KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI MAS PROYEK UNIVA MEDAN

Argi Herriyan, Mardianto, Al-Rasyidin

Abstract


Abstract: This research intent for analisis personality interest learns Islam education at swasta’s senior
high school project UNIVA Medan, to analisis student behavior construction at senior high school project
UNIVA Medan, for analisis to methodic learns Islam education in build student behavior at swasta’s senior
high school project UNIVA Medan. Research that done by it is observational kualitatif with fenomenologi’s
approaching. This research figures about how a teacher do construction to student behavior at senior high
school project UNIVA Medan. Data collecting tech that is utilized in this research is with observation,
interview, field and document note. Base analisis’s result data, therefore gets to be gleaned from: 1. Configurational
interest learns Islam that analyzing to range behaviour on the level, explicit, a figure of speech
prices good rank student. 2. Student behavior at senior high school project UNIVA Medan cover sincerity
aspect, trust attitude, self- confident, like to say greeting, almsgiving and can get good friend with exhaustive
student comes under to deteriorate. 3. Behavior construction process student attitude under investment
maximal in the event supervisory.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi kepribadian guru/pendidik Pendidikan Agama
Islam (PAI) di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Proyek UNIVA Medan, untuk menganalisis pembinaan
akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) proyek UNIVA Medan, untuk menganalisis metode
pendidik Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membina akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Swasta
(MAS) proyek UNIVA Medan. Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
fenomenologi. Penelitian ini menggambarkan tentang bagaimana seorang pendidik melakukan pembinaan
terhadap akhlak peserta didik di MAS Proyek UNIVA Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumen. Berdasarkan
hasil analisis data, maka dapat ditarik simpulan: 1. Kompetensi kepribadian pendidik PAI yang diteliti
mencakup perilaku jujur, tegas, keteladanan dan menghargai peserta didik tergolong baik. 2. Akhlak
peserta didik di MAS Proyek UNIVA Medan meliputi aspek kejujuran, sikap amanah, percaya diri, gemar
mengucapkan salam, sedekah dan mampu bergaul secara baik dengan teman tergolong buruk. 3. Proses
pembinaan akhlak peserta didik yang dilakukan oleh pendidik untuk memunculkan sikap peserta didik
yang baik dinilai kurang maksimal dalam hal pengawasan.
Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian , Akhlak Peserta Didik, Metode Pembinaan Akhlak.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Djamarah, Syaiful BahriGuru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), h.33.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir,Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana, 2010)

Suryosubrata B.,Beberapa Aspek Dasar Kependidikan (Jakarta: Bina Aksara, 1983)

Hamzah,Guru Profesional (Bandung: Pustaka Setia, 2003)

Mulyasa, E.Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan (Bandung:

Remaja Rosdakarya, 2006)

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen,

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 Tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi

Guru.

Peraturan Menteri Agama No. 16 Tahun 2010 Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama

Islam.

Syafri, Ulil Amri. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran (Jakarta: Rajawali Pers, 2014)

Moleong, Lexy J.Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016)

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman,Analisis Data Kualitatif, terj. Tjetjep Rohendi Rohidi (Jakarta:

UI-Press, 1992)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.