NILAI-NILAI PENDIDIKAN PADA KISAH QABIL DAN HABIL (Q.S. MAA’IDAH /5: 27-32)

Jamiah Hariyati, Achyar Zein, Syamsu Nahar

Abstract


Allah swt, menciptakan manusia sebagai hamba dan sekaligus khalifahnya di bumi. Sebagai khalifah
tentunya harus memilki kekuatan untuk mengolah alam dengan segenap potensi yang telah Allah swt,.
berikan. Demikian halnya sebagai hamba Allah ia harus melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi
segala larangan-Nya. Untuk melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya tersebut
harus mempunyai ilmu. Sehingga pengetahuan akan benar dan salahnya sesuatu aktivitas bersumber
dari wahyu Allah swt,.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achmadi,Islam sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan (Yogyakarta: Aditya Media, 1992)

Ali, Atabik,Kamus Kontemporer Arab Indonesia (Yogyakarta: Multi Karya Grafika, 1998)

Anis, Ibrahim, et. al.,al-Mu’jam al Wasith (Kairo: t.p., cet. 2, 1972)

Basyir, Ahmad Azhar,Ajaran Islam tentang Pendidikan Seks Hidup Berumah Tangga Pendidikan Anak

(Bandung: al-Ma’arif, 1992)

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, cet. 3, 2002)

Dawud, Abu, Sulaima ibn al-Asy’as|,Sunan Abi Dawud,(Kairo: Dar Hadis,t.t), jilid I

Hafizh, M. Nur Abdul,Manhaj Tarbiyah An Nabawiyah Li Al-Thifli, terj. Kuswandini, et.al, Mendidik Anak

Bersama Rasulullah saw., cet. 1 (Bandung: Al Bayan, 1997)

Ilyas, Yunahar,Kuliah Akidah Islam (Yogyakarta: Lembaga Pengkajian Pengamalan Islam (LPPI), 2004)

……………….,Kuliah Akhlak (Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengalaman Islam (LPPI), 20015)

al-Jazairi, Abu Bakar Jabir, Aqidah Mukmin, terj. Asmuni Solihan Zamakhsyari (Jakarta: Pustaka al-

Kautsar, 2002)

……………………………..,Minhajul Muslim, terj. Musthofa ‘Aini, et. al. (Madinah: Maktabul ‘Ulum wal

Hikam, t.t)

Munawwir, Ahmad Wirson,Kamus Munawwir (Yogyakarta: t.p.,1984)

Manzhur, Ibn ,Lisan al-A’rab (Bairut: Dar al-Ahya’u al-Turats al-A’raby, 1998)

Miqdad, Abu Azhar,Pendidikan Seks Bagi Remaja Menurut Hukum Islam, (Yogyakarta: Mitra Pustaka,

Murtado, Hawin,al-Iman (Solo: Pustaka Barokah, 2000)

al-Munz|ur, Ibn,Lisan al-‘Arab (Beirut: Dar al-Kutub al-‘Amaliyah, t.t.), jilid 8.Muslim Nurdin, dan Ishak Abdullah,Moral dan Kognisi Islam (Bandung: Alfabeta, 1993)

an-Nahlawi, Abdurrahman,Prinsip-prinsip dan metode Pendidikan Islam: dalam Keluarga, di Sekolah

dan Masyarakat (Bandung: Dipenogoro, 1989)

Nata, Abuddin,Tafsir Ayat-ayat Pendidikan(Tafsir al-Ayat al-Tarbawiy), (Jakarta: Rajawali Pers, 2008)

al-Qattan, Manna’,Tarikh Tasyri’ al-Islami (Riyad: Maktabah al-Ma’arif, t.t.)

Qard}awi, M. Yusuf ,Konsep Ibadah dalam Islam (t.t.p.:Central Media, t.t.)

Rahmat, Jalaludin, dan Ali Ahmad Zein, Kamus Ilmu Jiwa dan Pendidikan Islam (Surabaya: Toha

Putra, 1994)

Al Rasyidin, Falsafah Pendidikan Islam: Membangun Kerangka Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi

Praktek Pendidikan (Bandung: Cita Pustaka Media Perintis, 2010)

Saifullah, Tengku, Nalar Pendidikan Islam: Ikhtiar Memahami Pendidikan Islam (Medan: Cita Pustaka

Media Perintis, 2011)

Shihab, M. Quraish, Tafsir al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an (Jakarta: Lentera Hati,

Sabiq, Sayyid,Aqidah Islamiyah, terj. Ali Mahmudi (Jakarta: Robbani Press, 2006)

Ya’qub, Hamzah,Etika Islam, (Bandung: CV Diponegoro, 1996)

Zein, Achyar,Pesan-pesan Moral dalam Alquran, (Medan: Perdana Publishing, 2015)

Zakaria, Aceng,Pokok-pokok Ilmu Tauhid (Garut: Ibn Azka Press, 2005)




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i1.1678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.