PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MENGGUNAKAN SMART APP CREATOR DI SMAN 3 PADANG PANJANG

Zulmai Syafputra

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dimana dalam proses pembelajaran belum adanya media khusus yang berisi tentang Geografi. Sehingga siswa tidak tahu tentang materi-materi yang akan di ajarkan oleh guru. Dan media yang digunakan sebelumnya adalah powertpoint,lks.

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo, yang terdiri dari enam tahap, yaitu concept (pengonsepan), design (pendesainan), material collecting (pengumpulan materi), assembly (pembuatan), testing (pengujian) dan distribution (pendistribusian). Dan Uji produk yang dilakukan pada penelitian ini ada tiga yaitu uji validitas yang diberikan kepada dosen ahli bidang atau ahli bidang studi, uji praktikalitas yang dilakukan oleh guru studi mata pelajaran Geografi dan siswa dan uji efektifitas yang diberikan kepada dua guru bidang studi dan lima siswa di SMAN 2 Padang Panjang Kelas X

Berdasarkan hasil uji produk yang sudah dilakukan oleh penulis dari uji validitas mendapatkan nilai rata-ratanya adalah 0,81 yang dinyatakan valid, dan untuk uji praktikalitas yang didapat dengan nilai rata-ratanya adalah 0,97 yang dinyatakan praktis dan untuk uji efektifitas mendapatkan nilai rata-ratanya adalah 0,82 yang dinyatakan efektif.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.47006/er.v7i2.15525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

_______________________________________________________________________

EDU RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan

Ruang Jurnal
Pascasarjana UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Sumatera Utara Medan
Jl. IAIN No.1, Gaharu, Kec. Medan Tim., Kota Medan, Sumatera Utara 20235, Sumatera Utara, Indonesia

Map Coordinate: Lat 3.6004988 " Long 98.6815599"

Creative Commons License
Edu Riligia by http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.