PELAKSANAAN PENGEMBANGAN BAKAT SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER KURSUS KADER DAKWAH (KKD) DI MAN 1 MEDAN

Fitri Helena Pulungan, Syafaruddin, Wahyuddin Nur Nasution

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan Program-program Pengembangan Bakat dalam kegiatan ekstrakurikuler Kursus Kader Dakwah di MAN 1 Medan. (2)Untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Pengembangan Bakat dalam kegiatan ekstrakurikuler Kursus Kader Dakwah di  MAN 1 Medan. (3) Untuk mengetahui hasil yang dicapai siswa melalui Pengembangan Bakat dalam kegiatan ekstrakurikuler Kursus Kader Dakwah di  MAN 1 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Medan pada tahun pelajaran 2016-2017. Subjek penelitian adalah kepala Madrasah, guru pembimbing dan siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu melakukan: Reduksi data, Penyajian data dan Verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah: (1)Program-program ekstrakurikuler Kursus Kader Dakwah dalam bidang keagaamaan dan Dakwah untuk melatih retorika dakwah, mengkaji dan menghafal Al-Qur’an, mengkaji (Tauhid, Fiqh) kegiatannya, Dakwah Sabtu Ahad, Penerjunan Tim Safari Ramadhan dibulan Ramadhan, Dakwah, KKD Mingguan atau KKD rutin, Malam Introspeksi Diri Bidang Umum yaitu, pelatihan motivasi diri, jurnalistik dakwah, pelatihan Kepemimpinan. 2). Proses pelaksanaan kegiatan Kursus Kader Dakwah dapat terlaksana dengan baik terbukti dengan adanya antusias yang besar dari siswa yang mengikutinya dan dukungan yang kuat dari pihak madrasah dan alumni, sehingga mereka dapat mengembangkan bakat yang mereka miliki terutama bakat retorika dakwah. 3). Evaluasi kegiatan kursus kader dakwah yaitu dengan menekankan pada tiga aspek, Aspek Kognitif (Fikriyah-Ilmiyah), Aspek Afektif, (Akhlak-Emosional), dan Aspek Psikomotorik (Amaliyah -Kemampuan). 

Kata Kunci: Ekstrakurikuler Kursus Kader Dakwah,Pengembangan Bakat


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Departemen Agama RI, Al-Qur’anul karim, Jakarta: Sygma Examedia Arkanleema, 2009.Undang- undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional . Bandung: Fokusmedia, 2003.

G. Fedric Kuder dan Blace B. Paulson, Mencari Bakat Anak, Jakarta:Bulan Bintang, 1982.

Halimi, Safrodin, Etika Dakwah dalam Prespektif Al-Qur’an, Semarang: Walisongo Press, 2008.

Jahja, Yudrik, Psikologi Perkembangan, Cet. 3, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.

M.Arifin, Psikologi Dakwah Suatu pengantar Studi, Cet. Kelima, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Mangkuprawira, Syafri,Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Jakarta: Glalia Indonesia, 2003.

Maulana, AhmadKamus Ilmiah Populer, Yogyakarta:Absolut, 2004.

M. Munir, Metode Dakwah, Jakarta: Kencana, 2009.

Salinan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2014 tentang kegiatan ekstrakurikuler pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah pasal 1 ayat 1

Shihab, M. Quraish, Tafsir al Misbah, “Pesan, kesan dan keserasian Al – Qur’an”,Jakarta, Lentera Hati, 2002.

Syukir, Asmuni,Dasar-dasar Strategi Dakwah Islam, Surabaya: Al Ikhlas, 1982.

Tri Harjaningrum, Agnes, et al., Peranan Orang Tua dan Praktisi dalam Membantu Tumbuh Kembang Anak Berbakat Melalui Pemahaman Teori dan Tren Pendidikan. Jakarta: Prenada Media, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v2i1.1650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.