IMPLEMENTASI NILAI-NILAI AKHLAK MELALUI TATA TERTIB BERBASIS HAM DI SMP NEGERI 2 SEI BALAI KABUPATEN BATU BARA

Astuti Purwasari Saiful Akhyar Lubis, Wahyuddin Nur

Abstract


Abstract: This study aims to analyze: 1) the implementation of the human rights-based order in SMP
Negeri 2 Sei Balai; 2) the contribution of human rights-based order in the planting of moral values in SMP
Negeri 2 Sei Balai Kabupaten Batu Bara; 3) moral values are implanted through the rules of human rights
based in SMP Negeri 2 Sei Balai Kabupaten Batu Bara. The result of the research shows that: 1) Implementation
of human rights based system in. 2) The contribution of human rights-based rules in the cultivation
of moral values in SMP Negeri 2 Sei Hall has so far contributed significantly. With the enactment of
a human rights-based order system and sanctions, many changes occur to the students, although not
quickly, but the changes are visible; 3) Moral values inculcated through human rights-based order quite a
lot of them are the value of discipline, spiritual value, the value of trivial, social values, the value of responsibility,
the value of decency, the value of tolerance, the value of decency and so forth
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) penerapan tata tertib berbasis HAM di SMP Negeri 2 Sei
Balai; 2) kontribusi tata tertib berbasis HAM dalam penanaman nilai akhlak di SMP Negeri 2 Sei Balai
Kabupaten Batu Bara; 3) nilai-nilai akhlak yang ditanamkan lewat tata tertib berbasis HAM di SMP
Negeri 2 Sei Balai Kabupaten Batu Bara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) Penerapan sistem tata tertib berbasis HAM yaitu dengan melakukan sistem
bobot poin kepada siswa yang dalam hal ini melakukan pelanggaran tata tertib atau tidak menaati tata
tertib. 2) Adapun kontribusi tata tertib berbasis HAM dalam penanaman nilai akhlak sejauh ini memberikan
kontribusi yang cukup signifikan. 3) Nilai-nilai akhlak yang ditanamkan melalui tata tertib berbasis HAM
cukup banyak di antaranya adalah nilai kedisiplinan, nilai spiritual, nilai keteladaan, nilai sosial, nilai
tanggung jawab, nilai kesopanan, nilai toleransi, nilai kesusilaan dan lain sebagainya.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Shihab. M. Quraish. Wawasan Al-Qur’an Tafsir Maudhui Atas Berbagai Persoalan Umat. Bandung:

Mizan. 2003.

Nata Abudin. Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 1996.

Ahmadi Abu. Noer Salimi.Dasar-dasar Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rosdakarya. 1991.

Hasbullah.Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2003.

Kartono Kartini.Kenakalan Remaja. Jakarta:Raja Grafindo. 2008.

Undang-undang No. 20 tahun 2003 Pasal 3




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i2.1722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.