Pendidikan Islam dan Madrasah Hasan Al-Banna, Jakarta:

Bulan Bintang, 1980.

Herimanto dan Winarno,Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Jakarta : Bumi Aksara, 2011.

Kartono, Kartini, Pengantar Ilmu Mendidik Teoritis, Bandung: Mandar Maju, 1992.

Kholiq, Abdul, et. al,Pemikiran Pendidikan Islam, Yogyakarta :Pustaka Pelajar, 1999.

Langgulung, Hasan, Beberapa Pemikiran Tentang Pendidikan Islam (Bandung: al-Ma’arif, 1980.

Nasution, Harun,Islam Ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, jilid I, Jakarta: UI Press, 1982.

Mulyana, Rohmat,Mengartikulasi Pendidikan Nilai, Bandung: Alfa Beta, 2011.

Sudirman N,Ilmu Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.

Syah, Darwin, Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam , Jakarta : Gaung Persada

Press, 2007.

Syadali, AhmadUlumul Qur’an II, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.

Salim, Peter,Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Edisi Pertama, Jakarta: Modern English Press, 1991.

Ramayulis,Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Kalam Mulia, 1994.

Yahya, Idris,Telaah Akhlak dari Sudut Teoritis, Semarang : Fakultas Ushuludin IAIN Walisongo, 1983.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i2.1728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.