EFEKTIVITAS PEMBINAAN PENDIDIKAN AKHLAK PADA ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN AL JAM’IYATUL WASHLIYAH KOTA BINJAI
Abstract
children in Al-Jam’iyatul washliyah orphanage Binjai city. The type of this research is qualitative research,
the data source in this study is the board, builder, caregiver of orphanage, foster children and community
around the orphanage. Technique of collecting data in this research is by observation, interview and documentation.
The results showed that the orphanage Al-Jam’iyatul Washliyah Binjai city already has the concept/
planning of moral coaching and has been applied with as much as possible. The effectiveness of fostering
morals in foster children in the orphanage is seen from foster children in general istiqamah in obedience
worship, polite, patient and sincere, disciplined, sederha, independent, have a sense ukhuwah Islamiyah,
and mujahadah in life.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pembinaan pendidikan akhlak pada anak
asuh di panti asuhan Al-Jam’iyatul washliyah kota Binjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif,
sumber data dalam penelitian ini adalah pengurus, pembina, tenaga pengasuh panti asuhan, anak asuh
dan masyarakat sekitar panti asuhan.Hasil penelitian menunjukan bahwa panti asuhan Al-Jam’iyatul Washliyah
kota Binjai sudah mempunyai konsep/ perencanaan pembinaan akhlak dan sudah diterapkan dengan
semaksimal mungkin. Efektivitas pembinaan akhlak pada anak asuh di panti asuhan tersebut terlihat dari
anak asuh yang pada umumnya istiqamah dalam ketaatan menjalankan ibadah, sopan, sabar dan ikhlas,
disiplin, sederhana, mandiri, memiliki rasaukhuwah Islamiyah, danmujahadah dalam menjalani hidup.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Muhammad Husain Haekal,Sejarah Hidup Muhammad, Cet. 41 (Jakarta: PT. Mitra Kerjaya Indonesia, 2013)
Beni Ahmad Saebani,Ilmu Pendidikan Islam (Bandung: Pustaka Setia, 2009)
Undang-Undang No. 20, Tahun 2003 Tentang Sisdiknas Pasal 3 (Surabaya: Wacana Intelektual, 2009)
Umar Bin Ahmad Baraja,Akhlak lil Banin, Juz II (Surabaya: Ahmad Nabhan, tt)
WJS. Poerwardarminta,Kamus Umum Bahasa Indonesia, cet. 14 (Jakarta: PT. Balai Pustaka, 2016)
Abdul Halim,Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoris dan Praktis (Jakarta: Ciputat Pers, 2002)
Jamali Sahrodi,Membedah Nalar Pendidikan Islam, Pengantar Ke Arah Ilmu Pendidikan Islam (Yogyakarta:
Pustaka Rihlah Group, 2005)
Abdul Mujib dan Jusuf Mudzakkir,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana, 2006)
Ahmad Warson Munawwir,Al- Munawwir (Surabaya: Pustaka Progessif, 1997)
Musthofa Rahman,Pendidikan Islam dalam Perspektif Alquran (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001)
Abi Fadl Jamal al Diin Muhammad bin M. Ibn Mandzur al Afriki al Mishri,Lisan al Arab, Jilid I (Beirut: Daar
al Shadr, 1990)
Munardji, Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: PT Bina Ilmu, 2004)
Abu ‘Abdullah Muhammad bin Yazid al-Qazwiny Ibn Majah,Sunan Ibn Majah (Riyad: Maktabah al-Ma’arif, T.Th)
Syeh M. Al Naquib al Attas, Konsep Pendidikaan Dalam Islam, (terj. Haidar Bagir dari The Concept of
Education of Islam), Bandung, Mizan, 1996
Yunahar Ilyas,Kuliah Akhlak (Yogyakarta: LPPI, 2015)
Imam al-Ghazali,Ihya ‘Ulumuddin, Juz. III (Beirut: Dar Ihya al-Kutub al-Ilmiyah, t.t)
Ibn Miskawaih, Tahzib al-Akhlaq (Beirut: Mansyurat Dar al-Maktabah, 2011)
Ahmad Amin,Etika Ilmu Akhlak (Jakarta: Bulan Bintang, 2011),
Abudin Nata, Akhlak Tasawuf (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012)
Fathiyah Hasan Sulaiman,Sistem Pendidikan Versi al-Ghazali (Bandung: al- Ma.arif, 2003)
Hery Noer Aly,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Logos WacanaIlmu, 2004)
Syahidin,Metode Pendidikan Qurani Teori dan Aplikasi (Jakarta: CV Misaka Galiza, 2002)
Casmini,Dasar-dasar Pengasuhan Kecerdasan Emosi Anak (Yogyakarta: Nuansa Aksara, 2007)
Depsos RI.,Undang-undang Republik Indonesia No. 6, Ketentuan-ketentuan Pokok Kesejahteraan Sosial
(Jakarta: t.p., 2007)
Rifa Hidayah,Psikologi Pengasuhan Anak (Malang: UIN-Maliki, 2009)
Toha,Pola Pengasuhan Orang Tua (Jakarta: Balai Pustaka, 2006)
Mansur,Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005)
Hasan Langgulung,Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisa Psikologis, Filsafat dan Pendidikan (Jakarta:
PT. Al Husna Baru, 2004)
Nurul zariah,Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan: Menggagas Pendidikan Budi
Pekerti Secara Konstekstual dan Futuristik (Jakarta: Bumi Aksara, 2007)
www.harianterbitnet.com, diakses tanggal 26 April 2018, pukul 9.50 WIB.
https://www.liputan6.com/health/read/2062737/sepertiga-kasus-aborsi-dilakukan-siswi-sma, diakses tanggal
April 2018, pukul 10.05 WIB.
https://www.liputan6.com/news/read/3477556/polres-banyuwangi-sita-ribuan-botol-miras-berbagai-merek, diakses
tanggal 26 April 2018, pukul 10.15 WIB.
https://megapolitan.kompas.com/read/2015/07/27/15520581/Jumlah.Kasus.Tawuran.Tertinggi.Kini.di.Jakarta.Timur,
diakses tanggal 26 April 2018, pukul 10.20 WIB.
DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i2.1721
Refbacks
- There are currently no refbacks.
_______________________________________________________________________
_______________________________________________________________________
EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan
Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia
Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.